Republik Tagalog

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Republik Tagalog adalah negara yang digunakan untuk merujuk revolusioner di satu negara dan pertama didirikan 1876 sampai 1880 dan 1889 sampai 1897. Dan dipusatkan tidak diakui atau ditemukan sejak Bonifacio muncul menjadi Anggota dan M.Sakay.

     |1876-1880/1889-1897|

1897 Katipunan flag.png Map of Philippines (square).jpg


Lagu kebangsaan : Tagalogs

        πu¶k‡¥

Ibu kota : Manila

Pemerintahan : Monarki

Presidential revolusi : (Presiden) (1876-1880-1880-1882-1883-1886-1897)

Wakil Presidential revolusi : (Presiden) (1876-1878-1880-1881-1882-1884-1897)

Bahasa resmi : Tagalog ,Bali Katipunan

Digantikan oleh


Pemerintahan Militer Amerika Serikat di Kepulauan Filipina


Pemerintahan Insuler Palawan Pertama Pemerintahan Insuler Palawan Kedua Pemerintahan Militer Gantungan Mindanao dan Davau


Pemerintahan Dua Wakil di dalam Mindoro


Pemerintahan dalam Pengasingan Luzon Utara

Pendiri[sunting | sunting sumber]

Andan Furojate (1852-1901)


Andan Furojate adalah pendiri ke-1 Republik Tagalog, Dia memancarkan jabat paling pendek dari 1878-1880,1892-1893. Dia pensiun karena Kondisi untuk Acara Acsi Nojes:Gon in Phillipines 1894, Acsi Nojes adalah kawan atau pendukung revolusi di Tempatnya, Andan pernah menjadi presiden saat tahun 1889-1892 dan penanda pajak sudah dicatat oleh Mino Lanu dengan bentukan Partai Katagalugan disana.


Mino Lanu - Caluna


Mino Lanu adalah pendukung wakil presiden ke-1 Republik Tagalog yang tervalidiasisa. (1860-1942)

Caluna adalah pendukung wakil presiden ke-2 Republik Tagalog, pernah menjadi perdana menteri ke-540 Hindia Spanyol, dan menjadi revolusioner ke-1 Republik Tagalog sejak 1876-1877. (1864-1928)

Semuanya lahir di Manila.Kondisi perkumpulan di Rumah Sakit Manila 1 (diruntuhkan).

Semuanya meninggal di Serjona. Kondisi serangan jantung Caluna, Kondisi kecelakaan perjalanan kuda Mino Lanu, Kondisi napas terakhir Andan.

Status[sunting | sunting sumber]

Negara berdaulat (1876-1882,1889-1897) Sebagai negara berdaulat, Republik Tagalog menjadi negara diakui Dinasti Qing dan Dinasti Nguyen. Dan pernah menjadi diktator, kelas korwa, negara netral.


Negara berontak perang (1882-1885) Sebagai berontak perang, Tujuan Republik Tagalog memerdekakan lagi dari bajak laut terbesar sampai arus sekutu, sekutunya adalah Rusia.


Negara pejabat daulat (1885-1889) Sebagai pejabat daulat, Republik Tagalog mulai memerdekakan lagi, 2 negara Eropa mengakui, 3 negara Asia mengakui, mulai jadi pejabat daulat terbesar, di sampai Asia Timur.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Tahanan Filipina adalah Aca Nuf ialah tahanan membuat pemberontak sendiri, karena dia tidak keprimanusiaan, dan dipenjara tahun 1889 oleh Presiden.

Andres Bonifacio juga memperjuangkan kekelasan ditunjuki oleh Mino Lanu, Dan Andan Furojate mengatakan "ialah nusa bukan perti atau nurti dia sangat virtaan sekali" kepada Caluna menjanjikan untuk semua anggota.

Tembaga salam dibuat oleh Andan untuk tembok ruang pidato. Gelar pidato 1885 oleh Caluna dan Eva Ronac catat turangan dari created no rebel, dan dicari atau telusuri semua tantangan

Lagu nasional[sunting | sunting sumber]

Mara ndal ng Sola


Lagu kebangsaan ke-2


Toj senajaw


Lagu kebangsaan ke-3


Sef utoja faguzaro


Lagu kebangsaan ke-4

Andan meratakan lagu nasional abadi dari Katipunan untuk perjuangan toa waktu. Pada itu Macario Sakay sedang membuat stiraket di lirik lagunya, Sedangkan Andres Bonifacio menyuarakan piano dan gitar dalam cover belum dibuat.

Lagu kebangsaan[sunting | sunting sumber]

Tagalogs


Tagalogs adalah lagu kebangsaan Republik Tagalog ke-1 dibuat oleh Andan sejak bulan setengah. Dan Kuncinya adalah N major, Sepertinya dengan bahan musik violin pertamanya, Dan Faktanya ASN jerto, CG fana, semua kartu gitar 10 detik dibacakan, dan semua itu dengan instrumental.


Lirik

Javo na Bangu Mani... Ya bu fanz
Sedza xanucal, Bornean
Ca zaba Tu kabena!
Ca zaba opa calava nusu!
Rean rean, Rean emergean...
Xafun we banoja.., ando Nelazi
Cura nusoj Celon
Metro, cal tafa selona!
Tunja te nojon..
Ca zaba to galo
Ca zaba sena cu sozatop
Ca zaba abahnu sual
Eho... Nau zalon
Cada po taluna
Sepo then atupan
Tero nafuzkel.... Sepo, sepo, metro, sepo, metro....
Sat nuz nadoqo
Alln, buau zoanamah, Fanu!
Se llunaso Mel bu newo
Melas Un!!!, Melas Pan!!!
Jona de jurp..., Memelso ban
Cuta zaba noepan
Ca zaba deo nasu, Ca zaba nusan.
Mel bauz topjan
Tu noza Sefan, Funa!!
Topse ca alan
Ca zaba ba rozanal
Upal ne soja....
Yo Kanaza, Yo Nacu, Yo Sefan.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Istilah Tagalog mengacu pada kedua sebuah kelompok etno-linguistik di Filipina dan bahasa. Katagalugan bisa merujuk ke daerah sejarah Tagalog di pulau Luzon, bagian dari kepulauan Filipina.

Namun, masyarakat rahasia Katipunan memperpanjang arti istilah tersebut untuk semua warga pribumi di kepulauan Filipina. Masyarakat primer menjelaskan penggunaan dariTagalog dalam catatan kaki:

Revolusioner Carlos Ronquillo menulis dalam memoarnya:

Dalam hal ini, Katagalugan dapat diterjemahkan sebagai "bangsa Tagalog".

Andrés Bonifacio, anggota pendiri Katipunan dan kemudian kepala tertinggi nya (Supremo), mempromosikan penggunaan Katagalugan bagi bangsa Filipina. Istilah "Filipina" kemudian disediakan untuk orang-orang Spanyol yang lahir di pulau-pulau Filipina . Dengan menghindari "Filipina" dan "Filipinas" yang memiliki akar kolonial, Bonifacio dan para pengikutnya "berusaha untuk membentuk identitas nasional."

Republik Tagalog dibawah kekuasaan Bonifacio[sunting | sunting sumber]

Bangsa Tagalog Berdaulat

Haring Bayang Katagalugan
1896–1897
Bendera Republik Tagalog
StatusNegara yang tidak diakui
PemerintahanRepublik
Presiden 
Era SejarahRevolusi Filipina
• Didirikan
Augustus 1896
• Dibubarkan
1897
Didahului oleh
Hindia Timur Spanyol

Republik ini didirikan setelah pecahnya Revolusi Filipina tahun 1896 dan diketahuinya Katipunan oleh Andrés Bonifacio dan dianggap sebagai pemerintahan bayangan di Filipina. Katipunan dianggap lebih daripada sebuah masyarakat revolusioner rahasia, dan maksud Bonifacio adalah membuat Katipunan mengatur seluruh wilayah Filipina setelah penggulingan kekuasaan Spanyol

"Presidente" di Bonifacio La Ilustración Española y Americana, 8 Februari 1897

Satu nama untuk konsep Bonifacio tentang negara-bangsa Filipina muncul dalam Dokumen Katipunan: Haring Bayang Katagalugan ("Bangsa Berdaulat Katagalugan") - kadang-kadang disingkat menjadi Haring Bayan ("Bangsa Berdaulat"). Bayang dapat diterjemahkan sebagai "bangsa" atau "orang". Bonifacio disebut sebagai presiden "Republik Tagalog" dalam edisi majalah Spanyol La Ilustración Española y Americana diterbitkan pada Februari 1897 (judul artikel: "Andrés Bonifacio - Titulado" Presidente "de la República Tagala" ). Nama lain bagi pemerintah Bonifacio adalah Republika ng Katagalugan (bentuk lain dari "Republik Tagalog ") yang dibuktikan dengan gambar segel pemberontak diterbitkan dalam berkala yang sama bulan depan. Surat resmi dan satu kertas penunjukan Bonifacio ditujukan kepada Emilio Jacinto mengungkapkan berbagai judul Bonifacio dan sebutan nya, sebagai berikut:

  • Presiden Dewan Tertinggi
  • Presiden Supreme
  • Presiden Bangsa Berdaulat Katagalugan
  • Presiden Bangsa Berdaulat, Pendiri Katipunan, Inisiator Revolusi
  • Kantor Presiden Agung, Pemerintahan Revolusi

Perebutan kekuasaan pada tahun 1897 di Cavite menyebabkan pemerintahan revolusi beralih ke Emilio Aguinaldo di Konvensi Tejeros, di mana pemerintahan baru dibentuk. Bonifacio dieksekusi setelah ia menolak untuk mengakui pemerintah baru. Aguinaldo-menuju Republik Filipina (bahasa Spanyol: República Filipina ), biasanya dianggap sebagai "Republik Filipina Pertama", secara resmi didirikan pada tahun 1899, hasil kelanjutan pemerintah revolusioner dan diktator (mis. Pemerintah Tejeros, juga Republik Biak-na Bato) yang dipimpin oleh Aguinaldo.

Pemimpin negara ini diuraikan dalam tabel berikut.

Position Name
Presiden /Supremo Andrés Bonifacio
Sekretaris Dalam Negeri Aguedo del Rosario
Sekertaris Negara Emilio Jacinto
Sekertaris Kehakiman Briccio Pantas
Sekretaris keuangaan Enrique Pacheco.

Republik Tagalog dibawah kekuasaan Macario Sakay[sunting | sunting sumber]

Republik Tagalog

Republika ng Katagalugan
1902–1906
Bendera Republik Tagalog
StatusNegara yang tidak diakui
PemerintahanRepublik
Presiden 
• 1902-1906
Macario Sakay
Wakil Presiden 
• 1902-1906
Francisco Carreón
Era SejarahPerang Filipina-Amerika
• Didirikan
1902
• Penangkapan Macario Sakay
14 Juli 1906
Didahului oleh
Digantikan oleh
Pemerintahan Militer Amerika Serikat di Kepulauan Filipina
Pemerintahan Insuler Amerika Serikat di Filipina

Republik ini didirikan oleh seorang veteran Katipunan bernama Macario Sakay. Republik ini didirikan di Pegunungan Dimasalang, yaitu di wilayah provinsi Rizal sekarang. Macario Sakay sendiri memerintah republik ini sebagai presiden, dengan wakil presidennya adalah Fransisco Carreón. Pada tahun 1904, Sakay mengeluarkan manifesto yang berisi bahwa Filipina berhak menentukan nasibnya sendiri. Namun, manifesto ini dianggap suatu kejahatan bagi pasukan pendudukan Amerika Serikat di Filipina. Pada tahun 1906, republik ini runtuh setelah pasukan pendudukan Amerika Serikat menangkap Macario Sakay beserta sejumlah pengikutnya.

Pemimpin negara ini diuraikan dalam tabel berikut.

Posisi Nama
Presiden Macario Sakay
Wakil Presiden Francisco Carreón
Menteri Perang Domingo Moriones
Menteri Pemerintahan Alejandro Santiago
Menteri Negara Nicolas Rivera

Referensi[sunting | sunting sumber]