Provinsi Tengah (Papua Nugini)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Koordinat: 9°30′LU 147°40′BT / 9,5°LS 147,667°BT / -9.500; 147.667

Provisi Tengah
Provinsi
Bendera Provisi Tengah
Bendera
Papua new guinea central province.png
Country  Papua New Guinea
Ibukota Port Moresby (rencana pinda ke Bautama)
Pemerintahan
 • Gubernur Alphonse Moroi (2002-)
Area
 • Total 11,400 sq mi (29.500 km2)
Populasi (2000)
 • Total 183.983
 • Kepadatan Bad rounding here16/sq mi (Bad rounding here6.2/km2)
Zona waktu AEST (UTC+10)

Provinsi Tengah adalah sebuah provinsi di Papua Nugini yang terletak di pesisir selatan negara ini. Provinsi Tengah berpenduduk 183.983 jiwa (sensus 2000) dan memiliki luas 29.500 km persegi. Ibu kota provinsi berada di Port Moresby, yang juga menjadi ibu kota nasional dan secara teknis terletak di dalam Distrik Ibu Kota Nasional, bukan di wilayah Provinsi Tengah itu sendiri. Pada 9 Oktober 2007, Pemerintah Provinsi Tengah meluncurkan rencana untuk membangun ibu kota provinsi yang baru di Bautama, yang terletak di dalam Provinsi Tengah, di dekat Port Moresby.[1]

Sementara Tok Pisin adalah lingua franca di seluruh kota di Papua Nugini, di sebagian daerah pesisir Pulau Papua bagian selatan yakni berpusat di Provinsi Tengah, Hiri Motu adalah lingua franca terkuat (tetapi tidak demikian halnya dengan Port Moresby).

Peta Provinsi Tengah di Papua Nugini
Port Moresby
Pantai Hula Texas, di Hula area, Provinsi Tengah

Central berada di pesisir selatan yang memiliki iklim terkering di Papua Nugini, memiliki beberapa gunung-gunung tertinggi, dan salah satu provinsi dengan kepadatan penduduk terendah (5 orang/km2). Keadaan di Central sangat dipengaruhi oleh tetangganya, Distrik Ibukota Nasional (NCD). Pusat desa menjual buah-buahan, sayuran, ikan, dan buah pinang ke pasar di NCD. Penduduk desa mendapatkan manfaat dari toko-toko dan pelayanan-pelayanan publik, sistem kesehatan dan transportasi yang berbasis di ibukota. Banyak pekerjaan di bidang pemerintahan atau bisnis di sini. Jauh dari NCD, penghidupan di bidang pertanian dan memancing adalah kegiatan utama. Tingkat upah Central adalah terendah di Papua Nugini. Kayu, karet, dan ekor lobster adalah ekspor utama provinsi ini.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Para ilmuwan telah menemukan alat batu dan bukti lain yang menunjukkan bahwa orang telah tinggal di Kosipe di pegunungan Goilala 26000 tahun yang lalu. Orang-orang pesisir dari Tanjung Rodney Barat diyakini telah tiba di 2000 tahun terakhir. Dua jaringan perdagangan tradisional terdapat di sepanjang Pantai Central. Kedua jaringan perdagangan tradisional tersebut menggunakan sampan besar yang bergantung pada perubahan angin musim untuk pergi maupun kembali. Dalam perdagangan Giri, orang-orang Motu menukarkan periuk dan kerang untuk mendapat sagu dan kayu dari orang-orang Elemea di timur Provinsi Gulf.

Sagu yang dapat disimpan untuk waktu yang lama adalah makanan utama di akhir musim kemarau di sekitar NCD. Penduduk Mailu di timur Central menjual periuk, kapak, dan kerang bersama dengan orang-orang Motu dan Teluk Milne.

Masyarakat Missionaris London mulai melakukan misinya di sepanjang Pantai Central pada tahun 1873. Pemerintahan Inggris mulai datang pada tahun 1884. Pada 1885, misi Katolik Roma membuat markas besarnya di Pulau Yule. Misi Katolik Roma membuat banyak misi di kawasan Kairuku dan Goilala. Uskup Katolik pertama di PNG adalah Louis Vangeke. Eropa mendirikan perkebunan karet di daerah Sogeri, area sungai Kemp Welch dan perkebunan kelapa di sepanjang pantai. Pada tahun 1908 Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh memulai misi pertamanya di Papua Nugini, di dekat Sogeri.

Selama Perang Dunia II, pasukan Jepang melintasi area Stanley Owen dan bergerak jauh menuju sepanjang jalur Kokoda sebelum pasukan Australia menghentikan mereka di pegunungan Imita, dekat Sogeri, pada September 1942. Banyak laki-laki dari Central menjabat sebagai tenaga kerja di perusahaan pengangkutan atau buruh untuk pasukan sekutu. Setelah perang, bangunan-bangunan tentara di Sogeri diubah menjadi sebuah pusat pelatihan.

Demografi[sunting | sunting sumber]

  • Populasi: 140847 warga dan 348 ekspatriat.
  • Luas tanah: 29 500 km2.
  • Anggota parlemen: 5.
  • Kantor Pusat: Konedobu, NCD.
  • Kabupaten; penduduk warga negara; bahasa utama:
    • Abau, hq[1] di Kupiano; 31088; Magi, Keapara, Daga, Sona.
    • Goilala, hq di Tapini; 22073; Fuyuge, Taude, Kunimaipa.
    • Hiri, hq di Konedobu, NCD; 28731; Motu, Koiari, Koita.
    • Kairuku, hq di Bereina; 29548; Roro, Nara, Mekeo, Kuni.
    • Rigo, hq di Kwikila; 29407; Sinagoro, Keapara, Maria.

Distrik dan LLG[sunting | sunting sumber]

District District Capital LLG Name
Abau District Abau Amazon Bay Rural
Aroma Rural
Cloudy Bay Rural
Goilala District Tapini Guari Rural
Tapini Rural
Woitape Rural
Kairuku-Hiri District Bereina Hiri Rural
Kairuku Rural
Koiari Rural
Mekeo Kuni Rural
Rigo District Kwikila Rigo Central Rural
Rigo Coastal Rural
Rigo Inland Rural

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Hanson, L.W., Allen, B.J., Bourke, R.M. and McCarthy, T.J. (2001). Papua New Guinea Rural Development Handbook. Land Management Group, Research School of Pacific and Asian Studies, The Australian National University, Canberra. Tersedia dalam wujud PDF sebesar 30 Megabyte.