Pterodaustro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Pterodaustro
Periode Kapur Awal, 105 jtyl
Pterodaustro

Cetakan dari spesimen kerangka di Museo Argentino de Ciencias Naturales, Caballito, Buenos Aires, Argentina
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasReptilia
OrdoPterosauria
FamiliCtenochasmatidae
GenusPterodaustro
Bonaparte, 1970
Tata nama
Sinonim takson

Pterodaustro (berarti "sayap dari selatan") adalah genus dari pterosaurus pterodactyloidea yang hidup di Amerika Selatan pada periode Kapur Awal, sekitar 105 juta tahun lalu.

Restorasi tulang

Fosil-fosil pertama dari Pterodaustro ditemukan pada akhir 1960-an di Formasi Lagarcito, Argentina. Diantaranya adalah fosil holotipe dari genus ini, PVL 2571.

Genusnya dinamai pada 1969 oleh José Bonaparte sebagai nama nomen nudum. Deskripsi pertama dari Pterodaustro adalah pada tahun 1970, membuat namanya valid, dengan Pterodaustro guiñazui sebagai spesies tipenya.[2]

Hewan ini memiliki fitur tubuh mencolok yang khas, yaitu tengkoraknya yang panjang (hingga 29 sentimeter) dan melengkung keatas yang menyandang ribuan gigi modifikasi berbentuk balin yang kemungkinan digunakan untuk menyaring krustasea, plankton, alga dan makhluk kecilnya dari dalam air untuk mencari makan[3] seperti paus balin masa kini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ L. Codorniú and Z. Gasparini. 2007. Pterosauria. In Z. Gasparini, L. Salgado, R. A. Coria (eds.), Patagonian Mesozoic Reptiles. Indiana University Press, Bloomington, IN 143-166.
  2. ^ Bonaparte, J. F. (1970). "Pterodaustro guinazui gen. et sp. nov. Pterosaurio de la Formacion Lagarcito, Provincia de San Luis, Argentina y su significado en la geologia regional (Pterodactylidae)". Acta Geologica Lilloana. 10: 209–225. 
  3. ^ Wellnhofer, Peter (1996) [1991]. The Illustrated Encyclopedia of Pterosaurs. New York: Barnes and Noble Books. hlm. 132. ISBN 0-7607-0154-7.