Dasyuridae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dasyuridae
Dasyurus maculatus
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Infrakelas:
Ordo:
Famili:
Dasyuridae

Goldfuss, 1820
Genus tipe
Dasyurus
Geoffroy, 1796
Subfamili, tribus, & genus

Lihat teks

Dasyuridae adalah famili marsupialia [1]yang berasal dari Australia dan Papua, termasuk 71 spesies yang masih ada yang terbagi dalam 17 genus. Banyak anggotanya yang berukuran kecil dan mirip tikus atau mirip celurut sehingga beberapa di antaranya diberi nama "tikus berkantung" dan "celurut berkantung", tetapi kelompok ini juga mencakup Gumbem seukuran kucing, serta Setan tasmania dan Harimau tasmania yang telah punah. Mereka ditemukan di berbagai habitat termasuk padang rumput, bawah tanah, hutan, dan pegunungan, dan beberapa spesies bersifat arboreal atau semiakuatik. Dasyuridae sering disebut "karnivora berkantung", karena sebagian besar anggota familinya adalah pemakan serangga.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Kebanyakan dasyuridae berukuran kira-kira sebesar tikus, tetapi beberapa spesies jauh lebih besar. Spesies terkecil adalah Ningaui timealeyi yang panjangnya 4,6 hingga 5,7 cm, dan beratnya hanya 2 hingga 9 g. sedangkan yang terbesar yakni setan tasmania yang berukuran 57 hingga 65 panjang cm, dan berat 6 hingga 8 kg. Dasyuridae yang lebih kecil biasanya menyerupai tikus atau celurut, dengan ekor panjang serta hidung sempit dan runcing. Spesies yang lebih besar memiliki kemiripan dengan Placentalia seperti garangan atau mustelidae.[2] Anggota Dasyuridae semuanya memiliki lima jari kaki pada setiap kaki belakangnya[1]

Banyak ciri dasyuridae yang dianggap primitif, artinya mereka menyerupai ciri-ciri hewan berkantung paling awal yang kemudian menjadi spesies lain seperti kanguru dan bandekut yang menyimpang. Misalnya semua jari kaki dasyuridae terpisah, sedangkan pada banyak marsupial lain jari kaki kedua dan ketiganya menyatu. Demikian pula banyak spesies yang tidak memiliki kantung marsupial yang lengkap, melainkan memiliki lipatan kulit sederhana yang mengelilingi puting susu untuk memberikan perlindungan bagi anak-anaknya yang sedang berkembang. Pertumbuhan gigi dasyuridae juga dianggap primitif dan berbeda dengan gigi marsupial lainnya, dengan rumus gigi: 4.1.2-3.43.1.2-3.4. Gigi mereka mirip dengan banyak karnivora, ditandai dengan gigi seri seperti pisau, gigi taring yang besar dan tajam, serta gigi geraham atas yang dimodifikasi dengan gigi seri yang besar dan tajam.[3]

Dasyurid pada dasarnya adalah pemakan serangga, tetapi mereka juga memakan kadal kecil, buah, dan bunga. Salah satu dari sedikit pengecualian terhadap ciri ini adalah setan tasmania, yang makanan utamanya adalah bangkai vertebrata.[2] Mereka memiliki saluran pencernaan yang relatif sederhana, seperti halnya insektivora dan karnivora lainnya.

Gestasi berlangsung selama 12–16 hari, dan menghasilkan kelahiran dua hingga 12 anak tergantung spesies. Spesies yang lebih kecil biasanya berkembang biak setidaknya dua kali setahun, sedangkan spesies yang lebih besar cenderung berkembang biak hanya sekali. Lamanya masa laktasi mencerminkan hal berikut: misalnya Sminthopsis muda disapih setelah 60–70 hari, sedangkan quoll muda baru disapih setelah 8–9 bulan. Sebagian besar spesies dasyuridae menjadi dewasa secara seksual pada usia satu tahun, tetapi quoll dan Tasmanian Devil karena berukuran lebih besar membutuhkan waktu lebih lama untuk menjadi dewasa dan tidak mencapai usia dewasa penuh selama sekitar dua tahun.[2]

Dasyuridae dewasa biasanya menyendiri, atau bepergian dalam kelompok kecil yang terdiri dari dua hingga tiga individu.

Klasifikasi[sunting | sunting sumber]

Daftar spesies yang masih ada didasarkan pada The Third edition of Wilson & Reeder's Mammal Species of the World (2005), kecuali Mammal Diversity Database dan IUCN menyetujui perubahan tersebut. Berikut merupakan klasifikasi lebih rendah dari keluarga dasyuridae:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Parker, Sybil, P (1984). McGraw-Hill Dictionary of Biology. McGraw-Hill Company. 
  2. ^ a b c Lee, A.K. (1984). Macdonald, D., ed. The Encyclopedia of MammalsPerlu mendaftar (gratis). New York: Facts on File. hlm. 838–845. ISBN 0-87196-871-1. 
  3. ^ Ginsberg, Joshua R. (2013). "Mammals, Biodiversity of". Encyclopedia of Biodiversity. Academic Press. hlm. 681–707. doi:10.1016/B978-0-12-384719-5.00089-7. ISBN 978-0-12-384720-1. 
  4. ^ Cramb, J.; Hocknull, S.; Beck, R. M. D.; Kealy, S.; Price, G. J. (2023). "Urrayira whitei gen. et sp. nov.: a dasyuromorphian (Mammalia: Marsupialia) with incipient zalambdodonty from the Middle Pleistocene of Queensland, Australia". Alcheringa: An Australasian Journal of Palaeontology: 1–11. doi:10.1080/03115518.2023.2169351alt=Dapat diakses gratis.