Peteinosaurus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Peteinosaurus (arti: kadal bersayap) merupakan jenis dinosaurus yang semasa dengan Eudimorphodon, semacam dinosaurus yang lebih kecil dan kemungkinan lebih banyak memakan beberapa jenis serangga dibandingan ikan. Jenis ini menunjukkan bahwa pterosaurus[1] baru telah berevolusi dan berkembang serta memiliki beberapa cara bertahan hidup dan meneruskan pola makan bervariasi yang berbeda di dalam varietas habitat yang ada di sekitar tepian pantai Laut Tethys. Jenis ini kemungkinan merupakan keturunan jenis jurassic awal yang dikenal sebagai Dimorphodon.[2] Peteinosaurus tersebar pada umumnya di daerah Italia utara. biologi, klasifikasinya termasuk di dalam Archosauromorpha, ornithodira, pterosauria, dan rhamporhynchoidea. Di dalam dunia biologi, spesies ini dinamakan sekitar tahun 1978 oleh majalah Wild. Spesies ini hidup pada era norian dari Triassic akhir.

Peteinosaurus merusapan dinosaurus kecil yang bentuknya lebih primitif dibandingkan Eudimorphodon, memiliki gigi yang secara umum berukuran sama dan terpisah dari dua pasang taring kecil pada rahang depan bawah serta semuanya memiliki satu titik kecil. Sayapnya dua kali lebih panjang dibandingkan paha belakang (cenderung lebih kecil untuk pterosaurus primitif). Rhamphorhincoida secara umum (klasifikasi di atas pterosaurus) memiliki sayap yang setidaknya tiga kali lebih panjang dibandingkan paha belakang.

Peteinosaurus

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Fakta Pterodactyl, Pteranodon & Dinosaurus Terbang Lain » Amazine.co". Amazine.co (dalam bahasa Inggris). 2014-11-30. Diakses tanggal 2017-10-01. 
  2. ^ "Jurassic World". Jurassic World (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-10-01.