Purbadana, Kembaran, Banyumas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Purbadana
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenBanyumas
KecamatanKembaran
Kodepos
53182
Kode Kemendagri33.02.20.2008 Edit the value on Wikidata
Luas- (belum diperoleh data)
Jumlah penduduk3.029 jiwa
Kepadatan- (belum diperoleh data)

Purbadana adalah desa di kecamatan Kembaran, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia.

Desa Purbadana teretak di sebelah selatan pada posisi geografis di antara 109o 17’15” sampai dengan 109o 18’ 00” Garis Bujur Timur dan 7o 23’ 75” dan 7o 24’ 39”Garis Lintang Selatan dengan ketinggian 72 sampai dengan 97 meter dari permukaan air laut sedangkan koordinat Kantor Desa Purbadana Terletak di 109o 17’ 52,2” Garis Bujur Timur dan 7o 25’ 08,2” Lintang Selatan dengan ketinggian 92 meter dari permukaan air laut. dengan Jumlah penduduk 3.029 jiwa. Desa Purbadana berbatasan langsung dengan ibu kota kecamatan, adapun batas-batas wilayah desa antara lain:

Sebelah barat berbatasan dengan: Desa Kembaran

Sebelah timur berbatasan dengan: Desa Linggasari

Sebelah utara berbatasan dengan: Desa Linggasari

Sebelah selatan berbatasan dengan: Desa Sambeng Kulon

Terbagi dalam 2 (dua) Dusun, 3 (tiga) Rukun Warga dan 16 (enam belas) Rukun Tangga. Terletak 11 KM di sebelah timur laut dari pusat kota Purwokerto. Sebelah timur Larangan, ibu kota Kecamatan Kembaran, yang berada di jalur jalan alternatif Purwokerto-Purbalingga melalui utara.

Terdiri atas 4 dusun (dukuh), yaitu Dusun Purbasari (Basari), Dusun Purbadana, Dusun Karang Duwur, dan Dusun Cingkrang. Mayoritas penduduknya bermatapencaharian sebagai petani, pedagang, buruh dan pegawai negeri. Mempunyai 2 sekolah dasar negeri, 3 TPA/TPQ, 2 masjid jami', 1 lapangan sepak bola, 2 cek dam (Dam Jolang, 1 pasar tradisional, 1 lumbung padi, 1 tempat pemakaman umum.

Komoditas utama yang diperdagangkan oleh pedagang dari Purbadana adalah ayam kampung, ayam potong dan hasil peternakan lainnya (seperti ikan air tawar), kacang goreng,sayur mayur, tanaman hias dan pupuk organik. Untuk komoditas ayam kampung, pedagang ayam Purbadana bisa mengirimkan ke Jakarta rata-rata 6.000 ekor/hari. Sedangkan komoditas pupuk organik produk Purbadana yang bisa dikirim ke kota-kota seperti Purwokerto, Cilacap, Cirebon, Yogyakarta, dan Jakarta rata-rata mencapai 12 ton perminggu.

Komoditas pertanian adalah padi, jagung, Kacang Panjang, Kedelai, dan Bengkoang, sedangkan komoditas uggulan adalah bengkoang, hasil yang diperoleh dari lahan seluas 1400 meter persegi atau 100 ubin dapat mencapai 5000 kilogram

Komoditas peternakan yang saat ini dikembangkan adalah peternakan sapi yang dilaksanakan oleh Kelompok Usaha Bersama "Harapan Tani Makmur" yang diketuai oleh Surya Wibowo dan sekretaris oleh Suratman,S.Si. Dengan kerja sama dan bantuan dari Pemerintah Desa Purbadana dengan menyediakan tanah desa dan kandang sapi massal