Roman Holiday

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Roman Holiday
Berkas:Roman holiday.jpg
Poster promosional untuk pengeluaran ulang
SutradaraWilliam Wyler
ProduserWilliam Wyler
Skenario
CeritaDalton Trumbo
Pemeran
Musik
Sinematografi
PenyuntingRobert Swink
DistributorParamount Pictures
Tanggal rilis
  • 27 Agustus 1953 (1953-8-27)
Durasi
118 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Italia
Anggaran$1.5 juta
Pendapatan kotor$12 juta

Roman Holiday adalah sebuah film komedi percintaan Amerika 1953 yang disutradarai dan diproduksi oleh William Wyler. Film tersebut dibintangi oleh Gregory Peck sebagai seorang wartawan dan Audrey Hepburn sebagai seorang putri kerajaan yang keluar untuk menyaksikan Roma dengan mata kepalanya sendiri. Hepburn memenangkan Aktris Terbaik (Oscar) atas penampilannya; skenario dan rancangan kostumnya juga menang.

Film tersebut ditulis oleh John Dighton dan Dalton Trumbo. Karena Trumbo masuk daftar hitam Hollywood, perannya tidak dicantumkan; sebagai gantinya, Ian McLellan Hunter menggantikannya. Peran Trumbo dicantumkan lagi saat film tersebut dirilis dalam bentuk DVD pada 2003. Pada 19 Desember 2011, pencamputan penuh bagi karya Trumbo direstorasi. Sutradara Bernard Vorhaus yang juga masuk dafatr hitam berkarya pada film tersebut sebagai asisten sutradara dengan sebuah pseudonim.[2][3]

Pada 1999, Roman Holiday terpilih untuk penyajian dalam Pendaftaran Film Nasional Amerika Serikat oleh Perpustakaan Kongres karena "signifikan secara budaya, sejarah, atau aestetik."

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Writers Guild of America (December 19, 2011). "WGA Restores Blacklisted Writer Dalton Trumbo's Screen Credit On 'Roman Holiday'". Deadline Hollywood. Diakses tanggal December 19, 2011. 
  2. ^ Cheryl Devall, Paige Osburn (December 19, 2011). "Blacklisted writer gets credit restored after 60 years for Oscar-winning film". 89.3 KPCC. Diakses tanggal December 20, 2011. 
  3. ^ Verrier, Richard (December 19, 2011). "Writers Guild restores screenplay credit to Trumbo for 'Roman Holiday'". Los Angeles Times. Diakses tanggal December 20, 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]