Rudy Giuliani

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Rudolph W. Giuliani
Rudy Giuliani.jpg
Wali kota New York City 107
Masa jabatan
1 Januari 1994 – 31 Desember 2001
PendahuluDavid N. Dinkins
PenggantiMichael R. Bloomberg
Informasi pribadi
Lahir28 Mei 1944 (umur 76)
Brooklyn, New York
Partai politikRepublik
PasanganJudith Nathan
Alma materManhattan College

Rudolph William Louis "Rudy" Giuliani, KBE (lahir di Brooklyn, New York, 28 Mei 1944; umur 76 tahun) adalah politikus, pengacara, dan pengusaha AS dari negara bagian New York. Ia adalah mantan wali kota New York City dan sekarang mencalonkan diri untuk menjadi Presiden AS.

Ia adalah anggota partai Demokrat dan kemudian independen pada tahun 1970-an, tetapi kemudian pindah ke partai Republik. Ia menjabat wali kota NYC selama 2 periode. Dalam masa jabatannya, NYC mengalami penurunan drastis dalam tingkat kejahatan, tetapi banyak pihak yang mengatakan bahwa hal ini telah berlangsung selama 36 tahun sebelumnya. Ia digantikan oleh Michael R. Bloomberg.

Giuliani menjadi terkenal di seluruh dunia setelah serangan 11 September, ketika ia dijuluki oleh "Person of the Year" oleh majalah Time dan diberi gelar knight oleh ratu Elizabeth II. Setelah masa jabatannya habis, Giuliani mendirikan Giuliani Partners, sebuah perusahaan konsultan keamanan.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Rudolph Giuliani dilahirkan di Brooklyn, New York, dari orang tua Harold Angel Giuliani dan Helen C. D'Avanzo, keduanya keturunan Italia. Ia dibesarkan dalam agama Katolik Roma. Ketika ia berusia 7 tahun, keluarganya pindah dari Brooklyn ke Garden City South di Long Island. Ia mulanya ingin menjadi pastor, tetapi berubah pikiran dan bersekolah di New York University School of Law di Manhattan dan lulus secara cum laude dengan gelar Juris Doctor pada 1968.

Sejarah pemilihan[sunting | sunting sumber]

  • 1997 (New York City)
  • 1993 (New York City)
  • 1989 (New York City)

Buku[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]