Rantau Pulung, Kutai Timur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Rantau Pulung
Kantor camat Rantau Pulung
Kantor kecamatan Rantau Pulung
Negara Indonesia
ProvinsiKalimantan Timur
KabupatenKutai Timur
Pemerintahan
 • Camat...
Populasi
 • Total6,982 jiwa (2.010) jiwa
Kode Kemendagri64.08.14 Edit the value on Wikidata
Luas... km²
Desa/kelurahan8/-

Rantau Pulung adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Kecamatan ini dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kutai Timur Nomor 12 Tahun 2005 tentang Pembentukan Kecamatan Sangatta Selatan, Kecamatan Teluk Pandan, Kecamatan Rantau Pulung, Kecamatan Kaubun, Kecamatan Karangan, Kecamatan Batu Ampar dan Long Mesangat dalam wilayah Kabupaten Kutai Timur.

Kecamatan Rantau Pulung merupakan kecamatan pemekaran dari Kecamatan Sangatta berdiri pada tanggal 31 Oktober tahun 2005 dengan ibu kotanya terletak di desa Kebon Agung, dimana Kecamatan Rantau Pulung terdiri dari 9 ( Sembilan ) Desa yaitu:

1. Pulung Sari

2. Margomulyo

3. Mukti Jaya

4. Rantau Makmur

5. Manunggal Jaya

6. Tanjung Labu

7. Kebon Agung

8. Tepian Makmur

9. Desa Masalap Raya

Desa Masalap Raya sendiri merupakan desa termuda yang baru saja dimekarkan berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kutai Timur Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Desa Batu Timbau Ulu, Desa Manubar Dalam, Desa Susuk Tengah, Desa Keryanyan, Desa Teluk baru dan Desa Masalap Raya.

           Secara geografis Kecamatan Rantau Pulung   terletak pada kedudukan 117°10’00”BT - 171°50’00”BT dan 02°31’00” LS - 0°01’00”LU, atau pada titik koordinat N 00 ̊37’21.3”  E 117 ̊17’16.9” dengan batas wilayah sebagai berikut:
Ø Sebelah Utara : Berbatasan dengan Kecamatan Bengalon.
Ø Sebelah Selatan : Berbatasan dengan Kecamatan Sangatta Utara.
Ø Sebelah Timur : Berbatasan dengan Kecamatan Sangatta Utara.
Ø Sebelah Barat : Berbatasan dengan Kecamatan Batu Ampar.

Kecamatan Rantau Pulung memiliki luas wilayah 16.915,04 Ha. Kecamatan Rantau Pulung terdiri dari 9 (sembilan) Desa, nama Desa dan prakiraan luas wilayah dapat dilihat pada tabel berikut ini:

           Dengan jarak orbitrasi ke Sangatta  Ibu kota Kabupaten Kutai Timur sejauh 45 Kilometer dan jarak ke Samarinda Ibu kota Provinsi Kalimantan Timur sejauh 225 Kilometer melalui jalan Negara, maka Kecamatan Rantau Pulung tetap menginginkan pelayanan terdepan kepada masyarakat serta menjamin iklim kondusif bagi perusahaan atau masyarakat yang akan membuka usaha dan berinvestasi di Kecamatan Rantau Pulung.

Tabel 1. Nama Desa dan Luas Wilayah

No. Desa Luas Wilayah (Ha)
1. Pulung Sari 1,827.15
2. Margomulyo 1,807
3. Mukti Jaya 1,750
4. Rantau Makmur 2,568
5. Manunggal Jaya 1,700
6. Tanjung Labu 3,750
7. Kebon Agung 1,200
8. Tepian Makmur 1,521.89
9. Masalap Raya 791
Jumlah 16,915.04

Sumber: Bagian Pemerintahan Kecamatan Rantau Pulung

Dalam perkembangannya, permasalahan batas wilayah antar Desa saat ini sedang dalam proses penyelesaian dan penetapan batas wilayah yang akan di tetapkan oleh Bupati Kutai Timur. Diharapkan dengan selesainya batas antar wilayah Desa tersebut menjamin kepastian hukum bagi masyarakat serta memberikan kemudahan dalam administrasi pertanahan di Kecamatan Rantau Pulung.

1.2. Keadaan Iklim/Suhu

           Kecamatan Rantau Pulung beriklim hutan tropika humida dengan suhu rata-rata 26 oC, dimana perbedaan suhu terendah dengan suhu tertinggi mencapai 5 - 7 oC,  jumlah curah hujan antara 2.000 - 4.000 mm/tahun, dengan jumlah hari hujan  rata-rata adalah 130 - 150 hari/tahun.
           Wilayah Rantau Pulung beriklim tropis dan terasa panas. Cuaca tersebut dipengaruhi oleh adanya angin laut yang berasal dari selat makasar, selain itu pembukaan wilayah hutan secara besar-besaran dan penebangan liar membuat kemampuan tanah dalam menyerap air hujan sangat memprihatinkan. Sehingga bila terjadi hujan dalam kurun waktu lama, tidak jarang sebagian wilayah di Rantau Pulung ada yang terendam banjir

1.3 Jenis Tanah

Jenis tanah yang terdapat di wliayah Rantau Pulung umumnya terdiri atas tanah kambisol dan podsolik, dimana kedua jenis tanah ini masih dapat dipilah menjadi 3 bagian yaitu podsolik ortosik, podsolik kromik dan kambisol distrik. Jenis tanah seperti ini juga menjadi kendala yang amat besar dalam transportasi darat bila terjadi hujan.

           Keadaan tanah di Kecamatan Rantau Pulung cukup subur untuk ditanami tanaman tegalan dan perkebunan. Karena tipe tanah podsolik merah kuning memiliki kandungan unsure hara yang cukup untuk jenis tanaman tertentu. PH keasaman tanah masih 4-5,5 masih cukup basa sehingga diperlukan tambahan zat kapur untuk menjadi tanah lebih layak untuk di Tanami.

1.4. Topografi

Ketinggian wilayah Rantau Pulung 50-200 MDPL serta curah hujan antara 1600–3000 mm/tahun. Suhu rata-rata tahunan Rantau Pulung adalah 26 C. dengan kondisi cuaca seperti demikian, maka wilayah Rantau Pulung merupakan pengembangan wilayah yang potensial untuk tanaman semusim (padi/palawija), holtikultura / buah-buahan seperti jeruk, rambutan, durian, dll.

Berdasarkan studi report dan pengkajian dilapangan, diperoleh uraian kemiringan lahan di Rantau Pulung yang sangat bervariasi, dari dataran sampai berbukit. Topografi Kecamatan Rantau Pulung umumnya adalah dataran luas dimana beberapa desa seperti Desa Mukti Jaya, Desa Rantau Makmur, Desa Pulung Sari dan Desa Margo Mulyo yang sangat cocok untuk pengembangan padi sawah, serta beberapa wilayah merupakan perbukitan kecil seperti desa tanjung labu, Desa Kebon Agung, dan Desa Tepian Makmur. Kondisi topografi yang berbeda-beda ini dapat dijadikan sebagai alternatif jenis tanaman yang cocok ditanam diberbagai wilayah Kecamatan Rantau Pulung.

BAB II

DEMOGRAFI

2.1. Kependudukan

Penduduk merupakan pelaku sekaligus sasaran pembangunan. Sehingga data penduduk merupakan data pokok yang perlu diketahui karakteristiknya (kuantitas, distribusi, komposisi dan kualitas) untuk mengetahui potensi maupun kebutuhan yang diperlukan dalam rangka menuju subyek yang berkualitas. Perkembangan jumlah penduduk Kecamatan Rantau Pulung dari tahun ke tahun cenderung mengalami peningkatan. Jumlah penduduk pada tahun 2016 tercatat 9.963 jiwa dengan Jumlah Kepala Keluarga 2.658 KK dan pada bulan Juli tahun 2017, berdasarkan Laporan Bulanan Pemerintah Desa kepada Camat Rantau Pulung jumlah penduduk telah mencapai 10.137 jiwa dengan Jumlah Kepala Keluarga 3.274 KK.

Dari kurun waktu tersebut penduduk Kecamatan Rantau Pulung bertambah 174 orang dalam kurun waktu 6 (Enam) bulan terakhir. Laju pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi tidak sepenuhnya disebabkan oleh faktor alamiah yaitu selisih angka kelahiran dan kematian, namun dipengaruhi oleh faktor migrasi dari luar daerah. Hal ini sangat dipengaruhi adanya sektor perkebunan kelapa sawit dan perdagangan yang merupakan sasaran orang luar daerah untuk datang mencari penghidupan dan mengadu nasib dengan harapan dapat mencari penghidupan yang baik dibandingkan tempat asalnya. Dan jika dihitung rata-rata tingkat kepadatan penduduk di Kecamatan Rantau Pulung pada tahun 2017 ini terhitung masih jarang dan tercatat hanya 60 orang/km2.

Untuk komposisi penduduk per bulan Juli tahun 2017, jumlah Laki-laki adalah 5.311 jiwa lebih banyak dari Perempuan 4.827 yang mengalami jumlah lebih banyak dari tahun 2016 sebelumnya.

Tabel 2 Jumlah Penduduk Kecamatan Rantau Pulung

Menurut Desa Tahun 2016 - 2017 (jiwa)

Desa 2016 2017
1. Pulung Sari 789 824
2. Margomulyo 706 726
3. Mukti Jaya 2.899 1.821
4. Rantau Makmur 1.333 1.295
5. Manunggal Jaya 1.239 1.251
6. Tanjung Labu 671 710
7. Kebon Agung 1.062 1.042
8. Tepian Makmur 1.264 1.445
9. Masalap Raya - 1.023
Jumlah 9.963 10.137

Sumber: Seksi Pemerintahan Kantor Camat Rantau Pulung

Tabel 3 Jumlah Penduduk Menurut Jenis Kelamin

No. Sumber Jumlah Penduduk (jiwa)
2016 2017
L P L P
1. Seksi TATA PEMERINTAHAN 5424 4539 5.311 4.827

Sumber: Seksi Pemerintahan Kecamatan Rantau Pulung

Kesadaran yang semakin tinggi akan pentingnya pendidikan sebagai bekal hidup, berdampak pula pada struktur pendidikan penduduk terakhir di Kecamatan Rantau Pulung.Dari tahun ke tahun menunjukkan pergeseran ke arah yang lebih baik, dari tingkat pendidikan yang rendah menuju ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi, hal tersebut terlihat bahwa presentase tingkat pendidikan SLTA dan SLTA ke atas meningkat.

2.2. Ketenagakerjaan

Kelompok penduduk berumur 15 tahun ke atas merupakan kelompok penduduk yang potensial secara ekonomi, sehingga disebut Penduduk Usia Kerja (PUK). Kelompok ini terdiri atas Angkatan Kerja (Labour Force) dan Bukan Angkatan Kerja. Angkatan Kerja meliputi penduduk yang bekerja dan mencari pekerjaan, sedangkan yang termasuk Bukan Angkatan Kerja terdiri atas penduduk sekolah, mengurus rumah tangga, dan lainnya.

Perbandingan jumlah angkatan kerja terhadap penduduk usia kerja disebut Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK). TPAK dipengaruhi oleh beberapa faktor demografis, sosial dan ekonomis. Faktor-faktor itu antara lain: umur, status perkawinan, tingkat pendidikan dan daerah tempat tinggal (perkotaan/pedesaan). Secara umum, apabila tingginya TPAK dikarenakan tingginya penduduk yang bekerja maka TPAK tersebut menunjukkan kinerja partisipasi angkatan kerja yang baik. Namun bila tingginya TPAK diiringi dengan rendahnya tingkat kesempatan kerja, hal ini cukup mengkhawatirkan karena penduduk yang mencari pekerjaan meningkat yang nantinya memicu tingginya angka pengangguran.

Kondisi tersebut dapat menjelaskan bawah strukur ekonomi masyarakat Kecamatan Rantau Pulung sudah mulai meningkat seiring dengan meningkatnya lapangan usaha/kerja penduduk. Semakin kecilnya TPT tersebut menunjukkan bahwa jumlah pengangguran di Kecamatan Rantau Pulung sudah mulai mengecil. Namun demikian, secara garis besar TPAK Kecamatan Rantau Pulung masih relatif rendah, hal ini sebagai dampak adanya program pemerintah tentang pendidikan yang mewajibkan penduduk usia sekolah untuk melanjutkan pendidikan yang lebih baik.

Tabel 4 Jumlah Penduduk menurut Rentang Umur tahun 2017

No Nama Desa Usia 0-15 Usia 16-60 Usia 60 keatas
1 Pulung Sari 219 683 68
2 Margomulyo 238 445 30
3 Mukti Jaya 537 1291 57
4 Rantau Makmur 342 777 84
5 Manunggal Jaya 104 1,059 75
6 Tanjung Labu 212 496 9
7 Kebon Agung 428 562 46
8 Tepian Makmur 447 993
9 Masalap Raya 355 635 33
Jumlah 2,882 6,941 402

Sumber: Seksi Pemerintahan Kecamatan Rantau Pulung

2.3 Jumlah Penduduk Menurut Agama

Kehidupan masyarakat Indonesia yang homogen didukung dengan kekayaan akan sumber daya alam dan keragaman kebudayaan/adat istiadat serta agama. Khusus dalam kehidupan beragama di negara Indonesia telah diatur pada UUD 1945 pasal 29 dan butir-butir Pancasila sila pertama, yang menjamin kebebasan penduduk memeluk suatu agama dan menjalankan ibadah keagamaan sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. Kehidupan beragama senantiasa dibina dengan tujuan untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang serasi, seimbang, dan selaras yang diharapkan dapat mengatasi berbagai masalah sosial budaya sebagai dampak dari globalisasi dunia dewasa ini, yang mungkin dapat merusak mental bangsa dan menghambat kemajuan, di samping untuk membina kerukunan hidup antar umat beragama.

Perkembangan jumlah pemeluk agama di Kecamatan Rantau Pulung hingga tahun 2017 menunjukkan arah positif.

Tabel 5 Pemeluk Agama Menurut Golongan Agama

di Kecamatan Rantau Pulung 2017 (orang)

No Nama Desa Islam Kristen Khatolik Hindu Budha Jumlah Agama
1 Pulung Sari 792 19 7 0 0 818
2 Margomulyo 725 4 5 0 0 734
3 Mukti Jaya 1707 101 77 0 0 1885
4 Rantau Makmur 1222 30 24 1276
5 Manunggal Jaya 925 256 57 0 0 1238
6 Tanjung Labu 0
7 Kebon Agung 0
8 Tepian Makmur 0
9 Masalap Raya 916 67 40 0 0 818
Jumlah 6,287 477 210 - - 4759

Sumber: Seksi Pemerintahan Kecamatan Rantau Pulung

Seiring dengan perkembangan jumlah pemeluk agama di Kecamatan Rantau Pulung, perkembangan jumlah rumah ibadah dari tahun ke tahun juga terus berkembang. Pada tahun 2017, jumlah mesjid di Kecamatan Rantau Pulung tercatat sebanyak 16 buah, langgar/mushola sebanyak 31 buah. Untuk tempat ibadah lainnya, seperti gereja khatolik/kapel dan protestan pada tahun 2017 tercatat sebanyak 9 buah, dan pura/kuil/sanggah sebanyak 1 buah.

Tabel 6 Tempat Ibadah Di Kecamatan Rantau Pulung Tahun 2017

Tempat Ibadah 2017
Mesjid 16
Langgar/ Mushola 31
Gereja Katholik/Kapel 4
Gereja Protestan 5
Pura/Kuil/Sanggah 1
Vihara/ Cetya/Klenteng 0
Jumlah 57

Sumber: Seksi Kesejahteraan Sosial Kecamatan Rantau Pulung

Sebagaimana wilayah eks pemukiman Transmigrasi yang ada di Indonesia, wilayah Kecamatan Rantau Pulung juga di tinggali penduduk dengan berbagai macam suku dan agama. Keberagaman suku dan adat ini merupakan salah satu wujud ke Bhineka Tunggal Ika sebagai mana yang tercantum dalam Idiologi Negara Pancasila. Karena sebagian penduduk eks Transmigrasi di eks UPT Rantau Pulung sendiri sebagian besar dari suku Jawa dengan jumlah mayoritas 5.008 jiwa atau hampir 51 % dari jumlah Penduduk Rantau Pulung saat ini yang tersebar di hampir seluruh Desa, disusul kemudian Suku Timor mencapai 1.000 orang dengan konsentrasi terbesar bermukim di wilayah Desa Tanjung Labu.

Tabel 7 Data Penduduk menurut Suku pada tahun 2017

No Nama Desa Jawa Bugis Sunda Banjar Kutai Makassar Dayak Tator Timor madura Lombok Batak Sasak Bali Manado Lainnya
1 Pulung Sari 460 42 11 15 7 3 2 0 8 0 159 0 27 0 0 0
2 Margomulyo 462 17 166 10 17 4 4 0 6 11 0 0 0 0 1 18
3 Mukti Jaya 771 250 103 20 16 437 3 15 144 11 25 0 0 0 16 9
4 Rantau Makmur 642 237 208 73 60 0 3 0 18 0 0 0 9 0 0 10
5 Manunggal Jaya 688 0 74 76 22 0 2 0 299 41 0 1 0 0 4 0
6 Tanjung Labu 251 22 30 0 0 0 0 1 370 0 0 9 0 0 0 0
7 Kebon Agung 715 43 59 34 10 64 3 12 7 13 0 0 76 0 7 0
8 Tepian Makmur 643 87 67 11 7 24 2 0 101 14 0 19 372 50 1 28
9 Masalap Raya 376 141 173 59 15 101 7 40 47 0 0 18 0 0 6 23
Total 5,008 839 891 298 154 633 26 68 1,000 90 184 47 484 50 35 88

Sumber: Seksi Pemerintahan Kantor Camat Rantau Pulung

2.4 Keluarga Miskin

           Saat ini keluarga miskin atau Rumah Tangga Miskin (RTM) yang saat ini dikenal sebagai Keluarga Penerima Manfaat menerima PKH. PKH merupakan singkatan dari Program Keluarga Harapan, yaitu program perlindungan sosial melalui pemberian uang non tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) yang memiliki ibu hamil/nifas/menyusui, dan/atau memiliki anak balita atau anak usia 5-7 tahun yang belum masuk pendidikan SD, dan/atau memiliki anak usia SD dan/atau SMP dan/atau anak usia 15-18 tahun yang belum menyelesaikan pendidikan dasar. Peserta PKH akan menerima bantuan apabila menyekolahkan anaknya dengan tingkat kehadiran tertentu, memeriksakan kesehatan dan/atau memperhatikan kecukupan gizi dan pola hidup sehat anak dan ibu hamil. Program semacam ini secara internasional dikenal sebagai Program Conditional Cash Transfers atau Program Bantuan Tunai Bersyarat.

Bantuan tetap kepada Peserta PKH sebesar Rp. 500.000/tahun (tidak diperuntukkan bagi penyandang disabilitas berat dan lanjut usia). Untuk Peserta PKH yang memiliki anak dibawah 6 tahun dan/atau ibu hamil/nifas/menyusui, bantuan tambahan yang diterima adalah sebesar Rp. 1.200.000/tahun. Kemudian, bagi Peserta PKH yang memiliki anak peserta pendidikan setara SD/MI akan memperoleh tambahan bantuan sebesar Rp. 450.000/tahun, bagi Peserta PKH yang memiliki anak peserta pendidikan setara SMP/MTs akan memperoleh bantuan sebesar Rp. 750.000/tahun dan bagi Peserta PKH yang memiliki anak peserta pendidikan setara SMA/MA/sederajat akan memperoleh bantuan sebesar Rp. 1.000.000/tahun. Bagi penerima bantuan penyandang disabilitas berat akan memperoleh 3.600.000/Tahun, dan bagi penerima bantuan lanjut usia di atas 70 tahun akan memperoleh 3.600.000/Tahun.

Tabel 8. Data Keluarga Penerima Manfaat PKH Kecamatan Rantau Pulung tahun 2017

No Nama Desa Jumlah KK Jumlah KPM Jumlah PKH
1 Pulung Sari 234 63 18
2 Margomulyo 215 25 28
3 Mukti Jaya 468 142 20
4 Rantau Makmur 400 58 20
5 Manunggal Jaya 322 89 41
6 Tanjung Labu 182 46 30
7 Kebon Agung 272 30 38
8 Tepian Makmur 382 191 38
9 Masalap Raya 285 89 19
Jumlah 2760 733 252

Sumber: Seksi Kessos Kantor Camat Rantau Pulung tahun 2017

Usaha Kecil Menengah yang ada di Kecamatan Rantau Pulung

Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah salah satu motor penggerak perekonomian di negara kita, bahkan menurut informasi yang saya baca di berbagai media informasi, Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan ‘tulang punggung’ perekonomian di Indonesia. Usaha kecil menengah (UKM) yang ada di negara kita ini menyumbang sekitar 60% dari PDB (Product Domestic Bruto) dan juga memberikan kesempatan kerja pada banyak masyarakat kita. Jadi, bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) di Indonesia akan terus berkembang dan memberikan peluang usaha bagi mereka yang menyukai dunia wirausaha.

Di Kecamatan Rantau Pulung sendiri Usaha Kecil Menengah merupakan sektor usaha yang masih memerlukan pembinaan, dalam prakteknya bentuk pembinaan Pemerintah Daerah terhadap usaha kecil menengah berupa pembinaan pengembangan usaha LKM (Lembaga Keuangan Mikro) dan KUB (Kelompok Usaha Bersama) yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi dan UKM.

Berikut adalah data-data usaha kecil menengah yang membuka usaha di seluruh Desa yang ada di Kecamatan Rantau Pulung.

1. Warung Kelontong

NO NAMA USAHA ALAMAT NAMA PEMILIK
1 BLITAR Blok C RT.02 Desa Pulung sari Rohim
2 Blok H RT.07 Desa Pulung Sari Wingko
3 MANDIRI JAYA Blok C RT.04 Desa Mukti Jaya Sudikan
4 FA'ADIL Blok C RT.04 Desa Mukti Jaya Sugiyanto
5 YONO Blok H Desa Masalap Raya Suyono
6 SAM Blok I Desa Masalap Raya Sam
7 Blok G RT.16 Desa Rantau Makmur Suwardi
8 Blok C RT.06 Desa Rantau Makmur Mattal
9 RT.02 Desa Tepian Makmur Banjir Said
10 RT.05 Desa Tepian Makmur Armadi Puloan
11 RT.11 Desa Tepian Makmur Bairi
12 Jl. Natuna RT.04 Desa Tanjung Labu Sutiyo
13 SUMBER JAYA MOTOR Jalur 7 RT.13 Desa Kebon Agung Selamet Rahmanto
14 Bengkel Suwandi Jalur 7 RT.13 Desa Kebon Agung Suwandi
15 NAUVAL Jalur 7 RT.13 Desa Kebon Agung Ujang
16 Jl. Poros RT.08 Desa Kebon Agung Maslikan
17 Jl. Poros RT.08 Desa Kebon Agung Darno
18 Jalan SP 5 RT.13 Desa Kebon Agung Amat
19 Wajo Motor RT.13 Desa Kebon Agung Adiyanto
20 RT.08 Desa Kebon Agung Kirman
21 Blok A Desa Manunggal Jaya Kasimin
22 Blok A Desa Manunggal Jaya Purnandar Dafit
23 Blok G Desa Manunggal Jaya Muhammad Zaini
24 Blok G Desa Manunggal Jaya Iwan Darmawan
25 Blok K Desa Manunggal Jaya Sujito

2. Rumah Makan/Kuliner

NO NAMA USAHA ALAMAT NAMA PEMILIK
1 CDJW Blok B RT.02 Desa Pulung Sari Suparno
2 BAKSO Blok I RT.08 Desa Pulung Sari Suwarni
3 SALWA CAKE Blok D RT.04 Desa Margomulyo Sampurno
4 Blok D RT.04 Desa Margomulyo Sugiman
5 Blok G RT.02 Desa Margomulyo Sriani
6 Blok F RT.01 Margomulyo Herman
7 LAMONGAN Blok H RT.07 Desa Mukti Jaya Ruwati
8 SEGIRI INDAH Blok F RT.14 Mukti Jaya Tahir Palaguna
9 PUTRA KEMBAR DUA Blok F RT.14 Mukti Jaya Eko Siswoyo
10 EKA CAKE Blok F RT.14 Mukti Jaya Eka Nurjanah
11 ARSENA Blok F RT.14 Mukti Jaya Hariyanto
12 Blok A Manunggal Jaya Ma'ruf
13 Blok M Manunggal Jaya Jasman
14 PRASTIYO Blok A Manunggal Jaya Prastiyo
15 Jl. Bali RT.02 Tanjung Labu SUMIATI
16 Jl. Jawa RT.04 Tanjung Labu SAMIRAH
17 PAGAMI Jl. Poros RT.13 Kebon Agung Sameni
18 GANGSAR Jalur 7 RT.13 Kebon Agung Taroji
19 SUMBER REZEKI Jalur 7 RT.13 Kebon Agung Eko/Ayu
20 RM. SEDERHANA / AREMA Jl. Poros RT.05 Kebon Agung Sakri
21 RT.11 Tepian Makmur HARTO

3. Warung / Toko Sembako

NO NAMA USAHA ALAMAT NAMA PEMILIK
1 MBA TI Blok E RT.03 Desa Pulung Sari Wiyanto
2 Blok I RT.08 Desa Pulung Sari Nurjanah
3 AROK Blok H RT.07 Desa Pulung Sari Ayok Aditomo
4 Blok H RT.07 Desa Pulung Sari Siti Romlah
5 Blok I RT.08 Desa Pulung Sari Susi Susanti
6 Blok I RT.08 Desa Pulung Sari Samsul Haidi
7 Blok I RT.08 Desa Pulung Sari Halimah
8 Blok C RT.02 Desa Pulung Sari Bambang
9 Blok C RT.02 Desa Pulung Sari Solikah
10 Blok A RT.01 Desa Pulung Sari Sujiah
11 Blok D RT.04 Desa Margomulyo Sumiyem
12 Blok G RT.02 Desa Margomulyo Areh
13 Blok G RT.02 Desa Margomulyo Sugijanto
14 Blok J RT.05 Desa Margomulyo Encep
15 Blok K RT.06 Desa Margomulyo Simul
16 Blok K RT.06 Desa Margomulyo Sampurno
17 Toko "DIROWO" Blok C RT.03 Desa Mukti Jaya Karman
18 Toko "REZA" Blok C RT.03 Desa Mukti Jaya Ujang Suparman
19 Blok C RT.03 Desa Mukti Jaya Arif Suyono
20 Blok C RT.04 Desa Mukti Jaya Sumarno
21 Blok C RT.04 Desa Mukti Jaya Untung
22 SUMBER SARI Blok C RT.04 Desa Mukti Jaya Cici
23 Toko "ANIS" Blok D RT.05 Desa Mukti Jaya Sujani
24 Toko "INTAN Ranpul" Blok H RT.07 Desa Mukti Jaya Intan Yunita
25 Blok H RT.07 Desa Mukti Jaya Sualiman
26 SUKIMAN JAYA Blok J RT.12 Desa Mukti Jaya Sri Utami
27 PUTRI BLITAR Blok J RT.12 Desa Mukti Jaya Riska Tri Ramadani
28 Blok J RT.13 Desa Mukti Jaya Sijiono
29 Blok J RT.13 Desa Mukti Jaya Rahmawati
30 Blok F RT.14 Desa Mukti Jaya Bahroni
31 BENUA JAYA BANDUNG Blok F RT.14 Desa Mukti Jaya Mang Ujang
32 PUTRA KEMBAR SATU Blok F RT.14 Desa Mukti Jaya Sundoyo
33 Toko "PELANGI" Blok F RT.14 Desa Mukti Jaya Anjani
34 INTAN JAYA Blok F RT.14 Desa Mukti Jaya Rosi DG Kombong
35 Blok A RT.01 Desa Rantau Makmur RUSMIN
36 Blok B RT.02 Desa Rantau Makamur HUSEN
37 Blok B RT.02 Desa Rantau Makamur SURIS
38 Jl. Pendidikan RT.13 SUNARDI
39 Jl. Mulawarman RT.13 GATOT APRIADI
40 Toko "ZIDANE" Jl. Mulawarman RT.13 WINARNO
41 Jl. Cendrawasih RT.04 H. SURIANSYAH
42 Jl. Bangau RT.06 SURYANA
43 Jl. Persatuan RT.15 Desa Rantau Makmur ROHIM
44 Jl. Rajawali RT.15 Desa Rantau Makmur TRISANJAYA
45 Jl. Rajawali RT.15 Desa Rantau Makmur NASIBUN
46 Blok F RT.09 Desa Rantau Makmur DARONI
47 Blok F RT.09 Desa Rantau Makmur SUPRIO
48 Blok G RT.16 Desa Rantau Makmur TUMIRAN
49 Blok H RT.10 Desa Rantau Makmur PAIDI
50 Blok A Desa Manunggal Jaya KASIMIN
51 Blok A Desa Manunggal Jaya UTEP JUNAIDI
52 Blok A Desa Manunggal Jaya SUPRAYITNO
53 Blok A Desa Manunggal Jaya SUKARDI
54 Blok A Desa Manunggal Jaya SUPRIYANTO
55 Blok A Desa Manunggal Jaya SUKIMAN
56 Blok D Desa Manunggal Jaya PONIDI
57 Blok F Desa Manunggal Jaya SUPARNO
58 Blok H Desa Manunggal Jaya FADILLAH
59 Blok I Desa Manunggal Jaya HARIANTO
60 Blok J Desa Manunggal Jaya EDI DARMA
61 Blok M Desa Manunggal Jaya MAS'UD
62 Blok H Desa Manunggal Jaya SUNERI
63 Jl. Poros Barak Desa Manunggal Jaya SUPRIYADI
64 Jl. Poros Barak Desa Manunggal Jaya SARAH
65 Jl. Poros Barak Desa Manunggal Jaya SUAD
66 Jl. Poros Barak Desa Manunggal Jaya PRIWANTO
67 Jl. Jawa RT.04 Desa Tanjung Labu SITI UMINAH
68 Jl. Nias RT.06 Desa Tanjung Labu UJANG SUJANA
69 Jl. Sumba RT.08 Desa Tanjung Labu SUKARDI
70 Jl. Bali RT.02 Desa Tanjung Labu AMAH SURYANI
71 Jalur 3 RT.03 Desa Kebon Agung H. HAYYI SALIM
72 Jalur 7 RT.13 Desa Kebon Agung JEPRI
73 Jalur 7 RT.13 Desa Kebon Agung BUDIYANTO
74 Jalur 7 RT.13 Desa Kebon Agung TUTI
75 Jalur 7 RT.13 Desa Kebon Agung HANDOKO
76 Jl. Poros RT.08 Desa Kebon Agung GOLDEN SIUS
77 Jl. Poros RT.08 Desa Kebon Agung ALPIAN
78 Jl. Poros RT.08 Desa Kebon Agung JONI KUMEANG
79 Jl. Poros RT.08 Desa Kebon Agung ENCONG
80 RT.13 Desa Kebon Agung SUSI
81 RT.13 Desa Kebon Agung MUSERENG
82 RT.04 Desa Tepian Makmur SALIM
83 RT.06 Desa Tepian Makmur BUDIONO
84 RT.07 Desa Tepian Makmur MISKAROH SA'I
85 RT.12 Desa Tepian Makmur MUSARIANTO
86 RT.11 Desa Tepian Makmur HARTO
87 RT.11 Desa Tepian Makmur UGING AKAB
88 RT.14 Desa Tepian Makmur SUPARJI

4. Industri Kecil Meubelair

NO NAMA USAHA ALAMAT NAMA PEMILIK
1 PUTU JEPORO Blok H. RT.07 Desa Pulung Sari SUKRI
2 MAUN MEUBEL Blok A. RT.01 Desa Pulung Sari MAUN
3 IBRAHIM MEUBEL BLOK J RT.05 Desa Margomulyo IBRAHIM
4 AHMAD SUBHAN MEUBEL Jl. Mulawarman RT.13 Ds Rantau Makmur AHMAD SUBHAN
5 PARWAN MEUBEL Jl. Persatuan Desa Rantau Makmur PARWAN
6 ICAL MEUBEL RT.13 Desa Kebon Agung ICAL
7 PUTU JEPORO Jl. Poros RT.13 Desa Kebon Agung SUKRI
8 AHMAT ALI MEUBEL Blok J Desa Manunggal Jaya AHMAT ALI
9 KARTIKA JAYA Blok C RT. 04 Desa Mukti Jaya Jayatmin
10 ANISA JAYA MEBEL Blok F RT.20 Desa Mukti Jaya Agus Sutisna
11 DIDIT MOLDING Blok B Desa Manunggal Jaya DIDIT
12 WAHIT MOLDING Blok D RT.04 Desa Manunggal Jaya WAHIT
13 BAINI MOLDING Blok J Desa Manunggal Jaya BAINI
14 AGUS MOLDING Blok K RT. 15 Desa Manunggal Jaya AGUS
  1. Usaha Pelayanan Jasa (PENCUCIAN MOTOR DAN MOBIL)
NO NAMA USAHA ALAMAT NAMA PEMILIK
1 AROK BLOK H. 07 Desa Pulung Sari Ayok
2 Susi Susanti Blok I RT.08 Desa Pulung Sari Susi Susanti
3 Wasilah Blok I RT.08 Desa Pulung Sari Wasilah
4 Ahmad Jaidi RT.17 Desa Tepian Makmur Ahmad Jaidi
5 H. Sukron RT.02 Desa Tepian Makmur H. Sukron
6 I Ketut Widana RT.11 Desa Tepian Makmur I Ketut Widana
7 Asep Wijaya Jalur 7 RT.13 Desa Kebon Agung Asep Wijaya
8 Pencucian Fadillah Jalur 7 RT.13 Desa Kebon Agung Budiyanto
9 Bambang Eko Prasetyo Jl. Poros RT.08 Desa Kebon Agung Bambang Eko Prasetyo
10 Suyatno Blok F Desa Manunggal Jaya Suyatno
11 M. Guntur Pramono Blok L Desa Manunggal Jaya M. Guntur Pramono
12 Blok C RT.04 Desa Mukti Jaya Yusuf
13 Blok C RT.03 Desa Mukti Jaya Rahmat A

6. PELAKU USAHA (USAHA DAGANG DAN JASA )

NO NAMA USAHA ALAMAT NAMA PEMILIK
1 Pabrik Tahu Tempe Blok D RT.04 Desa Margo Mulyo Sakur
2 Pabrik Tahu Tempe Blok G RT.08 Desa Mukti Jaya Jarni
3 PRIMA MUSTIKA Blok C RT.03 Desa Mukti Jaya Ridwansyahroni
4 Toko "BERKAH" Blok C RT.03 Desa Mukti Jaya M. Ansori
5 Toko "ATK R-VIE" Blok C RT.03 Desa Mukti Jaya Rohadi
6 Toko "ANA" Blok C RT.03 Desa Mukti Jaya Puk Amanah
7 ECA CENDANA Blok C RT.03 Desa Mukti Jaya Kusnandi
8 HARAPAN BARU Blok C RT.04 Desa Mukti Jaya Fredy
9 CV "MULYA JAYA" Blok C RT.04 Desa Mukti Jaya Sudikan
10 MURING CELL Blok C RT.04 Desa Mukti Jaya Samani
11 PAK SUGENG Blok C RT.04 Desa Mukti Jaya Sugeng Wibowo
12 NITA JAYA Blok C RT.04 Desa Mukti Jaya Kasno
13 JASA PENGIRIMAN BARANG Blok H RT.07 Desa Mukti Jaya Sunarti
14 Toko "BUDARMI" Blok J RT.12 Desa Mukti Jaya Suyatno
15 ALBEGA Blok J RT.13 Desa Mukti Jaya Umi Solikah
16 AYAM POTONG Blok K RT. 15 Desa Mukti Jaya Supani
17 ANISA JAYA MEUBEL Blok F RT.20 Desa Mukti Jaya Agus Sutisna
18 Ayam Potong "PIRA JAYA" Blok F RT.20 Desa Mukti Jaya Suyitno
19 SH "ANI" Blok F RT.20 Desa Mukti Jaya Hasmawati
20 Galery "BUNDA RAFA" Blok F RT.20 Desa Mukti Jaya Dwi Suprapti
21 Bandung "TAYLOR" Blok F RT.20 Desa Mukti Jaya Ade Rahmat
22 Saumil "NIA" Blok F RT.20 Desa Mukti Jaya H. Nia
23 SUBUR JAYA Jl. Poros RT.05 Desa Kebon Agung Herian
24 TOKO SEPATU Jl. Poros RT.05 Desa Kebon Agung Sani
25 PENGGILINGAN DAGING Jalur 7 RT.13 Desa Kebon Agung Taroji
26 Toko "Selvi Elektronik" Jalur 7 RT.13 Desa Kebon Agung Nurjaman
27 Servis Elektronik Jl. Poros RT.08 Desa Kebon Agung Mahli
28 Toko Sultan Jl. Poros RT.08 Desa Kebon Agung Sultan
29 Toko Maryadi Jl. Poros RT.08 Desa Kebon Agung Maryadi
30 TOKO ATK EZZA Jalur 7 RT.13 Desa Kebon Agung Didin
31 TOKO ATK Blok A Desa Manunggal Jaya Sukiman
32 TOKO ATK Blok C Desa Manunggal Jaya Yundik Isnani
33 BATIK Blok M Desa Manunggal Jaya Masrih
34 WARUNG BUAH Blok E RT.03 Desa Manunggal Jaya Immanuel Heru.K
35 PANDAI BESI Blok H RT.07 Desa Manunggal Jaya Jamin
36 PENJUAL AYAM POTONG Blok A Desa Manunggal Jaya Paeran
37 PENJUAL IKAN Blok J Desa Manunggal Jaya Iwan
38 PENJAHIT Blok J Desa Manunggal Jaya Leni Hartati

Koperasi yang ada di Kecamatan Rantau Pulung

Mengingat peran dunia usaha sangat dibutuhkan dalam mengentaskan kemiskinan serta kerelawanan sosial dalam kehidupan masyarakat yang dapat menjadi sumber penting pemberdayaan dan pemecahan agar permasalahan kemiskinan dapat teratasi untuk itu diperlukan perubahan yang sistemik dan menyeluruh dalam upayah penanggulangan kemiskinan.

Salah satu kegiatan yang dapat menopang perekonomian rakyat adalah dengan berkoperasi,karena koperasi merupakan soko guru pembangunan ekonomi kerakyatan yang dapat menopang pembangunan ekonomi nasional.

Secara istilah, pengertian koperasi adalah adalah usaha yang memiliki anggota orang atau badan hukum yang didirikan dengan berlandaskan asas kekeluargaan serta demokrasi ekonomi. Koperasi merupakan produk ekonomi yang kegiatannya menjadi gerakan ekonomi kerakyatan, dan berjalan dengan prinsip gotong-royong.

Di kecamatan Rantau Pulung sendiri telah berdiri Koperasi yang telah memperoleh Akta Notaris dan telah mendaftarkan pada Dinas Koperasi Dan UKM Kutai Timur. Namun faktanya hanya sebagian kecil yang masih eksis melakukan aktivitasnya yaitu menjalankan usaha koperasi dan melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) pada setiap tahunnya.

Tabel Data Koperasi yang ada di Kecamatan Rantau Pulung Tahun 2017

No Nama Koperasi Badan Hukum Alamat Jenis Koperasi
Nomor Tanggal
1 Wonorejo 1314/VBH/XVI/X/1992 12 Oktober 1992 Desa Rantau Makmur KUD
2 Wono Mulyo 1115/BH/PAD/KWK.17/VII/1998 7 Juli 1998 Desa Mukti Jaya KUD
3 Tani Arto Moro 20/518.31/BH/TAR.3/XII/1998 8 Desember 1998 Tanjung Labu Koptan
4 For Kom Masyarakat Rantau Pulung 218/518.31/BH/TAR.3/XI/2000 28 November 2000 Desa Rantau Pulung Koptan
5 Tepian Bakti 220/518.31/BH/TAR.3/XI/2000 29 November 2000 Desa Tepian Makmur Koptan
6 Karya Jaya 518/21/01/V/2001 1 Mei 2001 Manunggal Jaya KUD
7 Rindang Jaya Lestari 80/BH/DKKT/VI/2002 19 Juni 2002 Pulung Sari KSU
8 Semoga Langgeng 121/BH/DKKT/XI/2002 5 November 2002 Mukti Jaya KSU
9 Karya Utama 134/BH/DKKT/XI/2002 29 November 2002 Margomulyo KSU
10 Prima Arta Lestari 144/BH/DKKT/I/2003 9 Januari 2003 Kebon Agung KSU
11 Pharmacon 226/BH/DKKT/I/2004 29 Januari 2004 Desa Masalap Raya KSU
12 Karya Mukti 320/BH/DKKT/II/2005 22 Februari 2005 Desa Pulung Sari Koptan
13 Karya Abadi Rantau Pulung 359/BH/DKKT/VII/2005 26 Juli 2005 Desa Mukti Jaya KSU
14 Rantau Membangun 461/BH/DKKT/XI/2006 20 November 2006 Desa Manunggal Jaya Blok H no 7 KSU
15 Karya Maju Bersama 481/BH/DKKT/I/2007 17 januari 2007 Desa Tepian Makmur KSU
16 Tanjung Labu Karya Bersama 504/BH/DKKT/III/2007 20 Maret 2007 Desa Tanjung Labu KSU
17 Subur Makmur 511/BH/DKKT/IV/2007 11 April 2007 Desa Rantau Makmur KSU
18 Fajar Pasundan 514/BH/DKKT/IV/2007 23 April 2007 Desa Mukti Jaya Blok F No 12 RT 14 KSU
19 Rantau Pulung Bangkit 515/BH/DKKT/IV/2007 23 April 2007 Desa Mukti Jaya KSU
20 Prima Agri Bisnis 541/BH/DKKT/VIII/2007 3 Agustus 2007 Desa Mukti Jaya KSU
21 Mekar Jaya Abadi 600//DH/DKKT/V/2008 7 Mei 2008 Desa Margomulyo KSU
22 Bina Mekar 603/BH/DKKT/V/2008 30 Mei 2008 Jln SriKaya Desa Tepian Makmur KSU
23 Sulawesi Jaya 612/BH/XX.3/DKKT/VII/2008 3 Juli 2008 Desa Mukti Jaya Blok F KSU
24 Mukti Tama 635/BH/XX.3/DKKT/XI/2008 10 November 2008 Desa Mukti Jaya Blok F KSU
25 Bangkit Jaya Rantau Pulung 654/BH/XX.3/DKKT/II/2009 12 Februari 2009 Desa Manunggal Jaya KSU
26 Bongan Lestari 663/BH/XX3/DKKT/V/2009 8 Mei 2009 Desa Rantau Makmur KSU
27 Jaya Bersatu 666/BH/XX.3/DKKT/VII/2000 15 Mei 2009 Desa Mukti Jaya KSU
28 Kelapa Sawit Plasma Sari 756/BH/XX.3/DKKT/XI/2010 12 Juli 2010 Desa Pulung Sari KSU
29 Alam Batuah Sawit 791/BH/XX.3/DKKT/XI/2010 23 Desember 2010 Blok C No 06 Desa margomulyo KSU
30 Laatansa 07/BH/XX.3/DKKT/II/2012 6 Februari 2012 Desa Tepian Makmur KSU
31 Koperasi Jasa Alam Raya 01/BH/XX.3/DKKT/II/2014 17 Februari 2014 Desa Tepian Makmur Jasa
32 Mitra Jaya Rantau Pulung 13/BH/XX.3/DKKT/VI/2014 17 Juni 2014 Desa Rantau Makmur Produsen
33 Bangkit Bersama Jaya 20/BH/XX.3/DKKT/VIII/2015 31 Agustus 2015 Desa Pulung Sari Konsumen
34 Wonorejo 1314/BH/PAD/KWK.17/II/1997 12 Februari 1997 Desa Rantau Makmur KUD
35 Mukti Tama 689/BH/PAD/DKKT/VIII/2015 3 September 2009 Desa Mukti Jaya KSU

Sumber: Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa

3.3 Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa)

Badan Usaha Milik Desa adalah Lembaga Usaha Desa yang dikelolah oleh Masyarakat dan Pemerintah Desa dalam upaya memperkuat perekonomi desa dan di bentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. BUMDes sebagai suatu lembaga ekonomi modal usahanya dibangun atas inisiatif masyarakat dan menganut asas mandiri. Ini berarti pemenuhan modal usaha BUMDes harus bersumber dari masyarakat. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan BUMDes dapat mengajukan pinjaman modal kepada pihak luar, seperti dari Pemerintah Desa atau pihak lain, bahkan melalui pihak ketiga

BUMDes merupakan pilar kegiatan ekonomi di desa yang berfungsi sebagai lembaga sosial (social institution) dan komersial (commercial institution). BUMDes sebagai lembaga sosial berpihak kepada kepentingan masyarakat melalui kontribusinya dalam penyediaan pelayanan sosial. Di Kecamatan Rantau Pulung sendiri Badan Usaha Milik Desa telah terbentuk disetiap Desa dan mendapatkan dukungan pendanaan dari Pemerintah Desa setempat.

NO NAMA USAHA ALAMAT DIREKTUR
1 KARYA SARI SEJAHTERA Desa Pulung Sari Sugeng Priyanto
2 MULYO LESTARI Desa Margomulyo Najib
3 Desa Mukti Jaya
4 RAMA MANDIRI Desa Rantau Makmur Satino
5 Desa Manunggal Jaya
6 TANJUNG MAKMUR MANDIRI Desa Tanjung Labu Susilo Gondo
7 Desa Kebon Agung
8 MAKMUR SEJAHTERA Desa Tepian Makmur Joko Wahyudi
9 Desa Masalap Raya

Kecamatan Rantau Pulung merupakan Kecamatan yang baru dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kutai Timur nomor 12 tahun 2005. walaupun usia kecamatan Rantau Pulung masih muda, namun Kecamatan Rantau Pulung memilliki potensi yang amat besar khususnya di bidang perkebunan dan pertanian. Lahan yang amat luas adalah salah satu peluang yang dibarengi dengan mata pencaharian masyarakat yang sebagian besar adalah petani yang bisa dijadikan modal utama dalam pengembangan sektor pertanian dalam arti luas.

5.1 Sektor Prioritas

           Dari program prioritas yang telah dan akan dilaksanakan. Kecamatan Rantau Pulung masih memiliki sumber kekayaan alam cukup besar antara lain:

a. Potensi lahan yang ditetapkan untuk kawasan budidaya non kehutanan, dan diperuntukkan sebagai lahan perkebunan untuk kepala sawit dan untuk komoditas perkebunan lainnya) dan pertanian;

Tabel 4.1 Status Lahan dan Fungsi Lahan yang ada di Kecamatan Rantau Pulung

No Nama Desa Lahan Bersertifikat (Ha) Fungsi Lahan
Pekarangan LU I LU II Jumlah Sawah Fasum Pengembangan Lain-lain
1 Pulung Sari 62.5 187.5 250 500 170 98 1.051.15 110
2 Margomulyo 58 174 232 464 189 95 1.005.55 104
3 Mukti Jaya 97.5 292.5 390 780 170 105 1.370,83 115
4 Rantau Makmur 75 225 300 600 200 102 1.551 115
5 Manunggal Jaya 150 150 350 650 150 97 2.000 103
6 Tanjung Labu 100 100 200 400 92 51 1.263 94
7 Kebon Agung 150 150 300 600 150 96 360 113
8 Tepian Makmur 150 150 600 900 5 99 415,89 102
9 Masalap Raya
Jumlah 843 1429 2622 4894 1126 743 9.017,42 856

Dari data diatas dapat di tarik kesimpulan bahwa potensi lahan yang ada di Kecamatan Rantau Pulung masih sangat luas untuk kegiatan sektor perkebunan.

b. Potensi pariwisata meliputi atraksi-atraksi alam, seni dan budaya, sejarah dan kehidupan masyarakat yang ada didaerah ini;

Keberagaman suku adat istiadat yang ada Kecamatan Rantau Pulung memberikan nilai lebih tersendiri bagi masyarakat. Masyarakat yang dari daerah asal telah membawa tradisi dan kesenian dari daerah asalnya pun ikut melestarikan nilai nilai kesenian hingga saat ini. Tercatat ada beberapa organisasi kesenian dan seni yang telah terbentuk di Kecamatan Rantau Pulung dan sampai saat ini masih tetap eksis mengadakan pertunjukan dan menghibur masyarakat Rantau Pulung pada setiap momen penting di tingkat Kecamatan dan Desa.