Ronald Knox

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
The Reverend Monsignor
Ronald Knox
Knox kr. 1928
Agama Katolik
Pribadi
Kebangsaan Britania Raya
Lahir 17 Februari 1888
Kibworth, Leicestershire, Inggris
Meninggal 24 Agustus 1957 (umur 69)
Mells, Somerset, Inggris
Tempat peristirahatan St Andrew's Church, Mells
51°14′31″LU 2°23′26″BB / 51,241928°LU 2,390525°BB / 51.241928; -2.390525
Jabatan Senior
Gelar Monsignor
Karier beragama
Ordinasi 1918
Profesi Teolog
Jabatan sebelumnya Pastor Anglikan (1912–1917)

Ronald Arbuthnott Knox (lahir 17 Februari 1888 – meninggal 24 Agustus 1957 pada umur 69 tahun) adalah seorang imam, teolog, dan penulis cerita detektif dari Inggris. Ia juga seorang penulis dan penyiar reguler untuk BBC Radio.

Knox bersekolah di Eton College, meraih sejumlah beasiswa dan penghargaan di Balliol College, Oxford. Ia ditahbiskan sebagai seorang pastor Anglikan pada tahun 1912 dan ditunjuk menjadi kapelan Trinity College, Oxford, namun ia melepaskan jabatan tersebut pada tahun 1917 ketika ia diterima dalam Gereja Katolik. Pada tahun 1918, ia ditahbiskan menjadi imam Katolik. Knox menulis banyak buku esai dan novel. Mengikuti arahan superior religiusnya, ia menerjemahkan ulang Alkitab Vulgata Latin ke dalam bahasa Inggris, dengan menggunakan sumber-sumber Ibrani dan Yunani, yang dimulainya pada tahun 1936.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Ronald Know lahir dalam suatu keluarga Anglikan di Kibworth, Leicestershire, Inggris. Ayahnya adalah Edmund Arbuthnott Knox, yang menjadi Uskup Manchester.

Knox muda dididik di Eton College, tempat ia menerima beasiswanya yang pertama pada tahun 1900, dan Balliol College, Oxford, tempat ia kembali menerima beasiswa untuk pertama kalinya dalam studi klasika pada tahun 1905. Sebagai seorang klasikis yang brilian, Knox memenangkan beasiswa Craven, Hertford, dan Irlandia dalam studi klasika, serta Gaisford Prize for Greek Verse Composition pada tahun 1908 dan Chancellor's Prize for Latin Verse Composition pada tahun 1910.

Pada tahun 1910, ia menjadi salah seorang fellow Trinity College, Oxford. Sebagai seorang Anglo-Katolik yang taat, ia menjadi salah seorang anggota kunci dari "pengaturan" populer Maurice Child. Ia baru akan memulai tutorial pada tahun 1911 dan karenanya menerima pekerjaan sebagai tutor klasika bagi saudara dari seorang temannya di Eton—yakni Harold Macmillan (yang akan disebut "C" dalam Spiritual Aeneid karya Knox maupun dalam biografi Knox karya Evelyn Waugh)[1]—selama sabatikalnya, meskipun ia kemudian diberhentikan oleh Nellie Macmillan karena ia adalah penganut Anglikan gereja-tinggi (Anglo-Katolik).

Konversi dan tahbisan imamat[sunting | sunting sumber]

Knox ditahbiskan sebagai pastor Anglikan pada tahun 1912 dan ditunjuk sebagai kapelan Trinity College. Selama Perang Dunia I, ia bertugas dalam dinas intelijen militer.[2] Pada tahun 1915, Cyril Alington, yang menjadi guru di Eton College selama Knox bersekolah di sana, dan sekarang menjadi kepala sekolah Shrewsbury School, mengundang Knox untuk bergabung sebagai staf pengajar di Shrewsbury untuk mengisi posisi salah seorang mantan kolega di Eton, Evelyn Southwell temannya, yang telah bergabung dengan Angkatan Darat Britania Raya. Knox dikenang dalam waktu lama di Shrewsbury sebagai wali kelas Vb yang sangat berdedikasi dan menghibur.[3]

Pada tahun 1917, Knox mengundurkan diri sebagai kapelan Anglikan ketika ia memutuskan untuk masuk dalam persekutuan penuh dengan Gereja Katolik. Sebagai tanggapan atas konversi Knox menjadi penganut Katolik Roma, nama Knox dikeluarkan ayahnya dari surat wasiat.[4] Pada tahun 1918 Knox ditahbiskan sebagai imam Katolik dan pada tahun 1919 bergabung dengan staf pengajar St Edmund's College, Ware, Hertfordshire, serta tetap di sana sampai tahun 1926. Ia menjelaskan perjalanan spiritualnya dalam dua buku yang dicetaknya secara privat, Apologia (1917) dan A Spiritual Aeneid (1918). Konversi Knox ke dalam iman Katolik Roma sebagian dipengaruhi oleh penulis Inggris yang dikenal dengan sebutan G. K. Chesterton,[5] sebelum Chesterton sendiri menjadi penganut Katolik. Sebaliknya, ketika Chesterton diterima dalam Gereja Katolik pada tahun 1922, Chesterton yang terpengaruh oleh Knox.[6]

Ragam karya dan penerjemahan[sunting | sunting sumber]

Knox menjadi penulis dan penyiar tentang Kekristenan dan subjek-subjek lainnya. Ketika menjadi kapelan Katolik di Universitas Oxford (1926–1939), dan setelah pengangkatannya menjadi seorang monsignor pada tahun 1936, ia menulis cerita-cerita detektif klasik. Pada tahun 1929, ia mengodifikasikan aturan-aturan untuk cerita detektif menjadi sebuah "dekalog" berisikan sepuluh perintah (lih. Zaman keemasan fiksi detektif). Ia termasuk salah seorang anggota pendiri Detection Club dan menulis sejumlah karya fiksi detektif, termasuk lima novel dan satu cerita pendek yang menampilkan Miles Bredon,[7] yang dipekerjakan sebagai penyidik swasta oleh Indescribable Insurance Company ("Perusahaan Asuransi yang Tak Terdeskripsikan").

Knox menerjemahkan sendirian Alkitab Vulgata berbahasa Latin ke dalam bahasa Inggris, menjadi versi yang saat ini dikenal sebagai Knox Bible. Karya-karya Knox mengenai tema religius misalnya: Some Loose Stones (1913), Reunion All Round (1914), A Spiritual Aeneid (1918), The Belief of Catholics (1927), Caliban in Grub Street (1930), Heaven and Charing Cross (1935), Let Dons Delight (1939), dan Captive Flames (1940). Ketika G. K. Chesterton wafat pada tahun 1936, Knox menyampaikan panegirik dalam Misa Requiemnya di Katedral Westminster.[8]

Sebuah esai dalam Essays in Satire (1928) karya Knox, "Studies in the Literature of Sherlock Holmes", merupakan yang pertama dalam genre karya tulis kritis tiruan-serius tentang Sherlock Holmes dan studi tiruan-historis yang di dalamnya keberadaan Holmes, Watson, dkk. diasumsikan ada.[9] Esai lainnya, "The Authorship of In Memoriam", dimaksudkan untuk membuktikan bahwa puisi Tennyson sebenarnya ditulis oleh Ratu Victoria. Esai satiris lainnya, "Reunion All Round", menyindir toleransi imajiner Anglikan dalam bentuk suatu permintaan kepada Gereja Anglikan untuk mengabsorpsi semua orang dari penganut Muslim menjadi penganut ateis, dan bahkan penganut Katolik, setelah membunuh anak-anak Irlandia serta melarang perkawinan dan perkembangbiakan orang-orang Irlandia.

Pada tahun 1953, Knox mengunjungi bangsawan Oxford di Zanzibar dan bangsawan Acton di Rhodesia.[10] Dalam perjalanan tersebut ia memulai penerjemahan De Imitatione Christi karya Thomas à Kempis, dan, sekembalinya ke Mells, ia menerjemahkan l'Histoire d'une Âme karya Santa Theresia dari Kanak-Kanak Yesus.

Penyakit dan wafatnya[sunting | sunting sumber]

Semua aktivitasnya berkurang ketika ia mendadak menderita penyakit serius pada tahun 1957 awal. Atas undangan teman lamanya, Harold Macmillan, ia tinggal di 10 Downing Street ketika di London untuk berkonsultasi dengan seorang spesialis. Dokter mendiagnosis bahwa ia mengidap kanker yang tidak dapat disembuhkan.

Ronald Knox wafat pada tanggal 24 Agustus 1957 dan jenazahnya dibawa ke Katedral Westminster. Uskup Craven memimpin Misa Requeim dan Pastor Martin D'Arcy, seorang Yesuit, mengkhotbahkan panegiriknya. Knox dimakamkan di halaman gereja St Andrew's Church, Mells.

Peninggalan[sunting | sunting sumber]

Biografi pertama Knox, berjudul The Life of Ronald Knox, adalah karya temannya yang berperan sebagai eksekutor literer, Evelyn Waugh, dan terbit dua tahun setelah wafatnya. Waugh, seorang penganut Katolik yang taat dan sangat mengagumi karya-karya Knox, telah memperoleh izin Knox untuk tugas tersebut. Pada tahun 1977, keponakan Knox, Penelope Fitzgerald, menerbitkan biografi gabungan, The Knox Brothers, yang menyajikan dengan bobot sebanding biografinya dan ketiga saudaranya (E. V. Knox, editor majalah humor Punch, Dillwyn Knox, seorang matematikawan, dan Wilfred Knox, seorang rahib Anglikan dan akademisi Perjanjian Baru). The Wine of Certitude: A Literary Biography of Ronald Knox karya David Rooney diterbitkan pada tahun 2009. Karya tersebut menyusul dua studi sebelumnya, Ronald Knox as Apologist: Wit, Laughter and the Popish Creed (2007) dan Second Friends: C. S. Lewis and Ronald Knox in Conversation (2008), keduanya adalah hasil karya Milton Walsh. Sebuah biografi lebih baru yang menempatkan Knox dalam konteks kultural pada zamannya berjudul Ronald Knox and English Catholicism (2009), karya Terry Tastard.

Publikasi[sunting | sunting sumber]

Karya pilihan[sunting | sunting sumber]

  • Knox Bible. Sebuah versi Alkitab terjemahan dari Vulgata Latin
  • Some Loose Stones: Being a consideration of certain tendencies in modern theology illustrated by reference to the book called "Foundations" (1913)
  • Absolute and Abitofhell (1913). Sebuah karya satire dengan gaya John Dryden, seorang konver Katolik juga, mengenai latitudinarianisme para penulis Foundations (termasuk William Temple, yang kelak menjadi Uskup Agung Canterbury).
  • The Church in Bondage (1914). Kumpulan khotbah
  • Reunion All Round (1914). Sebuah karya satire tentang kesediaan kalangan Anglikan tertentu untuk menghapuskan perbedaan-perbedaan doktrinal dengan aliran-aliran Nonkonformis untuk kepentingan persekutuan Kristen yang baik.[11]
  • Bread or Stone (1915). Empat amanat tentang doa impetratif atau permohonan.
  • A Spiritual Aeneid: Being an Account of a Journey to the Catholic Faith (1918)
  • Patrick Shaw-Stewart (1920). Biografi Patrick Shaw-Stewart, sesama fellow di Eton dan teman Knox, yang gugur dalam tugas di Perang Dunia I.
  • Memories of the Future: Being Memories of the Years 1915–1972, Written in the Year of Grace 1988 by Opal, Lady Porstock (1923). Mengombinasikan parodi dari autobiografi-autobiografi kaum wanita modis dengan satire lembut tentang hasrat yang mudah berubah — bersifat edukatif, medis, politis, dan teologis.[11]
  • Sanctions: A Frivolity (1924). Sebuah fiksi elegan dengan gaya The New Republic karya W. H. Mallock, yang di dalamnya tamu-tamu suatu pesta rumah mendapati bahwa semua percakapan mereka mengarah pada pertanyaan: apa sanksi-sanksi akhir, secara sosial, intelektual, dan supranatural, yang menentukan perilaku dan masa depan manusia?[11]
  • Other Eyes than Ours (1926). Sebuah kisah satiris tentang kebohongan yang dimainkan dalam kalangan para spiritualis.[11]
  • An Open-Air Pulpit (1926). Kumpulan esai.
  • The Belief of Catholics (1927). Surveinya tentang keyakinan Katolik, dipandang sebagai karya klasik apologetika dan ekuivalensi Katolik daripada Mere Christianity karya C. S. Lewis.
  • Essays in Satire (1928). Berisi tulisan-tulisan Anglikan terbaiknya yang bernada humor, dilanjutkan dengan sejumlah esai literer.[11]
  • The Mystery of the Kingdom and Other Sermons (1928).
  • The Church on Earth (1929).
  • On Getting There (1929). Kumpulan esai.
  • Caliban in Grub Street (1930). Sebuah karya satire tentang opini-opini religus sejumlah penulis utama yang populer pada saat itu (termasuk Arnold Bennett dan Sir Arthur Conan Doyle).[11]
  • Broadcast Minds (1932). Sebuah kritik terhadap opini-opini religius sejumlah penulis sains terkemuka pada saat itu (termasuk Julian Huxley dan Bertrand Russell).[11]
  • Difficulties: Being a Correspondence About the Catholic Religion, bersama dengan Arnold Lunn (1932). Sebuah pertukaran pendapat dalam surat-surat dengan Lunn, seorang Protestan skeptis yang penasaran, mengenai Gereja Katolik. Lunn kemudian memutuskan untuk melakukan konversi keyakinan.
  • Heaven and Charing Cross: Sermons on the Holy Eucharist (1935)
  • Barchester Pilgrimage (1935). Sebuah sekuel tentang Chronicles of Barsetshire yang ditulis dengan gaya Trollope, membahas nasib para anak dan cucu dari karakter-karakter Trollope sampai saat ditulisnya sekuel ini, dengan sejumlah sindiran halus tentang perubahan sosial, politik, dan religius pada abad ke-20.[11] Perhimpunan Trollope melakukan cetak ulang karya ini pada tahun 1990.
  • Let Dons Delight (1939). Salah satu karya terkemuka Knox yang membahas sejarah Oxford sejak zaman Reformasi hingga sesaat sebelum Perang Dunia II. Karya ini menelusuri disintegrasi suatu budaya umum melalui percakapan-percakapan para pengajar Simon Magus, sebuah perkumpulan fiktif, sejak tahun 1588 sampai 1938 dengan interval setiap lima puluh tahun.
  • Captive Flames: a Collection of Panegyrics (1940). Dua puluh satu homili tentang sejumlah orang kudus favorit Knox, termasuk St. Sesilia, St. Dominikus, St. Jeanne d'Arc, dan St. Ignatius dari Loyola.
  • In Soft Garments (1942). Amanat kepada para mahasiswa/i Oxford tentang iman dalam dunia modern.
  • God and the Atom (1945). Sebuah analisis etis dan filosofis tentang guncangan bom atom, penggunaannya terhadap Hiroshima dan Nagasaki serta pertanyaan-pertanyaan moril yang muncul darinya.
  • The Mass in Slow Motion (1948). Sebuah buku yang berisi rangkaian perbincangan bagi para siswi yang, bersama dua buku lanjutannya, menjadi karya terpopuler di antara semua karya tulis Knox.[11]
  • The Creed in Slow Motion (1949). Buku kedua yang berisi rangkaian perbincangan bagi para siswi.
  • On Englishing the Bible (1949). Buku yang berisi 8 esai tentang penerjemahan kembali Alkitab dari Vulgata Latin, dengan sumber-sumber Ibrani dan Yunani.
  • The Gospel in Slow Motion (1950). Buku terakhir yang berisi rangkaian perbincangan bagi para siswi.
  • St Paul's Gospel (1950). Serangkaian khotbah Prapaskah yang dikhotbahkan Knox pada tahun itu di Katedral Westminster.
  • Enthusiasm: A Chapter in the History of Religion with Special Reference to the XVII and XVIII Centuries (1950). Buku favorit Knox sendiri,[12] berisi studi tentang berbagai gerakan kaum pria dan wanita Kristen yang telah berupaya menjalani suatu kehidupan yang kurang duniawi dibandingkan orang Kristen lainnya, mengklaim telah memperoleh bimbingan langsung dari Roh Kudus, dan akhirnya memisahkan diri menjadi aliran-aliran tersendiri. Quietisme dan Jansenisme tampaknya menjadi fokus utama.
  • Stimuli (1951). Sebuah kumpulan kontribusi pilihan yang ditulis Knox untuk The Sunday Times.
  • The Hidden Stream: Mysteries of the Christian Faith (1952). Amanat Knox kepada para mahasiswa/i Oxford yang berisi evaluasi tentang dogma-dogma fundamental dan berbagai batu sandungan Katolisisme.
  • Off the Record (1953). Sebuah kumpulan lima puluh satu surat pilihan yang ditujukan kepada para penanya individual tentang topik-topik religius pada umumnya.
  • The Window in the Wall and Other Sermons on the Holy Eucharist (1956)
  • Bridegroom and Bride (1957). Amanat-amanat tentang perkawinan.

Fiksi detektif[sunting | sunting sumber]

Novel[sunting | sunting sumber]

  • The Viaduct Murder (1925)
  • The Three Taps (1927) – menampilkan Miles Bredon.
  • The Footsteps at the Lock (1928) – menampilkan Miles Bredon.
  • The Body in the Silo (1933) – menampilkan Miles Bredon.
  • Still Dead (1934) – menampilkan Miles Bredon.
  • Double Cross Purposes (1937) – menampilkan Miles Bredon.

Cerita pendek[sunting | sunting sumber]

  • "Solved by Inspection" (1931) – menampilkan Miles Bredon.
  • "The Motive" (1937)
  • "The Adventure of the First Class Carriage" (1947)

Karya kolaboratif oleh Detection Club[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Evelyn Waugh (1959), Ronald Knox: A Biography, 1988 reprint, London: Cassell, Book I, "Laughter and the Love of Friends", Chapter 5, "Accomplishment 1910-1914", p. 106, ISBN 0-304-31475-7.
  2. ^ (Inggris) "Ronald A. Knox". authorscalendar.info. Diakses tanggal 2016-12-18. 
  3. ^ (Inggris) The life of Ronald Knox by Evelyn Waugh, 1959 and The History of Shrewsbury School by J. B. Oldham.
  4. ^ (Inggris) UK: Fitzgerald, Penelope (1977). The Knox Brothers (1st ed.). London: Macmillan. p. 261. ISBN 978-0-333-19426-3. OCLC 59050056.  USA: Fitzgerald, Penelope (1977). The Knox Brothers (1st ed.). New York: Coward, McCann & Geoghegan. p. 261. ISBN 978-0-698-10860-8. LCCN 00055492. OCLC 3090064. 
  5. ^ (Inggris) Pearce, Joseph (2014). "Catholic Literary Giants: A Field Guide to the Catholic Literary Landscape". Google Books. San Francisco: Ignatius Press. pp. 47, 142. Diakses tanggal December 18, 2016. 
  6. ^ (Inggris) "The Ronald Knox Society of North America". www.ronaldknoxsociety.com. Diakses tanggal 2016-12-18. 
  7. ^ (Inggris) Grosset, Philip. "Miles Bredon", detecs.org. Retrieved 16 May 2011.
  8. ^ (Inggris) "On this day: Requiem for a Heavyweight". National Catholic Reporter. 2011-06-27. Diakses tanggal 2016-12-18. 
  9. ^ (Inggris) "Gasogene Books - Ronald Knox and Sherlock Holmes: The Origins of Sherlockian Studies". www.wessexpress.com. Diakses tanggal 2016-12-28. 
  10. ^ (Inggris) Waugh, Evelyn (1959). The Life of Ronald Knox. London: Fontana Books, 1962, p. 279.
  11. ^ a b c d e f g h i (Inggris) The brief description of this book is from Waugh, Evelyn (1959). The Life of Ronald Knox. London: Chapman & Hall. (Paperback: London: Fontana Books, 1962).
  12. ^ (Inggris) Waugh, The Life of Ronald Knox, 1962, p. 274.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • (Inggris) David M. Rooney, The Wine of Certitude: A Literary Biography of Ronald Knox (San Francisco: Ignatius Press. 2009).
  • (Inggris) Terry Tastard, Ronald Knox and English Catholicism (Leominster: Gracewing, 2009).

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • (Inggris) Hugo R. Duhn (1981), A Thematization and Analysis of the Spirituality in the Writings of Ronald A. Knox, 1888-1957, STD dissertation, Studies in Sacred Theology, 2nd Series, No. 284, Catholic University of America.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Sejarah teologi Katolik