Padma raksasa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Rafflesia arnoldii)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Padma raksasa
Rafflesia arnoldii Edit the value on Wikidata
Rafflesia Arnoldii Batang Palupuah Indonesia.jpg
Edit the value on Wikidata
Taksonomi
DivisiTracheophyta
UpadivisiSpermatophytina
Kladangiosperms
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
Kladsuperrosids
Kladrosids
Kladfabids
OrdoMalpighiales
FamiliRafflesiaceae
GenusRafflesia
SpesiesRafflesia arnoldii Edit the value on Wikidata
R.Br., 1821
Tata nama
Dinamakan berdasarkanJoseph Arnold (en) Terjemahkan Edit the value on Wikidata
Distribusi
EndemikSumatra dan Kalimantan Edit the value on Wikidata

Padma raksasa (bahasa Latin: Rafflesia arnoldii) adalah tumbuhan parasit obligat yang terkenal karena memiliki bunga berukuran sangat besar, bahkan merupakan bunga terbesar di dunia. Bunga Rafflesia dikatakan bunga yang unik karena hanya berupa bunga mekar tanpa daun, akar dan tidak memiliki batang[1]. Rafflesia memiliki jaringan yang mirip seperti fungsi akar yang disebut haustarium. Selain itu, Rafflesia tumbuh dan bergantung pada inang di jaringan tumbuhan merambat (liana) Tetrastigma dan tidak memiliki daun sehingga tidak mampu ber-fotosintesis. Tumbuhan inang yang akan membantu Raflessia untuk berfotosintesis.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Rafflesia arnoldii ditemukan pada tahun 1818 oleh Dr. Joseph Arnold dan Sir Thomas Stamford Raffles, di hutan tropis Sumatera[2]. Bunga ini ditemukan pertama kali di suatu tempat dekat Sungai Manna, Lubuk Tapi, Kabupaten Bengkulu Selatan, sehingga Bengkulu dikenal sebagai Bumi Rafflesia. Seorang pemandu yang bekerja pada Dr. Joseph Arnold yang menemukan bunga raksasa ini pertama kali. Dr. Joseph Arnold sendiri saat itu tengah mengikuti ekspedisi yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles. Jadi penamaan bunga Rafflesia arnoldii didasarkan dari gabungan nama Thomas Stamford Raffles sebagai pemimpin ekspedisi dan Dr. Joseph Arnold sebagai penemu bunga. Bunga ini termasuk tumbuhan endemik di Pulau Sumatra, terutama bagian selatan (Bengkulu, Jambi, dan Sumatra Selatan). Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan daerah konservasi utama spesies ini. Bunga jenis ini, bersama-sama dengan anggota genus Rafflesia yang lainnya merupakan salah satu genus yang statusnya terancam (Endagered) akibat punahnya habitat yang mendukung kehidupannya, salah satunya karena penggundulan hutan yang dahsyat.

Morfologi dan Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Bunga Rafflesia merupakan parasit tidak berakar, tidak berdaun, dan tidak bertangkai. Diameter bunga ketika sedang mekar bisa mencapai 1 meter dengan berat sekitar 11 kilogram. Bunga menghisap unsur anorganik dan organik dari tanaman inang Tetrastigma. Satu-satunya bagian yang bisa disebut sebagai "tanaman" adalah jaringan yang tumbuh di tumbuhan merambat Tetrastigma. Bunga mempunyai lima daun mahkota yang mengelilingi bagian yang terlihat seperti mulut gentong. Di dasar bunga terdapat bagian seperti piringan berduri, berisi benang sari atau putik bergantung pada jenis kelamin bunga, jantan atau betina. Hewan penyerbuk adalah lalat yang tertarik dengan bau busuk yang dikeluarkan bunga. Bunga hanya berumur sekitar satu minggu (5-7 hari) dan setelah itu layu dan mati[3]. Persentase pembuahan sangat kecil, karena bunga jantan dan bunga betina sangat jarang bisa mekar bersamaan dalam satu minggu, itu pun jika ada lalat yang datang membuahi.

Penggolongan jenis Rafflesia masih didasarkan pada bentuk struktur dan morfologi bunga. Belum adanya kesepakatan antara Para ahli taksonomi untuk mendeskripsikannya ke dalam karakter tertentu. Sampai saat ini karakter yang digunakan untuk membedakan jenis Rafflesia adalah:

  • Ukuran diameter bunga pada saat mekar
  • Diameter bukaan diafragma (lubang di tengah bunga)
  • Jumlah prossesus (cuatan seperti duri di tengah bagian bunga)
  • Jumlah dan pola bintil-bintil putih yang tersebar menutupi mahkota
  • Jumlah dan ukuran lingkar barisan bintil-bintil yang berada di bawah permukaan diafragma
  • Jumlah anther (kepala sari) adalah 40 pada Rafflesia arnoldii Jantan
  • Panjang dan struktur Ramenta (bulu-bulu yang tumbuh pada diafragma) dan posisinya
  • Jumlah annuli pada dasar perigon(struktur yang menyerupai cincin yang melingkar di dasar bunga)
  • Penyebaran atau lokasi tumbuh[4]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Daftar Pustaka[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Susatya, Agus (2011). RAFFLESIA PESONA BUNGA TERBESAR DI DUNIA (PDF). Bengkulu: Direktorat Kawasan Konservasi dan Bina Hutan Lindung dengan pendanaan dari DIPA 029 TA 2011. hlm. 1. ISBN 9786021931905.  line feed character di |publisher= pada posisi 53 (bantuan); line feed character di |title= pada posisi 10 (bantuan)
  2. ^ Media, Kompas Cyber (2021-04-24). "Fakta Unik Rafflesia Arnoldii, Bunga Tunggal Terbesar di Dunia Halaman all". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2021-06-05. 
  3. ^ Ratnasari, Yuliana. "Keunikan Rafflesia arnoldii Ikon Bunga Nasional yang Terancam Punah". tirto.id. Diakses tanggal 2021-06-05. 
  4. ^ Mursidawati, Sofi; Irawati (2017). Biologi Konservasi Raflesia (PDF). Jakarta: LIPI Press. hlm. 5–6. ISBN 9789797998776.