Purwakarta, Purwakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Purwakarta
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenPurwakarta
Pemerintahan
 • Camat-
Populasi
 • Total170,836 jiwa jiwa
Kode Kemendagri32.14.01 Edit the value on Wikidata
Desa/kelurahan10

Purwakarta adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Pusat pemerintahan Kabupaten Purwakarta berada di Kecamatan Purwakarta. Kecamatan ini memiliki penduduk terpadat daripada yang lainnya, dan menurut data sensus penduduk tahun 2010 penduduk kecamatan ini sebanyak 165.447 jiwa.

Di kecamatan ini pula terdapat banyak kegiatan perniagaan sehingga menjadikannya sebagai kecamatan yang paling ramai sekaligus terpadat penduduknya (18,38% dari jumlah penduduk Kabupaten Purwakarta) meskipun memiliki luas yang paling kecil di antara kecamatan lainnya (2,71% dari luas Kabupaten Purwakarta). Kecamatan Purwakarta memiliki ketinggian kira-kira 84m Dari permukaan laut. Di kecamatan ini mempunyai danau kecil yakni situ buleud yang melambangkan kota purwakarta ini. Kecamatan Purwakarta ini sering disebut Kota Purwakarta.

Situ buleud ini berasal dari Bahasa sunda, Situ yang berarti danau kecil dan Buleud yang berarti Lingkaran. Jadi dapat diartikan situ buleud adalah situ (danau kecil) yang berbentuk lingkaran. Tetapi kalau dilihat dari atas tidak berbentuk lingkaran, melainkan berbentuk seperti stadion sepak bola. Situ buleud menjadi tempat wisata dan berada pada jantung kota, situ buleud ini juga dijadikan tempat lari untuk setiap hari minggu saja. Ciri yang menjadi simbol situ ini juga adalah patung badak, karena dulunya situ ini menjadi tempat pangguyangan atau pemandian badak namun sekarang sudah tidak. Karena badaknya sudah menjadi hewan langka. Di situ buleud ini terdapat hotel sederhana yaitu Grand situ buleud. Di kecamatan ini juga ada stasiun pusat kabupaten purwakarta, letaknya di JL.KK. Singawinata dan tidak jauh dengan situ buleud.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Pertumbuhan penduduk di kota purwakarta sangat cepat, hasil sensus penduduk 2010,penduduk kota purwakarta berjumlah 165.447 jiwa, banyak penduduk yang imigrasi ke purwakarta untuk mencari pekerjaan sehingga menyebabkan bertambahnya penduduk.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • Kota Purwakarta menjadi wilayah teraman dari bencana pertama di provinsi jawa barat sekaligus ke-4 di indonesia.
  • Kota Purwakarta termasuk jajaran dunia sebagai kota welas asih atau kasih sayang.

Sumber:[sunting | sunting sumber]

http://www.cidahu.com/1127/berita-purwasuka-nama-tokoh-sunda-gantikan-nama-sekolah-di-purwakarta/