Roxanne Seeman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Roxanne seeman)

Roxanne Seeman

Latar belakang
Asal

New York City

Pekerjaan

songwriter
song lyricist

Artis terkait
Situs web

http://www.noanoamusic.com

Roxanne Joy Seeman (lahir di New York City) adalah seorang penulis lagu dan penulis lirik dari Amerika Serikat. Ia dikenal dengan karya-karyanya untuk Billie Hughes, Philip Bailey, Bette Midler, Earth, Wind & Fire, Barbra Streisand, The Sisters of Mercy, The Jacksons, dan Jacky Cheung.

Awal Karier[sunting | sunting sumber]

Pada usia 10, Seeman mengambil kelas piano untuk belajar bermain akord dan melodi. Setelah itu, ia mengambil kelas biola di Saddle Rock Elementary School. Di usia 16 tahun, Seeman mengambil kelas gitar selama musim panas di Ithaca, New York.

Dengan tujuan untuk berkarya di bidang seni, Seeman mendaftarkan dirinya ke Carnegie-Mellon University, Pittsburgh, Pennsylvania.

Di Carnegie-Mellon University, Seeman termasuk di dalam Badan Eksekutif Mahasisawa bertugas untuk memesan tempat untuk band yang ingin tampil. Dengan ketertarikan yang kuat di jazz dan seni, Seeman mengikuti kelas di University of Pittsburgh yang akan membentuk kariernya. Salah satu dari kelas-kelas ini diajar oleh Dr. Nathan Davis, pemain bebop jazz saksofon dan Direktur Jazz studi di University of Pittsburgh. Seeman juga belajar untuk bermain musik jazz klasik seperti “Giant Steps”, “Moment’s Notice”, “Round Midnight”, dan lain-lain.

Karena ketertarikannya dengan Chinese calligraphy, Seeman menghadiri kelas bahasa Mandarin di mana dia belajar untuk menulis karakter Mandarin. Dengan mengikuti kelas ini, Seeman termotivasi untuk belajar lebih lanjut di bidang traditional dan pindah studi ke Columbia University di New York. Selama musim panas di Long Island, Seeman menekuni piano dengan Tony Aless yang adalah jazz pianis, yang pernah bermain dengan Woody Herman, Charlie Parker, dan yang lain. Seeman juga pernah belajar piano dengan Sir Roland Hanna.

Seeman lulus dari Columbia University dengan gelar B.A. dalam Oriental Studies, Chinese Arts and Language. Ia belajar bahasa Mandarin, Jepang dan sastra India, seni, dan mengambil kelas musik Mandarin dari Profesor Chou Wen-chung.

Seeman menghabiskan beberapa malam di New York jazz clubs sambil bekerja sebagai sekretaris semetara di Atlantic Records and Warner Communication di New York. Lalu, ia mulai menulis lirik dengan musik jazz.. Ia berteman baik dengan David Lasley, penyanyi terkenal yang pernah tour dengan James Taylor. Seeman juga pernah memproduksi demo musik untuk David Lasley.

Setelah itu Seeman direlokasi ke Los Angeles saat diberi tawaran pekerjaan di ABC Records, yang tidak lama kemudian perusahaan tersebut dijual ke MCA Records. Seeman karier beralih ke profesional penulis lagu ketika Dee Dee Bridgewater merekam Ramsey Lewis instrumental “Tequila Mockingbird” dengan lirik yang ditulis Seeman. Lagu ini ditulis oleh Larry Dunn dari Earth, Wind & Fire dan diproduksi oleh George Duke. Dengan ini Seeman dapat kesempatan untuk berkolaborasi dengan Philip Bailey dari Earth, Wind & Fire dan album Faces “Sailaway”. Selama ini berlangsung, Carmine Coppola dan Italia Pennino ingin kolaborasi dengan Seeman untuk mengembangkan latar lagu di film Carmine menjadi lagu biasa. Seeman menulis lagu dan membuat demo lagu untuk The Black Stallion, The Outsiders, and Napoleon.

Seeman menulis lagu orisinil bersama David Lasley dan yang lain untuk 24-track lagu di ABC Recording Studios dan beberapa LA studios yang lain. Beberapa penyanyi dan musisi yang bermain di rekamannya adalah David Lasley, David Benoit, Bobby Watson, Eduardo del Barrio, David Garibaldi, Doug Rodrigues, Terry Reid, Hubert Laws, Debra Laws, Eloise Laws, Sylvia St. James, Marty Walsh, Arnold McCuller and Charlotte Crossley. Al Schmidt, Jr. dan Zoli Osaze adalah orang yang merekam di awal-awal rekaman. Satu hari Seeman berjalan menyusuri lorong di ABC Studios, Seeman mendengar lagunya diputar di salah satu ruang produks Ia menemukan Gerry Brown, seorang pemusik muda berumur 17 tahun mengambil seluruh 24-track yang sudah direkam dan mendengarkannya dengan antusias.

Bekerja dengan Billie Hughes[sunting | sunting sumber]

Tahun 1983 adalah titik balik karier bermusik Seeman, dimana ia mempunyai musik partner Billie Hughes yang juga penulis lagu dan produser rekaman. Usaha mereka membuahkan hasil di Jepang tahun 1991, dimana lagu “Welcome to the Edge” yang ditulis oleh mereka berdua dan memenangkan tempat nomor 1 single dan album. “Welcome to the Edge” tetap berada di Billboard Jepang peringkat 10 teratas selama empat bulan, menjual sebanyak 520,000 salinan. Seeman dan Hughes menerima nomor 1 International Single of the Year di NHK Japan Grand Prix Awards, yang setara dengan Grammys.

Bekerja di 20th Century Fox and Casting[sunting | sunting sumber]

Seeman menjabat posisi sebagai eksekutif asisten Scott Rudin, Presiden Produksi untuk 20th Century Fox pada pertengahan 1980-an. Pada tahun 1987, ia bekerja sama di film Off Limits, yang dibintangi Willem Dafoe dan Gregory Hines, yang terletak di Bangkok.

Karier Menulis Lagu[sunting | sunting sumber]

“Walking on the Chinese Wall” adalah salah satu lagu hits yang ditulis oleh Seeman dan Hughes, menempatkan urutan teratas di lagu-lagu hits dan menjadi lagu latar untuk video album Phillip Bailey’s Chinese Wall diproduksi oleh Phil Collins.

Lagu “Let’s Start Right Now” yang dinyanyikan oleh Barbra Streisand adalah lagu orisinil ciptaan Roxanne. Lagu ini diterbitkan di bonus CD edisi terbatasnya album Barbra Streisand “A Love Like Ours”.

Pada tahun 2003, lagu “Let’s Start Right Now” dinyanyikan oleh Jermaine Jackson di acara The View.

Pada tahun 1991, Bette Midler menerbitkan satu lagu hit berserta musik video lagu “Night And Day” yang ditulis oleh Seeman & Hughes.

Pada tahun 1993, The Sisters of Mercy menerbitkan satu lagu hit berserta musik video lagu “Under the Gun” yang ditulis oleh Billie Hughes, Roxanne Seeman, dan Andrew Eldritch, yang di produksi oleh Andrew Eldritch dan Billie Hughes.

Roxanne berkolaborasi dengan Sarah Brightman dan Frank Peterson, menulis lagu “Harem” dalam versi bahasa Inggris untuk lagu “Cancao do Mar” yang adalah lagu bahasa Portugis dan dinyayikan oleh Amalia Rodrigues. Lagu tersebut berada di perangkat 10 teratas “Crossover Classical chart” selama 80 minggu.

Pada bulan Desember 2008, Daniel Lindstrom menerbitkan satu lagu berjudul “Caught In That Feeling” di Sweden yang ditulis oleh Seeman, Lindstrom, dan Samsson.

Pada bulan March 2009, Seeman bertemu Philipp Steinke dari Berlin selama Philipp tinggal di Los Angeles dan mulai berkolaborasi menulis lagu bersama. Seeman dan Steinke menulis lagu “Amor En Suspenso (Crocodile Tears)” yang dibawakan oleh Alejandra Guzmán (“Queen of Rock” dari Mexico”) untuk album Guzman berjudul Único, yang diterbitkan oleh EMI Latin. Guzman menulis lirik lagunya bersama Fernando Osorio dalam bahasa Spanyol. Seeman dan Steinke terus berkerja sama dan menulis lagu-lagu untuk Jacky Cheung dan Lin Yu Chun.

Pada February 2013, Saint Lu penyanyi blues-rock asal Austria menerbitkan “Falling For Your Love”, yang ditulis oleh Saint Lu, Roxanne Seeman, dan Jimmy Messer, lagu ini termasuk di Warner Germany album “2” . Lagu tersebut ditulis di Venice dan Santa Monica. Di album EP “2”, rekaman lagu akustik “Falling For Your Love” dikeluarkan di YouTube.

Pada Oktober 21, 2014, Earth, Wind & Fire menerbitkan “Holiday” album pertamanya yang bertema holiday, termasuk lagu yang ditulis Seeman berjudul “Everyday Is Christmas”.

Pada Desember 2015, Eduardo Bosio yang adalah penyanyi tenor asal Argentina merekam lagu Seeman berjudul “Part Of Me” yang berbahasa Inggris.

Pada Oktober 28, 2016, Nils Landgren yang adalah pemain R&B funk dan jazz trombon berasal dari Swedia, yang juga dikenal sebagai The Man with The Red Horn or Mr. Redhorn, menerbitkan “Everyday Is Christmas” di albumnya yang berjudul “Christmas With My Friends”. Tak lama setelah albumnya terbit, Nils Landgren tampil di Jerman selama sebulan. Album “Christmas With My Friends” meraih status emas karena berhasil menjual album sebanyak 125,000.

Asia[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2009, Seeman mulai menulis untuk Jacky Cheung, yang dikenal sebagai salah satu dari empat Master untuk Canto-Pop. Cheung yang disebut “God of Songs” beberapa kali meraih “Top Asian Pop Artist” di Billboard. Dari kunjungan Seeman ke Asia, ia mengenal Cheung dan mulai berkolaborasi dengan Jacky Cheung dan Andrew Tuason yang memproduseri Cheung.

Cheung ingin mencoba aliran musik yang berbeda seperti Jazz di album terbarunya “Private Corner” karena ia bisa lebih mengekspresikan dirinya lewat aliran ini. Lagu “Everyday Is Christmas” ditulis oleh Seeman dan Phlipp Steinke. Cheung sangat suka lagu “Everyday Is Christmas” dan meminta Seeman dan Steinke untuk menulis lagu lain, mereka menulis lagu “Which Way, Robert Frost?”. Seeman lanjut menulis lagu untuk Cheung di aliran “Canto-jazz”. "不只有緣 (Lucky in Love)", "Double Trouble", "Let It Go", "Which Way, Robert Frost?", dan "Everyday Is Christmas" ditulis Seeman dengan penulis Eropa dan semua lagu ditulis dalam bahasa Kanton, kecuali “Everyday Is Christmas”. Cheung mencoba untuk menulis lagu “Everyday Is Christmas” dalam bahasa Kanton, tetapi ia sangat menyukai arti lirik bahasa inggris dan memutuskan untuk tetap merekamnya dalam bahasa Inggris. Nokia musik download mengumumkan bahwa “Everyday Is Christmas” adalah salah satu lagu Natal yang paling banyak diunduh pada tahun 2010, berserta lagu hits klasik Natal lainnya seperti “Last Christmas” yang dibawakan oleh Wham dan “All I Want For Christmas Is You” yang dibawakan oleh Mariah Carey. Jacky Cheung adalah penyanyi pertama yang berasal dari Cina yang berhasil menembus peringkat sepuluh teratas.

Pada tahun 2009, group band baru berasal dari Korea Selatan yang disebut 4Minute dan Kim Hyun-Ah dari The Wonder Girls merekam lagu “Tick Tock”. Pada saat 4Minute tidak menerbitkan “Tick Tock”, lagu ini lalu direkam oleh Rainie Yang (Sony Taiwan) dalam bahasa Mandarin. Lalu lagu ini dimainkan di salah satu serial TV drama terkenal Taiwan “Hi My Sweetheart”, dibintangi oleh Rainie Yang dan Show Luo. “Tick Tock” juga ditulis oleh Kine L. Fossheim dan Olav Fossheim.

Seeman kembali ke Asia pada bulan Agustus 2009 selama lima minggu. Setelah itu, lagunya banyak direkam dan dirilis termasuk “All Pumped Up” oleh Evan Yo (Sony Taiwan), “Cha Cha Cha” oleh Linda Chung (Star Entertainment Hong Kong) yang diproduksi oleh Andrew Tuason, “When You Hear This Song” oleh Allen Su (Sony Beijing), “Arrest Me” oleh Amber Kuo (Warner Taiwan), “No One Knows” oleh Stephy Tang (Gold Typhoon), dan “Hui Bu Hui (Will We)” oleh Yang Kun. Musik video yang dibuat termasuk “Double Trouble” oleh Jacky Cheung, “Tick Tock” oleh Rainie Yang, dan “No One Knows” oleh Stephy Tang.

Pada Malam Tahun Baru 2010, Jacky Cheung memulai Jacky Cheung ½ Century Tour, dengan 25 musisi dan 18 penari, menjadi pembuka untuk acara Mercedes Benz Arena, Shanghai, China. “Double Trouble” adalah lagu highlight di Cheung stadium world tour. “Double Trouble” juga ditulis oleh Kine L. Fossheim dan Olav Fossheim.

Pada tahun 2011, Yang Kun merekam lagu Seeman berjudul “Hui Bu Hui (Will We)”, yang ditulis bersama Fredrik Samsson dan Tobias Forsberg, dan diproduksi oleh Zhang Yadong. Lagu ini menjadi tema lagu untuk video Mainland China hit thriller “Lost In Panic Cruise”.

Pada bulan November 2011, Lin Yu-Chun, penyanyi asli Taiwan yang meraih ketenaran karena tampil disalah satu pertunjukan bakat “One Million Star (超級星光大道)” membawakan lagu “I Will Always Love You” (ditulis dan dinyanyikan oleh Dolly Parton) ala Whitney Houston. Lin Yu-Chun merilis lagu “Saving Grace”, yang ditulis oleh Steinke, Roxanne Seeman dan Finn Martin di albumnya yang berjudul “Endlessly”.

Seeman kembali mengunjungi Hong Kong pada bulan May 2012 untuk konser final Jacky Cheung “½ Century Tour”. Seeman lalu mengunjungi Suzhou untuk bertemu Han Xue yang merekam “Lonely Kiss” untuk debut Gold Typhoon Mainland China. Setelah itu, ia mengunjungi Shanghai, Beijing, untuk bertemu Ai Dai yang merekam lagu-lagu Seeman.

Lagu orisinil "不只有緣 (Lucky in Love)" versi bahasa Inggris direkam oleh Paolo Onesa, peringkat 8 teratas untuk acara season pertama The Voice of the Phillippines. Lagu ini dirilis secara digital pada tanggal September 23, 2013 oleh MCA Music, sebagai album kompilasi The Voice. Onesa memasukkan lagu “Which Way, Robert Frost?” kedalam debut albumnya “Pop Goes Standards” yang dirilis pada tanggal February 14, 2014. Pada tanggal Desember 12, 2014 Paolo Onesa memenangkan Awit Awards dua kali sebagai Best Performance by A Male Recording Artist dan Best Performance by A New Male Recording Artist untuk lagu “Lucky in Love”. Awit Awards setara dengan Grammy Award di Philippine. 10 tahun sebelumnya, pada tahun 2004, lagu “Goodnight But Not Goodbye” yang ditulis oleh Seeman memenangkan Awit Award sebagai Best Engineered Recording.

Jason Dy, pemenang The Voice of The Philippines (Musim 2) menampilkan lagu “Caught in that Feeling” live pada saat All Star Cast Finale Episode pada tanggal Maret 7, 2015. Dy merekam versi baru lagu “Caught in that Feeling” untuk single pertamanya yang dirilis pada Maret 30, 2015.

Pada bulan Agustus 2015, Paolo Onesa dinominasikan sebagai Best Performance by A Male Recording Artist untuk lagu “Which Way, Robert Frost?” untuk Awit Awards yang ke-28.

Pada tanggal Agustus 7, 2015 MCA Music Universal Philippines merilis album “Jason Dy” yang termasuk lagu Seeman berjudul “Caught in that Feeling”, “Turn Out The Night” dan “When You Hear This Song”.

Zendee Rose Tenerefe (alias Zendee) adalah penyanyi asal Philippine yang terkenal karena videonya menyanyikan lagu “I WIll Always Love You” oleh Whitney Houston yang diunduh di YouTube. Zeendee merekam lagu “When Love Calls Your Name” dan “Watch This!”. Kedua lagunya ada di albumnya yang dinamakan “Z”, dirilis pada tanggal Agustus 7, 2015 oleh MCA Music Universal Filipina.

Pada tanggal September 22, 2016, Kyle Echarri adalah kontestan The Voice Of The Philippines (Musim 2) berumur 13 tahun, merilis lagu “Our Moment” yang ditulis oleh Seeman, Philip Doron Bailey, Jr., Jens Hoy, dan Rasmus Rudolph Soegaard.

Pada tanggal April 28, 2017, Edray Teodoro adalah kontestan The Voice Kids of The Philippines musim 1, merilis EP pertamanya termasuk lagu “What You Doin’ Tonight” yang ditulis Seeman, Tinashe Sibanda dan Melody Hernandez Noel.

Film & Televisi[sunting | sunting sumber]

Karya Seeman telah dimasukkan dalam film, televisi, dan video. Lagu “So Hard To Know” ditulis oleh permintaan Chet Baker. Lagu ini dimainkan di Oscar-nominated documentary “Let’s Get Lost”, tribute to musik karya Chet Baker, yang dirilis pada tahun 2008.

Pada tanggal Februari 19, 1994, The Jackson Family Honors tampil live di ABC dari Las Vegas di MGM Grand Hotel dengan lagu Seeman, Hughes, dan Jermain Jackson yang berjudul “If You’d Only Believe”.

Lagu “Welcome to the Edge” menerima Emmy nomination untuk Best Original Song di drama TV “Santa Barbara” pada tahun 1991. Pada tahun 1994, Seeman dan Hughes menerima Emmy nomination untuk Best Original Song kedua lagu “Dreamlove” untuk drama TV “Another World”. Pada tahun 1996, Seeman menerima Special Recognition untuk Musical Contribution, Daytime Drama Guiding Light untuk karyanya, dan nominasi Emmy diberikan ke Musik Direktor, Jonathan Firstenberg.

Seeman dan Earth, Wind & Fire menulis lagu “Cruisin” untuk film Get On The Bus. Seeman juga berkolaborasi dengan Eric Levi dari ERA dan Philip Bailey dari Earth, Wind & Fire menulis lagu “People And Places” yang menjadi end-credits untuk film French “La Vengeance d’Une Blonde”.

Seeman menulis lagu “Hold On To The Good Things” untuk Stuart Little 2, yang direkam oleh Shawn Colvin pemenang Grammy.

Roxanne dan Gavin Greenaway menulis lagu “Born To Ride” yang dinyanyikan oleh Biana Tamimi, aktris yang bermain di film The Young Black Station berumur 11 tahun.

Seeman dan Daniel nitt menulis lagu "不只有緣 (Lucky in Love)" untuk Jacky Cheung. "不只有緣 (Lucky in Love)" menjadi end-credits untuk film Crossing Hennessy, film Hong Kong yang diproduksi oleh William Kong. Crossing Hennessy dibintangi oleh Tang Wei (Lust, Caution) dan Jacky Cheung, ditayangkan perdana sebagai film pembuka untuk 34th Hong Kong International Film Festival March 21. Lagu-lagu ini diproduksi oleh Andrew Tuason.

Seeman menulis lirik untuk komposisi Arif Mardin “So Blue” untuk Album All My Friends Are Here oleh Arif Mardin dan The “Greatest Ears in Town: The Arif Mardin Story” dokumenter, fitur Chaka Khan dan David Sanborn. The Greatest Ears In Town dimainkan di acara 29th International Istanbul Film Festival pada bulan April 2010. All My Friends Are Here dirilis pada tanggal Juni 15, 2010. The Greatest Ears In Town: The Arif Mardin Story dinominasikan untuk Grammy pada tahun 2011 sebagai Best Long Form Video.

"Hui Bu Hui (Will We)" direkam oleh penyanyi dan aktor dari Mainland China, Yang Kun, dimainkan sebagai theme song dari film Lost In Panic Cruise, sekuel film Lost In Panic Room. Film Lost In Panic Cruise ditayangkan perdana di Mainland China pada Oktober 27, 2011. Yang Kun tampil di film dan musik video untuk lagu ini.

Lagu-lagu Seeman telah dimainkan dalam serial televisi Nickelodeon, “Hollywood Heights” sejak Juni 20, 2012.

Roxanne Seeman dan Riccardo Cocciante menulis lagu “When Love Calls Your Name” untuk finalis The Voice of Italy, Elhaida Dani. Video klip lagu “When Love Calls Your Name” yang dinyanyikan oleh Elhaida Dani dan Riccardo Cocciante, ditampilkan di Rai Television site, lagunya tersedia di iTunes Italy. Pada tanggal May 30, 2013 finale show The Voice of Italy, Elthaida Dani membawakan lagu “When Love Calls Your Name”. Elhaida Dani diumumkan sebagai pemenang The Voice of Italy, Riccardo Cocciante bergabung di panggung dan ikut bernyanyi lagu “When Love Calls Your Name”.

“Qing Chun Dou” yang dinyanyikan oleh Rainie Yang dimainkan di film Netflix Daredevil (Marvel) season 2, episode 1. “Qing Chun Dou” adalah lagu “Tick Tock (Beat The Clock)" versi bahasa Mandarin yang ditulis oleh Seeman, Ludvigsen, dan Fossheim.

Teater Musikal[sunting | sunting sumber]

Lagu “Put It in The Pot” ditulis oleh Roxanne Seeman dan Kennard Ramsey, Music Director dan Composer untuk “Jambalaya, The Musical”. “Jambalaya, The Musical” ditayangkan perdana pada tanggal November 30 di The Orpheum Theatre, New Orleans, selama empat hari. “Jambalaya, The Musical” ditulis dan diarahkan oleh Nancy Gregory.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Sumber

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Official Website [1]
  • Internet Movie Database [2]