Rumah Rietveld Schröder

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Situs Warisan Dunia UNESCO
Rietveld Schröderhuis (Rumah Rietveld Schröder)
Nama sebagaimana tercantum dalam
Daftar Warisan Dunia
Rietveld Schröderhuis HayKranen-20.JPG
Tipe Budaya
Kriteria i, ii
Nomor identifikasi 965
Kawasan UNESCO Eropa
Tahun pengukuhan 2000 (sesi ke-24)

Rumah Rietveld Schröder (Belanda:Rietveld Schröderhuis) (juga dikenal sebagai Gedung Schröder) di Utrecht dibangun pada tahun 1924 oleh Arsitek Belanda Gerrit Rietveld Schröder untuk Nyonya Truus-Schrader dan ketiga anaknya. Dia ditugaskan untuk merancang sebuah rumah yang dibangun tanpa dinding. Rietveld bekerja bersamaan dengan Schröder-Schrader untuk membuat rumah tersebut. Dia membuat Sketsa Desain sebaik mungkin. Dia membayangkan sebuah rumah yang bebas dari pergaulan dan bisa membuat koneksi antara bagian dalam dan luar rumah. Rumah ini salah satu contoh yang paling terkenal dari De Stijl-arsitektur dan bisa dibilang satu-satunya bangunan sebenarnya dari De Stijl. Ibu Schröder sendiri tinggal di rumah ini sampai kematiannya pada tahun 1985. Rumah itu diberikan oleh Bertus Mulder dan sekarang adalah museum terbuka. Rumah Ini menjadi sebuah monumen pada tahun 1976, dan terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 2000.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Arsitektur dari Rumah Rietveld Schröder

Di dalam rumah ini tidak ada penumpukan statis ruang, tapi sebuah zona, dinamis terbuka. Lantai dasar masih dapat disebut tradisional; berkisar sekitar tangga pusat adalah dapur dan tiga kamar tidur. Ruang tamu di lantai atas, menyatakan sebagai sebuah loteng untuk memenuhi regulasi perapian dari otoritas perencanaan, sebenarnya membentuk daerah terbuka yang luas kecuali toilet terpisah dan kamar mandi. Rietveld ingin meninggalkan tingkat atas seperti itu. Nyonya Schröder, merasa bahwa sebagai rumah, harus dapat digunakan pemiliknya dengan baik, terbuka dan dapat dibagi. Hal ini dicapai dengan sistem geser dan berputar panel.

Situs Warisan Dunia[sunting | sunting sumber]

Komite Warisan Dunia meneptakan Rumah Rietveld Schröder sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tanggal 2 Desember 2000, pada sesi ke-24 di Cairns, Australia. Komite memutuskan menerapkan kriteria i dan ii, lalu mengatakan tentang rumah ini:[1]

Rietveld Schröderhuis di Utrecht adalah ikon dari Gerakan Modern dalam arsitektur dan sebuah ekspresi luar biasa dari kejeniusan kreatif manusia secara murni ide dan konsep yang dikembangkan oleh gerakan De Stijl. (...) Melalui pendekatan yang radikal untuk merancang dan pemanfaatan ruang, Schröderhuis Rietveld menduduki posisi berpengaruh dalam perkembangan arsitektur di era modern.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Nomination file" (PDF). World Heritage Centre. UNESCO. Diakses tanggal 2008-05-06.