Robert IV dari Worms

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Robert IV
Anak
Odo (atau Eudes)
Robert I dari Prancis
Keluarga bangsawanWangsa Robertian
BapakRobert III dari Worms
Lahir830
Meninggal866
Map wilayah Franka awal yang menunjukkan Austrasia, dimana Robert berasal, dan Neustria, di antara Seine dan Loire, dimana ia paling berkuasa.

Robert yang Kuat (skt. 830 – 2 Juli 866), juga dikenal sebagai Rutpert, atau Robert IV dari Worms, merupakan Markgraf Neustria. Keluarganya dinamakan sepertinya dan disebut Wangsa Robertian. Pada tahun 853 ia ditunjuk sebagai missus dominicus oleh Karl yang Botak, Raja Francia Barat. Ia adalah ayahanda dari dua raja Francia Odo (atau Eudes) dan Robert I dari Prancis. Robert yang Kuat adalah leluhur Hugues Capet dan dengan demikian ia adalah leluhur dari Wangsa Kapetia.

Asal usul dan berkuasa[sunting | sunting sumber]

Robert adalah putra Robert III dari Worms[1] dan tidak banyak yang diketahui mengenai awal wangsa Robertian, para sejarahwan mengemukakan bukti bahwa keluarga bangsawan tersebut berasal dari Hesbaye (kira-kira yang sekarang Belgia), atau mungkin keturunan dari keluarga Chrodegang dan bahwa Robert adalah putra Robert III dari Worms.

Di masa pemerintahan Ludwig si Jerman di Francia Timur, wangsa Robertian beremigrasi dari Francia Timur ke Francia Barat. Setelah mereka tiba di kerajaannya, Karl yang Botak menghadiahkan keluarga yang lari dari musuhnya dengan menunjuk Robert sebagai abbas di Marmoutier pada tahun 852. Dan pada tahun 853 ia memberikan posisi missus dominicus di dalam provinsi Maine, Anjou, dan Touraine kepada Robert dan memberinya kekuasaan de facto sebagai penguasa Maine, sebuah kadipaten yang berpusat di Le Mans dan berkaitan dengan wilayah kuno regnum Neustriae. Kenaikan pamor Robert mengancam keluarga Wangsa Rorgonid yang telah ada dan dirancang untuk mengekang kekuatan regional mereka dan membela Neustria dari penjarahan Viking dan Suku Breton.

Memberontak[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 858 Robert bergabung di dalam suatu pemberontakan melawan Karl yang Botak. Dengan suku Breton di bawah pimpinan Salaün ia memimpin para bangsawan Franka Neustria dan mengundang Ludwig si Jerman untuk meneyrang Francia Barat dan menerima penghormatan mereka. Pemberontakan itu dipicu oleh aliansi pernikahan di antara Karl dan Erispoë, Adipati Bretagne, dan dengan investasi putra Karl, Louis II dari Prancis, dengan regnum Neustriae, yang seluruhnya dengan jelas membatasi kekuasaan baik Salaün dan Robert. Karl memberikan Robert kabupaten-kabupaten Autun dan Nevers di Bourgogne; dan pada tahun 856 Robert membela Autun dari Ludwig si Jerman. Namun setelah pembunuhan Erispoë di bulan November 857, ia dan Salaün memberontak melawan Karl.

Bangsa Neustria Robert mengejar Louis II dari Prancis dari Le Mans pada tahun 858. Kemudian pada tahun itu, Ludwig si Jerman mencapai Orléans dan menerima delegasi para pemimpin Breton dan Neustria, dan juga dari Pippin II. Pada tahun 861, Karl berdamai dengan Robert dan menunjuknya sebagai Comte Anjou. Setelah itu Robert berhasil mempertahankan pantai utara terhadap serangan Viking.

Pada tahun 862 Karl menjamin Louis II, putranya, sebagai abbas Santo Martinus dari Tours, sebuah benefici yang layak namun lebih kecil dibandingkan dengan kerajaan yang diterimanya pada tahun 856, dan kehilangan pada tahun 858. Ludwig kecil memberontak dan bersahabat dengan Salaün yang menyediakannya tentara dan peralatan perang untuk melawan Robert.

Pada tahun 862 dua armada Viking berkumpul di Bretagne; yang salah satunya baru dipaksa keluar dari Seine oleh Karl yang Botak, yang lainnya kembali dari ekspedisi di Laut Tengah. Salaün menyewa armada Laut Tengah untuk memporak-porandakan lembah Loire di Neustria.[2] Robert menangkap dua belas kapal mereka dan membunuh seluruh awak kapal namun ada beberapa juga yang sempat melarikan diri. Ia kemudian menyewa bekas suku Viking di Seine untuk menyerang kerajaan Salaün sebanyak 6,000 pound perak.

Tujuan jelas Robert adalah untuk mencegah Viking bekerja kepada Salaün. [a] Ia mungkin mengumpulkan sejumlah besar pajak untuk (bukan-Upeti) Danegeld untuk pembayaran mencegah Viking memasuki Neustria.[b] Namun perdamaian di antara Franka dan Viking tidak berlangsung lama: pada tahun 863 Salaün berdamai, tetapi Viking yang sekarang telah merampas wilayah musuh dan menjarahnya, selanjutnya akan menuju Neustria. Karl sekarang menjadikan Robert abbas dari sebuah biara yang terkenal, St. Martin at Tours.[3]

Robert berperang dengan Pippin II pada tahun-tahun berikutnya. Pada tahun 863 ia sekali lagi membela Autun dari Ludwig si Jerman; ia berkampanye ke Neustria pada tahun 865 dan sekali lagi pada tahun 866, tak lama sebelum kematiannya, ia berurusan dengan Breton dan Viking yang menjarah di wilayah sekitar Le Mans.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 2 Juli 866, Robert tewas terbunuh di dalam Pertempuran Brissarthe ketika membela Francia melawan serangan gabungan Breton-Viking yang dipimpin oleh Salaün dan pemimpin Viking, Hásteinn. Di dalam pertempuran tersebut, komandan suku Viking terperangkap di dalam sebuah gereja.[3] Robert menanggalkan armornya untuk mulai mengepung gereja tersebut; tentara Viking kemudian meluncurkan serangan mendadak dari jarak dekat yang menewaskannya.[3] Keberhasilan heroiknya melawan suku Viking menciptakan sebuah karakter sebagai "Yudas Makabe kedua" di dalam Tawarikh Fulda.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Robert menikahi Adelaide dari Tours, putri Hugues dari Tours.[3] Mereka memiliki keturunan sebagai berikut:

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Robert probably expected Salomon to hire them to replace the defeated Mediterranean Vikings, then to attack Neustria from two sides: with the Viking ships ascending the Loire and Breton troops invading by land.
  2. ^ In 860–1 Charles the Bald had collected a general tax to pay a Danegeld of 5,000 pounds. The king had probably authorised Robert's payment.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Detlev Schwennicke, Europäische Stammtafeln: Stammtafeln zur Geschichte der Europäischen Staaten, Neue Folge, Band II (Marburg, Germany: J. A. Stargardt, 1984), Tafel 10
  2. ^ Einar Joranson (1923), The Danegeld in France (Rock Island: Augustana), 59–61.
  3. ^ a b c d Jim Bradbury, The Capetians, Kings of France 987-1328, (London: Hambledon Continuum, 2007), 24. ISBN 978-1-85285-528-4

Referensi tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Smith, Julia M. H. Province and Empire: Brittany and the Carolingians. Cambridge University Press: 1992. ISBN 0-521-38285-8
  • Hummer, Hans J. Politics and Power in Early Medieval Europe: Alsace and the Frankish Realm 600 – 1000. Cambridge University Press: 2005. ISBN 0-521-85441-5

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Karl yang Botak
Adipati Maine
831–856
Diteruskan oleh:
Louis II dari Prancis
Jabatan baru Markgraf Neustria
861–866
Diteruskan oleh:
Robert I
Comte Anjou
861–866
Diteruskan oleh:
Eudes