Aula

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Aula Marwar, Istana Umaid Bhawan, Jodhpur

Aula adalah ruangan besar yang dapat digunakan untuk rapat, upacara, dan sebagainya.[1] Pada zaman besi dan permulaan Abad Pertengahan di Eropa Utara, aula pertemuan dalam bangunan adalah tempat tuan dan pengikutnya makan dan juga tidur. Sementara itu pada penghujung Abad Pertengahan, aula umumnya adalah ruang paling besar dalam puri dan rumah besar, tempat para pelayan tidur. Seiring kian rumitnya rancangan bangunan, aula tetap menjadi ruangan terbesar, tetapi fungsinya beralih menjadi ruangan untuk menari dan berpesta, sering kali masih merupakan tempat para pelayan tidur. Aula biasanya berada langsung di dalam pintu utama sebuah bangunan. Di rumah Britania modern, aula masuk berada setelah pintu depan dan ini tetap merupakan fitur yang sangat diperlukan, meskipun pada dasarnya hanya merupakan sebuah koridor.

Saat ini, aula masuk dari sebuah rumah adalah ruang setelah pintu depan atau serambi yang secara langsung atau tidak langsung menghubungkan dengan kamar-kamar. Ketika aula memiliki rancangan yang memanjang, aula dapat disebut sebagai koridor.

Penggunaan lain[sunting | sunting sumber]

Aula perguruan tinggi[sunting | sunting sumber]

Banyak bangunan di perguruan tinggi secara formal diberi nama "Aula ... ", yang seringkali mengambil nama-nama orang yang telah berjasa, contohnya Aula King di Cambridge atau Aula Lady Margaret di Oxford. Hal ini dilakukan untuk mengenang orang-orang yang dihormati.

Aula pertemuan[sunting | sunting sumber]

Aula juga merupakan bangunan yang sebagian besar terdiri dari ruang utama, yang disewakan untuk pertemuan dan urusan sosial. Aula dapat dimiliki oleh pribadi atau pemerintahan, seperti gedung serbaguna yang dimiliki oleh satu perusahaan yang digunakan untuk pernikahan dan pertemuan, atau aula komunitas yang bisa disewakan kepada siapa pun.

Aula keagamaan[sunting | sunting sumber]

Dalam arstitektur keagamaan, seperti dalam arsitektur Islam, aula sembahyang adalah ruangan besar yang diperuntukkan bagi kegiatan ibadah seperti salat dll.[2] Sementara itu, gereja aula (hall church) adalah gereja dengan ruang tempat duduk gang (aisle) samping dan ruang tempat duduk utama di tengah (nave) memiliki ketinggian yang sama.[3] Banyak gereja memiliki gereja aula terpisah yang digunakan khusus untuk pertemuan atau acara lainnya.

Bangunan umum[sunting | sunting sumber]

Mengikuti perkembangan yang sama, di gedung-gedung perkantoran dan gedung-gedung yang lebih besar (teater, bioskop dll.), aula masuk umumnya dikenal sebagai foyer (bahasa Perancis untuk perapian). Atrium, sebutan yang kadang-kadang digunakan di gedung-gedung publik untuk aula masuk, asalnya adalah halaman tengah rumah Romawi.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Hasil Pencarian - KBBI Daring". kbbi.kemdikbud.go.id. Diakses tanggal 2019-05-13. 
  2. ^ The Oxford Companion to Architecture: 2 Volumes (dalam bahasa Inggris). OUP Oxford. 2009-07-23. ISBN 9780198605683. 
  3. ^ Sturgis, Russell. Sturgis' illustrated dictionary of architecture and building: an unabridged reprint of the 1901-2 edition. VOl. II. Mineola, N.Y.: Dover, 1989. 346-347