Gumbem

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Quoll)
Gumbem atau quoll
Rentang fosil: Akhir Miosen – sekarang[1]
Dasyurus viverrinus
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Infrakelas:
Ordo:
Famili:
Subfamili:
Tribus:
Genus:
Dasyurus

Spesies tipe
Didelphis maculata
Anon., 1791
(=Dasyurus viverrinus Shaw, 1800)
Spesies

Lihat teks

Gumbem[2], atau dalam Bahasa Inggris disebut quoll (genus Dasyurus) adalah marsupial karnivora yang merupakan spesies asli Australia dan Papua Nugini. Gumbem dewasa memiliki panjang 25 sampai 75 cm, dengan ekor berambut sepanjang 20–35 cm.Gumbem betina memiliki enam sampai delapan puting susu dan memiliki kantong. Bayi gumbem besarnya sama dengan butir padi. Gumbem hidup di hutan dan lembang terbuka.

Bukti genetik menunjukkan bahwa gumbem berevolusi sekitar 15 juta tahun yang lalu pada masa Miosen, dan nenek moyang keenam spesies tersebut semuanya telah menyimpang sekitar empat juta tahun yang lalu. Keenam spesies tersebut memiliki berat dan ukuran yang bervariasi, mulai dari 300 g (11 oz) hingga 7 kg (15 lb). Mereka memiliki bulu berwarna coklat atau hitam dan hidung berwarna merah muda. Mereka umumnya menyendiri, namun berkumpul untuk beberapa interaksi sosial seperti kawin yang terjadi selama Plistosen dan Pliosen dan menghabiskan sebagian besar waktunya di lingkungannya. Dari enam spesies gumbem, empat ditemukan di Australia dan dua di Papua. Dua spesies lainnya diketahui dari sisa-sisa fosil pada endapan aktif di malam hari. Mereka terutama Papua dan Australia berasal dari.

Gumbem memakan mamalia kecil, burung kecil, kadal, dan serangga. Semua spesies telah menurun drastis jumlahnya sejak Australasia dijajah oleh bangsa Eropa, dengan satu spesies, yang beracun, predator seperti kucing dan rubah liar, pembangunan perkotaan, dan umpan racun. Upaya konservasi meliputi program penangkaran dan reintroduksi. Katak tebu adalah ancaman utama terhadap kelangsungan hidup mereka termasuk, contohnya gumbem Tasmania punah di daratan Australia pada tahun 1960an.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Gumbem adalah hewan nokturnal yang menyendiri. Tergantung pada spesiesnya, gumbem dewasa dapat memiliki panjang 25 hingga 75 cm (9,8 hingga 29,5 inci), dengan ekor berbulu sepanjang 20 hingga 35 cm (7,9 hingga 13,8 inci). Berat rata-rata sangat bervariasi tergantung pada spesiesnya; quoll barat dan timur jantan memiliki berat sekitar 1,3 kg (2,9 lb) dan betina 0,9 kg (2,0 lb). Gumbem macan atau gumbem ekor tutul adalah yang terbesar, dengan jantan berbobot sekitar 7 kg (15 lb) dan betina 4 kg (8,8 lb). Gumbem australia utara adalah yang terkecil, dan jantan memiliki berat rata-rata 400 hingga 900 g (14 hingga 32 oz), dan betina 300 hingga 500 g (11 hingga 18 oz). Bulu mereka berwarna berpasir, coklat, atau hitam, dengan bintik-bintik putih yang jarang tersebar. Mereka memiliki hidung berwarna merah muda cerah dan moncong panjang.

Betina memiliki >8 puting dan mengembangkan kantong selama musim kawin, yang terbuka ke arah ekor (dengan pengecualian gumbem macan, yang memiliki kantong sebenarnya) ketika mereka masih kecil. Rentang hidup alami mereka adalah 1–5 tahun; spesies yang lebih besar cenderung hidup lebih lama.

Persebaran[sunting | sunting sumber]

Persebaran keenam spesies gumbem

Gumbem berasal dari daratan Australia, negara bagian kepulauan Tasmania, dan Papua. Keenam spesies tersebut dulunya tersebar luas di tiga daratan, namun kini terbatas hanya di beberapa wilayah saja. Meskipun sebagian besar hidup di darat, genus ini telah mengembangkan karakteristik arboreal sekunder. Setiap spesies gumbem hidup di wilayah geografis yang berbeda. Gumbem macan adalah spesies zona mesik yang eksklusif; mendiami habitat yang lebih basah. Gumbem australia barat juga menghuni habitat mesik, tetapi telah beradaptasi di daerah kering di pedalaman Australia, sedangkan gumbem australia utara mendiami habitat tropis dengan curah hujan tinggi.

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Gumbem adalah hewan berkantung karnivora. Mereka terutama aktif di malam hari, tidur di batang kayu berlubang atau sarang berbatu dan keluar berburu di malam hari, meskipun jarang sekali mereka terlihat mencari mangsa di siang hari.

Mereka sebagian besar hidup di darat, namun tidak jarang melihat seekor gumbem memanjat pohon. Gumbem menandai wilayah mereka beberapa kilometer jauhnya dari sarangnya. Wilayah gumbem jantan sering kali tumpang tindih dengan teritori betina, dan gumbem jantan dan betina hanya bertemu untuk kawin. Beberapa gumbem menggunakan jamban komunal, biasanya di area singkapan yang digunakan untuk menandai wilayah dan fungsi sosial, yang mungkin berisi hingga 100 kotoran di dalamnya. Gumbem kebanyakan menyendiri, membatasi kontak dengan gumbem lain untuk kawin atau aktivitas sosial lainnya.

Pola makan[sunting | sunting sumber]

Gumbem sebagian besar adalah karnivora. Gumbem yang lebih kecil biasanya memakan serangga, burung, katak, kadal, dan buah; spesies yang lebih besar memakan burung, reptil, dan mamalia, termasuk nokdiak dan posum. Makanan gumbem macan didominasi oleh mamalia seperti posum ekor sikat, kelinci, terwelu, dan invertebrata. Campuran yang tepat bervariasi tergantung pada ketersediaan mangsa setelah kebakaran hutan, dan dapat mencakup bangkai atau kusu tanah ketika makanan langka. Spesies gumbem lainnya juga diketahui memakan bangkai.

Gumbem berburu dengan menguntit. Gumbem menjepit mangsa kecil dengan cakar depannya sambil melahapnya, dan melompat ke mangsa yang lebih besar, menenggelamkan cakarnya dan menutup rahangnya di sekitar leher. Cakar gumbem memungkinkan mereka menjangkau liang kecil untuk mencari mangsa. Gumbem dapat memperoleh semua air yang mereka butuhkan dari makanannya, sehingga mereka dapat beradaptasi selama musim kemarau atau periode kekurangan air lainnya. Sebuah studi terhadap catatan sejarah mengungkapkan 111 catatan tertulis tentang gumbem yang secara oportunistik memakan sisa-sisa manusia di Australia

Perkembangbiakan[sunting | sunting sumber]

Di Australia, perkawinan terjadi selama bulan-bulan musim dingin. Setelah gumbem betina dihamili, lipatan di perutnya berubah menjadi kantong yang terbuka di bagian belakang. Masa kehamilan ~21 hari (tergantung spesies). Bayi gumbem, berukuran sebesar sebutir beras saat lahir. Hingga 30 gumbem (tergantung spesies) dapat dilahirkan dalam setiap kelahiran, tetapi jumlah yang dapat dibesarkan dibatasi oleh jumlah puting susu. Yang selamat menyatu dengan puting susu dan menyusu susu di kantong ibu mereka selama 6–8 minggu. Setelah itu, anak-anaknya akan melepaskan putingnya dan induknya dapat menyimpannya di sarang di mana mereka dapat tinggal selama lebih dari sebulan.

Gumbem mencapai kematangan pada usia satu tahun, dan memiliki umur alami 1–5 tahun (tergantung spesies). Sebuah studi tahun 2008 tentang kantong gumbem macan melaporkan bahwa penampilan mereka merupakan indikator status reproduksi yang dapat diandalkan; selama fase folikuler kantong berwarna merah dan mengeluarkan sekret, dan setelah ovulasi kantong dalam dan basah. Hal ini dapat menentukan posisi gumbem betina dalam siklus ovariumnya, yang diharapkan dapat membantu dalam manajemen perkembangbiakan.

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Pada genus Dasyurus, terdapat spesies:[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Krajewski, Carey; Wroe, Stephen; Westerman, Michael (2000). "Molecular evidence for phylogenetic relationships and the timing of cladogenesis in dasyurid marsupials". Zoological Journal of the Linnean Society. 130 (3): 375–404. doi:10.1111/j.1096-3642.2000.tb01635.xalt=Dapat diakses gratis. 
  2. ^ "Checklist of the mammals of Indonesia : scientific name and distribution area table in Indonesia including CITES, IUCN, and Indonesian category for conservation | WorldCat.org". search.worldcat.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-12-09. 
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama msw3