Rachel Smith

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Rachel Smith
Pemenang kontes kecantikan
Rachel Smith sebagai Miss USA 2007
Lahir Rachel Renee Smith
18 April 1985 (umur 32)
 Panama
Agensi Greenwood Productions (Gelar Negara Bagian)
Miss Universe Organization (Gelar Nasional)
Tinggi ft 11 in (1.8 m)
Warna rambut Coklat
Warna mata Coklat
Gelar Miss Tennessee Teen USA 2002
Miss Tennessee USA 2007
Miss USA 2007
Kompetisi
besar
Miss Teen USA 2002 (Top 10)
Miss USA 2007 (Pemenang)
Miss Universe 2007 (Runner-up 4)

Rachel Renee Smith (lahir di Panama, 18 April 1985; umur 32 tahun) adalah seorang ratu kecantikan Amerika dan pelakon televisi dari Clarksville, Tennessee, yang memenangkan kontes Miss USA pada tahun 2007 dan yang sebelumnya telah berkompetisi di kontes Miss Teen USA.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Smith di Los Angeles Pride 2011

Smith lahir di Pangkalan Tentara Amerika Serikat di Panama. Dia tinggal di Clarksville setelah orangtuanya ditempatkan ke Fort Campbell. Dia birasial, setengah Afrika-Amerika dan setengah Eropa-Amerika. Dia mengambil kuliah di Clarksville Academy dan lulus dari Davidson Academy saat sekolah menengah atas.

Smith lulus dengan yudisium magna cum laude dari Universitas Belmont di Nashville, Tennessee pada tahun 2006 dengan gelar sarjana di bidang jurnalisme. Smith lulus pada awal semester, pada Desember 2006. Dia menerima beasiswa kuliah penuh untuk berkuliah di Belmont karena aktivitas kemasyarakatannya dan prestasi akademik saat sekolah menengah atas.

Ketika ia di Belmont, ia bekerja magang di Chicago, Illinois, selama delapan bulan di Harpo Productions, sebuah perusahaan yang dimiliki oleh Oprah Winfrey. Pada Januari 2007, ia mengumumkan bahwa ia telah dipilih oleh Winfrey untuk menjadi sukarelawan selama satu bulan di Leadership Academy for Girls milik Winfrey.

Kontes kecantikan[sunting | sunting sumber]

Miss USA 2007[sunting | sunting sumber]

Smith mewakili Tennessee di kontes Miss USA 2007 pada tanggal 23 Maret 2007 di Kodak Theatre di Los Angeles, California, di mana ia menjadi pemenang kedua dari Tennessee yang berhasil memenangkan mahkota Miss USA sepanjang sejarah. Smith memenangkan kedua kompetisi baju renang dan gaun malam dengan skor tinggi secara konsisten. Dia dimahkotai oleh pemenang sebelumnya, Tara Conner yang bersamanya berkompetisi di Miss Teen USA 2002. Smith adalah mantan delegasi Miss Teen USA ketiga yang berhasil memenangkan gelar berturut-turut.

Miss Universe 2007[sunting | sunting sumber]

Sebagai Miss USA, Smith mewakili Amerika Serikat di Miss Universe 2007 kontes yang diselenggarakan di Mexico City, Meksiko, pada tanggal 28 Mei 2007. Dia tiba di Meksiko pada 1 Mei, dan bersama dengan 77 delegasi lainnya berpartisipasi dalam beberapa minggu kejadian, latihan dan kompetisi awal sebelum akhir penayangan.

Pada 20 Mei, Smith berkompetisi di kompetisi kostum nasional berpakaian sebagai Elvis Presley, kostum yang mencerminkan daerah asalnya Tennessee. Selama penampilannya dia mendapat cemoohan keras oleh masyarakat Meksiko, yang terlihat memberikan Smith sebuah tanda jempol ke bawah.

Setelah bersaing dalam kompetisi awal, Smith masuk sebagai finalis. Saat kompetisi gaun malam, Smith terpeleset dan jatuh, namun dengan cepat, ia segera berdiri dan melanjutkan peragaan. Ia mampu tetap tenang sampai ia selesai berjalan, dan membuatnya berhasil masuk lima besar. Smith kembali dicemooh oleh penonton Meksiko setelah ia diumumkan sebagai bagian dari lima besar sementara perwakilan lokal dari Meksiko tidak. Cemoohan tersebut berlanjut saat Smith menjawab pertanyaan terakhirnya, mengakhiri jawabannya dengan berterima kasih kepada penonton dalam Bahasa Spanyol, yang akhirnya membuat penonton bersorak. Dia akhirnya ditempatkan sebagai runner-up keempat, setara dengan penempatan pendahulunya Tara Conner di Miss Universe 2006.

Cemoohan dan olok-olok selama kontes sempat terjadi pula di Miss Universe 1993, juga diadakan di Mexico City, ketika Miss USA Kenya Moore mendapat cemoohan dari penonton.[1] Reaksi penonton juga telah dikaitkan dengan isu-isu politik antara kedua negara. Pada bulan Agustus 2007, para pejabat pariwisata Meksiko meminta maaf atas perilaku penonton dan mengatakan bahwa Meksiko menyambut kembali kedatangan Smith di Meksiko setiap saat.[2]

Masa Jabatan sebagai Miss USA[sunting | sunting sumber]

Mengikuti acara Black Music Month di Gedung Putih, Smith dan penghibur lainnya bersama Presiden George W. Bush
Smith saat mengikuti acara Parade Hari Thanksgiving Macy's 2007

Selama minggu pertamanya sebagai Miss USA, Smith membuat banyak penampilan di media, seperti di The Today Show dan Late Show with David Letterman, di mana ia menampilkan daftar "top ten" bertajuk "Top Ten Things I Can Say Now That I'm Miss USA".[3] Ia juga menjadi bintang tamu di The Oprah Winfrey Show di mana ia berbicara tentang pengalamannya bekerja magang. Sebagai Miss USA, Smith dua kali memiliki kesempatan untuk membunyikan bel pembukaan di Bursa Saham Amerika, pertama pada 24 April, dan kemudian pada 7 Juni bersama Miss Universe Riyo Mori.

Di awal Juni, Smith berkunjung ke Kenya sebagai relawan Project Sunshine. Saat kembali ke Amerika Serikat, ia hadir di sebuah acara di Gedung Putih merayakan Black Music Month, di mana ia memperkenalkan Presiden George W. Bush kepada penonton. Dia kemudian mengunjungi Chicago untuk menghadiri final CONCACAF Gold Cup antara Meksiko dan Amerika Serikat, yang menyebabkan pembahasan lebih lanjut di media atas perlakuan yang dia terima dari penonton Meksiko di Miss Universe. Pada akhir November, dia mengikuti Parade Hari Thanksgiving Macy's 2007, tradisi yang selalu dilakukan pemegang gelar Miss USA sebelumnya sejak Susie Castillo pada tahun 2003. Pada bulan Desember 2007, ia berkunjung ke Kuwait, Irak dan Naval Station Rota Spain dalam tur USO bersama Kid Rock, Robin Williams, Lewis Black dan Lance Armstrong.

Smith muncul di sampul dan dalam penyebaran editorial pada majalah Supermodels Unlimited edisi Maret/April 2008. Pada 11 April 2008, Smith memahkotai Crystle Stewart, Miss Texas, sebagai Miss USA 2008 di Las Vegas, Nevada. Hal ini menjadi pertama kalinya dua wanita keturunan Afrika Amerika dimahkotai sebagai Miss USA berturut-turut.[4][5] Smith muncul di sampul majalah dan dalam sebuah wawancara pada majalah Select Magazine edisi Mei/Juni 2011.[6]

Televisi[sunting | sunting sumber]

Smith tampil dalam acara realitas milik Donald Trump di MTV Pageant Place bersama dengan Riyo Mori (Miss Universe 2007), Tara Conner (mantan Miss USA 2006), Katie Blair (mantan Miss Teen USA 2006) dan Hilary Cruz (Miss Teen USA 2007). Acara ini pertama kali disiarkan pada 10 Oktober 2007. Pada bulan Agustus 2010, ia muncul di edisi mingguan spesial "Girls of Summer" yang disiarkan dalam program Minute to Win It di NBC dalam episode "Last Beauty Standing." episode ini menampilkan 10 pemenang kontes kecantikan bersaing mendapatkan $100,000 bagi amal yang mereka pilih bersama dengan kesempatan untuk memenangkan tantangan $1,000,000.

Ia bekerja sebagai reporter E!, namun saat ini menjadi co-host acara hiburan tersindikasi nasional milik ABC, OnTheRedCarpet. Ia adalah koresponden "pop news" pada tayangan Sabtu Good Morning America. Ia juga menjadi co-host acara Amazon, Style Code.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan prestasi
Didahului oleh:
Jessica Myers
Miss Tennessee Teen USA
2002
Diteruskan oleh:
Alicia Selby
Didahului oleh:
Lauren Grissom
Miss Tennessee USA
2007
Diteruskan oleh:
Hailey Brown
Didahului oleh:
Tara Conner
Miss USA
2007
Diteruskan oleh:
Crystle Stewart