Rogier Verbeek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rogier Verbeek

Rogier Diederik Marius Verbeek (7 April 1845 – 9 April 1926) adalah seorang geolog dan naturalis berkebangsaan Belanda yang banyak dikenal untuk karyanya Krakatau yang disunting antara tahun 1884-1885 atas perintah GubJen Hindia Belanda. Buku tersebut menjelaskan tentang letusan Krakatau pada tahun 1883 dan juga memuat data ilmiah volkanologi yang tak ternilai. 2 minggu sebelumnya, Verbeek telah melakukan pengamatan di daerah tersebut. Tinggal di Buitenzorg (sekarang Kota Bogor), Jawa, ia merupakan salah satu saksi mata peristiwa tersebut. Tokoh Verbeek divisualisasikan sebagai tokoh protagonis dalam doku-drama berjudul Krakatoa: The Last Days yang ditayangkan oleh BBC.

Pada tahun 1909, ia mendapatkan gelar doktor kehormatan dari Universitas Teknologi Delft. Ia juga anggota kehormatan Koninklijk Nederlands Geologisch Mijnbouwkundig Genootschap. Lebih lanjut, ia juga anggota Maatschappij der Nederlandsche Letterkunde.

Salah satu sepupunya, Reinier D. Verbeek, juga seorang geolog. Namun, kepribadian dan prinsip mereka yang berbeda menyebabkan mereka berpisah.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Krakatau
  • Topographische en geologische Beschrijving van een Deel van Sumatra's Westkust, Batavia, 1883
  • Geologische beschrijving van Java en Madoera, Amsterdam, 1886 (ditulis bersama dengan Reinder Fennema)
  • De eilanden Alor en Pantar, residentie Timor en onderhoorigheden, Amsterdam, 1914
  • De vulkanische erupties in Oost-Java in het laatst der 16de eeuw, Verhandelingen van het Genootschap, 1925