Lapangan olahraga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lapangan olahraga di Selangor, Malaysia.

Lapangan Olahraga[sunting | sunting sumber]

Lapangan olahraga merupakan suatu bentuk ruang terbuka non hijau sebagai suatu pelataran dengan fungsi utama tempat dilangsungkannya aktivitas olahraga. Setiap jenis olahraga diperlukan sarana lapangan untuk tempat berlangsungnya aktivitas. Secara garis besar beberapa jenis olahraga yang membutuhkan saranan lapangan adalah Tenis, Futsal, Basket, dan Badminton. Untuk setiap jenis lapangan memiliki ukuran atau dimensi yang berbeda-beda.

Lapangan Tenis

Ukuran lapangan tennis standar Internasional pada area keseluruhan adalah mencapai 36 m x 18 m sedangkan ukuran lapangan tenis pada area permainan atau game court sekitar 10,97 m x 23,78 m.

Yang perlu Anda ketahui, ada beberapa jenis finishing pada lapangan tenis yang biasa dijumpai di masyarakat. Di antaranya seperti adalah lapangan tenis flexy, pave, beton, rumput, tanah liat, hingga aspal.

Lapangan Basket

Ada dua ukuran standar menurut NBA dan FIBA. NBA menerapkan 28.65 m x 15.24 m sebagai ukuran standar lapangan basketnya, sedangkan FIBA menerapkan 28 m x 15 m sebagai ukuran standar lapangan basketnya.

Lapangan Futsal

Futsal merupakan versi mini dari olahraga sepak bola, tetapi menurut peraturan FIFA tahun 2010 ukuran lapangan futsal standar memiliki karakteristik yang berbeda dengan ukuran lapangan sepak bola, indoorsoccer, maupun streetsoccer.

Lapangan futsal standar berbentuk persegi panjang dimana garis pembatas samping lapangan harus lebih panjang dari garis gawang, dengan ukuran panjang lapangan 38 – 42 m dan Lebar 18 – 25 m.

Namun di Indonesia Ukuran Lapangan Futsal dengan Panjang 25 – 42 m dan Lebar: 15 – 25 m masih bisa digunakan dan tetap memenuhi syarat standar peraturan FIFA.

Lapangan Badminton

Ukuran lapangan bulutangkis berdasarkan ukuran IBF standar badminton court. mempunyai panjang 13.40 meter dan lebar 6.10 meter. masing-masing dibatasi garis servis panjang, garis pinggir ganda, garis tengah, garis servis pendek, dan net yang berukuran tinggi 1.55 meter.