Provinsi Dataran Tinggi Barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Provinsi Dataran Tinggi Barat
Bendera Provinsi Dataran Tinggi Barat
Bendera
Papua new guinea western highlands province.png
Negara Papua New Guinea
IbukotaMount Hagen
Pemerintahan
 • GubernurPaias Wingti (2012-)
Luas
 • Total3,200 sq mi (8.288 km2)
Penduduk
 • Total440.000
 • KepadatanBad rounding here140/sq mi (Bad rounding here53/km2)
Zona waktuUTC+10

Provinsi Dataran Tinggi Barat adalah salah satu dari 21 provinsi di Papua Nugini . Provinsi ini mempunyai luas 8.288 km ² dengan jumlah penduduk lebih dari 440.000 jiwa pada tahun 2000. Ibu kota provinsi ini adalah Mount Hagen dengan lebih dari 27.700 penduduk.

Provinsi Dataran Tinggi Barat memiliki lanskap bervariasi. Antara dibumbui dengan empat-ribu-puncak pegunungan Kuborgebirge dan Bismarck Pegunungan di selatan dan utara, ada hutan, pegunungan, padang rumput savana dan berkebun. Dengan jalan raya Highland, ada hubungan transportasi yang baik untuk pariwisata, serta budidaya teh dan kopi penting.

Western Highlands adalah koloni Jerman Guinea Baru Jerman, dan ibu kota Gunung Hagen setelah administrasi perwira Jerman bernama Curt von Hagen. Pada tahun 1951 daerah dataran tinggi dibagi menjadi provinsi yang berbeda, Tahun 1968 Provinsi Enga memisahkan diri dari Dataran Tinggi Barat. Wilayah Dataran Tinggi Barat adalah tempat pertemuan tradisional untuk perdagangan dataran tinggi.

Dataran Tinggi Barat (Western Highlands) memiliki pegunungan tertinggi dan beberapa lembah terbesar di Papua Nugini. Tanah yang kaya akan abu vulkanik menjadikan tanah sepanjang 80 km di Lembah Wahgi menjadi salah satu wilayah pertanian paling produktif di Papua Nugini. Provinsi ini menghasilkan dua-perlima dari ekspor kopi dan teh di Papua Nugini. Provinsi ini juga memproduksi sayuran untuk supermarket di kota. Gunung Hagen adalah pusat transportasi dan perdagangan untuk 3 Provinsi dataran tinggi Barat. Orang-orang Dataran Tinggi Barat telah belajar menumbuhkan tanaman sejak 9000 tahun, membuat mereka menjadi petani tertua dunia. Provinsi ini memiliki kepadatan penduduk tertinggi dari setiap provinsi (sekitar 37 orang/km2). Kebanyakan dari mereka tinggal di lembah utama 1500-1800 m dpl. Pertempuran antar-suku sering terjadi di daerah Gunung Hagen-Baiyer-Nebilyer.

Ringkasan
  • Populasi: 335 592 warga dan ekspatriat 586.
  • Luas tanah: 8500 km2.
  • Anggota parlemen: 8.
  • Kantor Pusat: Gunung Hagen.
  • Kabupaten; warga negara; bahasa utama:
    • Hagen Central, hq di Gunung Hagen; 108 629; Melpa, Gawigl.
    • Hagen Utara, hq di Muglamp; 86 134; Melpa, Enga Kayaka.
    • Jimi, hq di Tabibuga; 33 354; Ganja, Narak, Maring, Kalam.
    • Tarnbul; 28 374; Gawigl.
    • Wahgi, hq di Minj; 79 101; Wahgi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Para ilmuwan percaya orang-orang telah tinggal di rawa-rawa Kuk dekat Gunung Hagen sejak 20000 tahun yang lalu. Mereka telah berkebun 9000 tahun yang lalu. Pemburu dan pengumpul makanan hidup di gua-gua di Yuku dekat Sungai Baiyer 12 000 tahun yang lalu. Mereka telah makan babi dari 10000 tahun yang lalu dan telah menjadi petani dan pedagang sejak 6500 tahun yang lalu.

Patroli Australia pertama dipimpin oleh Jim Taylor dan Leahy bersaudara memasuki Dataran Tinggi Barat pada tahun 1933. Pastur William Ross memimpin misionaris Katolik ke daerah Gunung Hagen pada tahun 1934, tetapi kegiatan mereka dibatasi oleh pemerintah sampai pertengahan 1940-an. Ekspatriat mulai menanam kopi di awal 1950-an. Tanaman harus diangkut ke Madang oleh pesawat hingga awal 1960-an, ketika Jalan Dataran Tinggi ke Lae diperlebar hingga cukup untuk penggunaan perdagangan. Perkebunan teh mulai didirikan di dekat Minj pada tahun 1964. Sejak itu, telah ada reklamasi skala besar tanah-tanah rawa Wahgi untuk tanaman teh ini. Pada tahun 1970, penduduk desa menyelesaikan jalan yang menghubungkan lembah Jimi dengan Lembah Wahgi di Banz.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Sektor ekonomi Provinsi Dataran Tinggi Barat terutama didasarkan pada perkebunan kopi. Kopi dipetik dikeringkan dan diproses untuk ekspor. Selain itu, teh juga merupakan tanaman utama yang tumbuh dan diproses, tetapi di perkebunan oleh Wr Carpenters & Company Limited untuk konsumsi lokal dan ekspor. Selain ini, sayuran ditanam untuk pasar domestik, dan dijual terutama untuk pasar Lae dan Port Moresby

Distrik dan LLG[sunting | sunting sumber]

District District Capital LLG Name
Dei District Dei Muglamp Rural
Kotna Rural
Mount Hagen District Mount Hagen Mount Hagen Rural
Mount Hagen Urban
Mul-Baiyer District Baiyer Baiyer Rural
Lumusa Rural
Mul Rural
Tambul-Nebilyer District Nebilyer Mount Giluwe Rural
Nebilyer Rural

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Heiner Wesemann: Papua-Neuguinea. Niugini. Steinzeit-Kulturen auf dem Weg ins 20. Jahrhundert. DuMont, Köln 1985, ISBN 3-7701-1322-5 (DuMont-Kultur-Reiseführer in der Reihe DuMont-Dokumente)