Putu piring

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Putu piring
Putu piring di Singapura
JenisPangsit manis
SajianTambul
Tempat asalSingapura[1][2][3][4]
DaerahAsia Tenggara Maritim
Dibuat olehMelayu Singapura
Suhu penyajianUmumnya disajikan dengan daun bambu dan saus manis.
Bahan utamaTepung beras atau tepung ketan,
diisi dengan kacang tanah dan gula, atau kelapa parut
Hidangan serupaMont baung
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Putu piring adalah kueh (makanan penutup) yang terbuat dari tepung beras kukus berbentuk bulat atau camilan manis berisi gula jawa yang populer di Indonesia dan Singapura. Biasa diasosiasikan dengan masakan Indonesia dan masakan Singapura, biasanya dibuat menggunakan cetakan baja nirkarat dengan bentuk bunga yang khas. Hidangan ini adalah makanan penutup tradisional di kalangan komunitas Melayu di negara tersebut.

Bahan-bahan[sunting | sunting sumber]

Putu piring dibuat terutama dari tepung beras yang ditumbuk halus atau tepung ketan, dan berisi isian kacang tanah atau gula jawa yang dicampur dengan kelapa parut. Metode persiapan yang umum dilakukan adalah mengukus tepung dan isian secara cepat. Setelah siap, disajikan di atas daun pandan untuk memberikan rasa dan aroma manis.

Pada tahun 1980-an, penemuan kereta uap khusus dan cetakan baja tahan karat untuk membuat kueh tutu membantu mempopulerkan jajanan kaki lima ini di Singapura dalam skala yang lebih luas, dan banyak gerai kueh tutu yang menjualnya di banyak supermarket besar.[1]

Kueh tutu / Putu mayam[sunting | sunting sumber]

Putu piring memiliki banyak kesamaan dengan Kueh tutu, dan sering disalahartikan sebagai hidangan yang sama. Namun, terdapat perbedaan yang mencolok. Juga unik di Singapura,[5] malah diisi dengan kelapa atau kacang tanah dan ukurannya lebih kecil. kueh tutu juga dimakan tanpa kelapa parut. Makanan penutup ini juga lebih condong ke arah makanan penutup Tionghoa Singapura, yang diciptakan oleh Tan Eng Huat, yang pertama kali menjualnya di Singapura pada tahun 1930an di Jalan Bukit Pasoh.[6] Ada juga putu mayam yang populer di dalam komunitas India Singapura.[7]

Dampak budaya[sunting | sunting sumber]

Hidangan penutup tradisional yang populer diantara komunitas Melayu Singapura, makanan penutup jalanan ini telah menjadi terkenal secara internasional di luar Singapura sejak abad ke-21. Putu piring ditampilkan di seri televisi Netflix, Street Food (seri televisi) pada Musim 1 Episode 8 yang menampilkan Singapura.[2] Kios yang ditampilkan terletak di Haig Road di timur Singapura dan dimiliki oleh pemilik generasi kelima Nooraisha Hashim.[3] Makanan penutup ini juga ada dalam Daftar Rekomendasi Michelin yang menampilkan kios yang sama.[4]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Putu piring". Singapore Infopedia. 
  2. ^ a b Tan, John (25 April 2019). "Local putu piring stall featured in new Netflix show Street Food". SPH Digital News. The New Paper. Diakses tanggal 29 July 2020. 
  3. ^ a b De Silva, Aaron (1 November 2021). "From roadside stall to thriving chain: The story of Haig Road Putu Piring". CNA Luxury (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 31 October 2021. Diakses tanggal 7 March 2023. 
  4. ^ a b "On The Michelin-Recommended List: Haig Road Putu Piring". MICHELIN Guide (dalam bahasa Inggris). 24 May 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 May 2019. Diakses tanggal 7 March 2023. 
  5. ^ "Kuih tutu | Infopedia". eresources.nlb.gov.sg. Diakses tanggal 7 March 2023. Kuih tutu is believed to be unique to Singapore. 
  6. ^ "Kueh Tutu". www.roots.gov.sg. National Heritage Board (Singapore). Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 March 2023. Diakses tanggal 7 March 2023. 
  7. ^ "Putu Mayam". www.sg101.gov.sg (dalam bahasa Inggris). Singapore 101. 26 June 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 September 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]