Rengel, Tuban

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Rengel
Kecamatan
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Timur
KabupatenTuban
Desa/kelurahan17 desa

Rengel adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Gua Ngerong di Rengel

Wilayah Kecamatan Rengel bagian timur berbatasan dengan Kecamatan Plumpang, sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Soko, sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Grabagan dan sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro yang dibatasi dengan Bengawan Solo.

Pembagian administrasi[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Rengel terdiri atas 17 desa:

  1. Banjaragung
  2. Banjararum
  3. Bulurejo
  4. Campurejo
  5. Goreng
  6. Kanorejo
  7. Karangtinoto
  8. Kebonagung
  9. Maibit
  10. Ngadirejo
  11. Pekuwon
  12. Prambonwetan
  13. Punggulrejo
  14. Rengel
  15. Sawahan
  16. Sumberejo
  17. Tambakrejo

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Asal usul nama Rengel yang sebagian orang diartikan dari kata ereng-ereng (atau tebing) dan angel (artinya susah).[butuh rujukan] Ini dilihat dari kontur atau kondisi daerah Rengel yang memang berada di bawah bukit kapur. Sebelum Kecamatan Rengel dipecah menjadi 2 bagian yang satunya menjadi Kecamatan Grabagan, wilayah Kecamatan Rengel banyak bagian yang terdiri dari perbukitan batu kapur yang membentang dari arah barat berbatasan dengan Kecamatan Soko dan ke timur berbatasan dengan Kecamatan Plumpang dan utara berbatasan dengan Kecamatan Semanding.

Wisata[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Rengel memiliki beberapa objek wisata yang sudah terkenal, antara lain Goa Ngerong di mana terdapat ribuan ekor ikan yang jinak, masyarakat sekitar percaya bahwa ikan ikan ini dipelihara oleh danyang (penguasa) Desa Rengel sehingga masyarakat tidak ada yang berani mengambilnya. Selain ikan hidup pula ribuan ekor kelelawar pemakan buah (codot) yang hidup di dalam gua di mana di dalamnya dialiri sungai kecil yang jernih, ada juga Bumi Perkemahan Sendang Maibit di mana lokasi ini sering dijadikan acara jambore pramuka karena letaknya yang berada di bawah kaki perbukitan sehingga menambah keeksotikannnya. Pemandian Sendang Beron, Jurang Pencit yang sekarang masih dihuni ribuan ekor monyet ekor panjang cocok untuk track hekking. BST stasiun TVRI di mana ini adalah puncak tertinggi dari Kabupaten Tuban, dan Sendang Lohgawe yang terkenal akan penghasil ikan air tawar.[butuh rujukan]

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Masyarakat Rengel mayoritas bermata pencaharian sebagai petani dan berdagang, sebab pasar Desa Rengel adalah salah satu pasar terbesar dan teramai di Kapupaten Tuban. Di daerah ini juga banyak sekali tambang batu kapur atau lebih terkenal dengan sebutan batu kumbung (bata putih). Kecamatan Rengel juga terkenal akan sentra penghasil sarang burung walet yang berkualitas, ini dibuktikan dengan banyaknya bangunan tinggi (mirip gedung perkotaan) untuk menjadi rumah bagi burung walet.

Komunitas[sunting | sunting sumber]

Untuk memberikan wadah bagi penyaluran hobi dan bakat pemuda Rengel, telah tumbuh beberapa komunitas kepemudaan, baik olah raga & musik. Seperti komunitas pecinta olahraga otomotif, ada Traco yang menjadi sarana pencinta dan penghobi motor trail. Ada pula Pastugel yang menjadi tempat berkumpulnya para penggila sepeda tua, juga band musik reggae, yaitu The Power Rengel.[butuh rujukan]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Fasilitas pendidikan di kecamatan ini antara lain SDN 1 Renge;, SDN 2 Rengel, SMAN 1 Rengel, Madrasah Aliyah Negeri Rengel, SMKN 1 Rengel, SMPN 1 Rengel, dan SMPN 2 Rengel.