Rokan IV Koto, Rokan Hulu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Rokan IV Koto
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Riau
Kabupaten Rokan Hulu
Luas - km²
Jumlah penduduk -
Kepadatan - jiwa/km²
Desa/kelurahan 14

Rokan IV Koto adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Rokan Hulu, Riau, Indonesia. Sebuah Kecamatan di Rokan Hulu, dengan Ibu kota kecamatan berada di Rokan.

Rokan terletak sekitar +/- 150,4 km dari pekanbaru, Ibu Kota Provinsi Riau. Rokan IV Koto terdapat bahan baku pertambangan yaitu batu bara dan batuan Kapur (bahan dasar semen), lokasi batu bara terdapat di sebelah barat sekitar +/20 km dari ibu kota kecamatan. beberapa objek wisata yang terdapat di Rokan yaitu : Istana Rokan, Air terjun ( Ujan Lobek ),makam - makam Raja Rokan, Goa, Wisata alam pemandangan sungai, Air terjun Sungai Tolang, dan masih banyak lagi.

Mata pencaharian sebagian masayrakat adalah bertani, dan berkebun (sawah, sawit dan karet).

Prospek kedepan di kecamatan Rokan IV koto adalah prospek eksploitasi batu bara, dan pabrik semen yang akan menjadikan Rokan IV koto semakin berkembang. Saat ini perkembangan Rokan sudah semakin pesat, jalan-jalan utama untuk menuju Rokan Sudah diperbaiki hampir sempurna. Rokan IV Koto memilki beberapa situs cagar budaya yang menjadi koleksi bukti keberadaan sejarah dimasa lampau, terdapatnya sebuah istana kerajaan yang terletak di Rokan. Istana ini sejak dibangun masih memiliki bagian asli seperti dinding, ukiran - ukiran nya, istana ini pernah menjadi liputan dalam acara Jelang siang Trans TV.

Kepala Desa sekarang : pjs. Fuaddi, S.Sos