Rusa kesturi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Rusa Kasturi
Rentang fosil: Miosen awal–sekarang
Moschus moschiferus in Plzen zoo (12.02.2011).jpg
Rusa Kasturi Siberia
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Moschidae
Genus:
Moschus
Spesies

Rusa Kasturi adalah salah satu dari tujuh spesies di marga Moschus, marga satu-satunya di suku Moschidae.[1] Rusa Kasturi berbeda dari rusa (cervidae) dan berumur lebih tua. Rusa Kasturi tidak memiliki tanduk dan kelenjar preorbital dan hanya mempunyai sepasang puting, satu kandung kemih, satu Glandula odorifera (kelenjar penghasil bau), sepasang gigi yang menjulur keluar—yang menjadi objek perburuan Manusia—dan satu kelenjar kasturi.

Rusa Kasturi umumnya hidup di hutan pegunungan di Asia Selatan seperti Pegunungan Himalaya. Seluruh spesies Moschidae kini berada di Asia walaupun fosil kerabat Rusa Kasturi dari masa Oligosen telah ditemukan di Eropa.

Ciri[sunting | sunting sumber]

Tengkorak jantan dengan gigi khas.

Rusa Kasturi memiliki tubuh yang relatif kecil namun tebal dengan kaki belakang lebih panjang daripada kaki depan. Seekor Rusa Kasturi berukuran sekitar 80 hingga 100 cm (31 hingga 39 in) dengan tinggi 50 hingga 70 cm (20 hingga 28 in) pada bagian pundak, serta berat antara 7 dan 17 kg (15 dan 37 pon). Kaki dari rusa kesturi telah beradaptasi untuk mendaki medan yang berat. Seperti Rusa Air Cina, Rusa Kasturi tidak memiliki tanduk namun Rusa Kasturi jantan memiliki gigi yang menjulur keluar. Susunan giginya serupa dengan Rusa pada umumnya yaitu 0.1.3.33.1.3.3

Kelenjar bau yang dimiliki Rusa Kasturi hanya ditemukan di Rusa jantan Dewasa. Kelenjar tersebut terletak di antara gonad dan pusar yang difungsikan utamanya untuk menarik perhatian lawan jenis.

Rusa Kasturi adalah hewan herbivora dengan habitan di medan hutan berbukit jauh dari lingkungan manusia. Seperti Rusa, makanan utama Rusa Kasturi mencakup dedaunan, bunga, dan rumput namun dapat pula mencakup lumut. Rusa kesturi adalah hewan Soliter yang Teritorial. Rusa Kasturi umumnya hidup nokturnal atau krepuskular.

Rusa Kasturi jantan meninggalkan teritorinya selama musim kawin dan memperebutkan betina dengan jantan lain dengan cara mengadu giginya. Rusa Kasturi betina melahirkan seekor anak setelah masa kehamilan selama 150–180 Hari. Anak Rusa Kasturi yang baru lahir berukuran kecil dan tidak dapat bergerak selama satu bulan pertama yang membuat mereka tersembunyi dari pemangsa.[2]

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Sebelumnya Rusa Kasturi dikelompokkan sebagai upafamili Moschinae di bawah Rusa biasa dengan hanya satu spesies yaitu Moschus moschiferus. Penelitan terkini menunjukkan bahwa Rusa Kasturi memiliki kekerabatan yang lebih dekat dengan bovidae (Antelop dan Sapi).[3] Taksonomi berikut berasal dari Prothero (2007).[4]

Moschidae

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ University of Michigan Museum of Zoology - Animal Diversity Web - Moschus (musk deer) Classification http://animaldiversity.ummz.umich.edu/site/accounts/classification/Moschus.html#Moschus
  2. ^ Frädrich, Hans (1984). Macdonald, D., ed. The Encyclopedia of Mammals. New York: Facts on File. hlm. 518–9. ISBN 0-87196-871-1. 
  3. ^ Molecular and Morphological Phylogenies of Ruminantia and the Alternative Position of the Moschidae http://www.isem.cnrs.fr/IMG/pdf/Hassanin_2003-SystBiol.pdf Diarsipkan 2013-06-25 di Wayback Machine.
  4. ^ Prothero, D.R., 2007. Evolution: what the fossils say and why it matters. Columbia University Press. p. 221-226.

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]