Rica-rica

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rica-rica
Sambal rica.JPG
Rica-rica
SajianHidangan utama
Tempat asalIndonesia
DaerahSulawesi Utara
Suhu penyajianHangat
Bahan utamaAyam, daging sapi, atau ikan laut dalam bumbu dengan cabai merah

Rica-Rica atau terkadang hanya disebut rica adalah jenis bumbu pedas yang ditemukan di masakan Manado dari Sulawesi Utara, Indonesia. Rica-Rica banyak menggunakan potongan cabai, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, jahe, garam, dan gula. Semua bahan-bahan tersebut dimasak denga minyak kelapa dan dicampur dengan daun jeruk, serai, dan air jeruk nipis.

Sejarahnya sampai bisa masuk dan terkenal di Jawa sepertinya bumbu ini mula--mula diperkenalkan pada zaman penjajahan Hindia Belanda oleh para prajurit KNIL asal Manado yang banyak berdinas di pulau Jawa. Dan dalam perkembangannya di Jawa masakan ini berubah jauh dari aslinya dan membentuk suatu rasa tersendiri yang khas Jawa.

Varian[sunting | sunting sumber]

Pada masakan Manado, hampir semua jenis daging, unggas, ikan air tawar dan ikan laut dapat dibuat menjadi masakan rica-rica hidangan, namun yang paling populer adalah ayam rica-rica.[1] Bahan utama lainnya yang biasa dimasak dengan bumbu rica-rica adalah bebek rica-rica, ikan mas rica-rica, sapi rica-rica, babi rica-rica, cakalang rica-rica, tude rica-rica, udang rica-rica, cumi rica-rica, kelinci rica-rica.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ayam Rica-Rica" (dalam bahasa Indonesian). Femina. Diakses tanggal April 1, 2014.