Robert Gilpin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Robert Gilpin
KebangsaanAmerika Serikat
EraFilsafat kontemporer
KawasanFilsafat Barat
AliranRealisme neoklasik
Minat utama
Keamanan internasional, ekonomi politik internasional
Gagasan penting
Teori kestabilan hegemon

Robert Gilpin (/ˈɡɪlpɪn/; lahir 1930) adalah pakar ekonomi politik internasional dan dosen emeritus politik dan hubungan internasional di Woodrow Wilson School of Public and International Affairs, Universitas Princeton. Ia merupakan dosen kehormatan Eisenhower. Gilpin mempelajari ekonomi politik dan hubungan internasional, khususnya efek perusahaan multinasional terhadap otonomi negara.

Gilpin mendapatkan gelar B.A. dari Universitas Vermont pada tahun 1952 dan M.S. dari Universitas Cornell tahun 1954. Setelah tiga tahun menjadi perwira Angkatan Laut A.S., Gilpin menyelesaikan studi Ph.D. di Universitas California, Berkeley, dan lulus tahun1960. Ia menjadi dosen di Princeton tahun 1962 dna mendapatkan hak kerjanya tahun 1967.[butuh rujukan] Ia merupakan dosen pembantu di Center of International Studies dan Liechtenstein Institute on Self-Determination.

Gilpin adalah anggota Guggenheim Fellow pada tahun 1969, Rockefeller Fellow pada tahun 1967–68 dan 1976–1977, dan American Academy of Arts and Sciences. Ia juga merupakan anggota American Political Science Association (sekaligus wakil presidennya pada tahun 1984–1985) dan Council on Foreign Relations.

Gilpin menjelaskan pandangannya tentang hubungan internasional dan ekonomi politik internasional dari sudut pandang realis. Dalam bukunya, Global Political Economy, ia menganggap dirinya sebagai "realis negara-sentris" mengikuti tradisi para realis klasik lainnya seperti E. H. Carr dan Hans Morgenthau.[1] Fokus penelitian Gilpin saat ini adalah penerapan pemikiran realis terhadap kebijakan Amerika Serikat di Timur Tengah. Gilpin sangat menentang politik di balik invasi Irak 2003. Ia menuangkan pendapatnya dalam esai berjudul "War is Too Important to Be Left to Ideological Amateurs".[2]

Gilpin tinggal di Greensboro, Vermont, bersama istrinya, Jean M. Gilpin.

Karya[sunting | sunting sumber]

  • American Scientists and Nuclear Weapons Policy (1962)
  • France in the Age of the Scientific State (1968)
  • US Power and the Multinational Corporation (1975)
  • War and Change In World Politics (1981)
  • Hegemonic War and the Peloponnesian War
  • The Political Economy of International Relations (1987)
  • The Challenge of Global Capitalism (2000)
  • Global Political Economy: Understanding the International Economic Order (2001)

Buku-buku tersebut sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa. The Political Economy of International Relations memenangkan Award for the Best New Professional and Scholarly Book in Business, Management, and Economics tahun 1987 dan Woodrow Wilson Foundation Book Award sebagai buku ilmu politik terbaik tahun 1988.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gilpin, Robert (2001). Global Political Economy - Understanding the International Economic Order. Princeton: Princeton University Press. pp. 15–23.
  2. ^ Gilpin, Robert (2005). "War is Too Important to Be Left to Ideological Amateurs". International Relations vol. 19, no. 1 5–18.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]