Rayuan Pulau Kelapa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Rayuan Pulau Kelapa adalah lagu Indonesia yang ditulis oleh Ismail Marzuki (1914-1958). Lirik lagu ini berisi tentang keindahan alam Indonesia, seperti flora, kepulauan, dan pantainya.

Lagu ini adalah favorit nostalgia di kalangan ekspatriat Indonesia, terutama mereka yang meninggalkan negara itu untuk Belanda pada 1940-an dan 1950-an, setelah kemerdekaan.[1] Di era pra-demokrasi tepatnya di bawah pemerintah Presiden Suharto, jaringan televisi TVRI nasional memainkan lagu itu sebagai lagu penutup setiap malam.[2] Pada tahun 2014, stasiun TV tersebut sempat kembali menggunakan lagu ini di closedown (menggantikan Bagimu Negeri oleh Kusbini), namun sekarang tidak digunakan lagi. Ini juga digunakan di closedown pada Indosiar, Trans7 dan Rajawali Televisi.

Rekaman lagu oleh Gordon Tobing populer di USSR pada 1950-an.[3] Lagu itu sangat populer di kalangan orang Rusia, diaransemen oleh Komposer Soviet Vitaly Geviksman dan dibawakan dalam bahasa Rusia oleh penyanyi Maya Golovnya (teks Rusia oleh V. Korchagin.[4]

Lirik

Tanah Airku Indonesia
Negeri Elok Amat Ku Cinta
Tanah Tumpah Darahku Yang Mulia
Yang Ku Puja Sepanjang Masa
Tanah Airku Aman dan Makmur
Pulau Kelapa Yang Amat Subur
Pulau Melati Pujaan Bangsa
Sejak Dulu Kala

refrain

Melambai Lambai
Nyiur Di Pantai
Berbisik Bisik
Raja Kelana
Memuja Pulau
Nan Indah Permai
Tanah Airku
Indonesia

Lihat pula

Referensi

  1. ^ "Indonesian World of radio". Diakses tanggal 25 januari 2020. 
  2. ^ "Lagu patriotik indonesia" (PDF). Sejarah lagu rayuan pulau kelapa. Diakses tanggal 25 januari 2020. 
  3. ^ LINDSAY, JENNIFER (2012-02-28). HEIRS TO WORLD CULTURE: BEING INDONESIAN, 19 (dalam bahasa Inggris). HAWAII University Press. ISBN 978-90-6718-379-6. 
  4. ^ Rayuan Pulau Kelapa // Погадаев, В. Малайский мир (Бруней, Индонезия, Малайзия, Сингапур). Лингвострановедческий словарь (Malay World. Brunei, Indonesia, Malaysia, Singapore. Lingua-Cultural Dictionary). М.:"Восточная книга", 2012, с.548