Produk peluruhan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Rantai peluruhan dari timbal-212 sampai ke timbal-208, menunjukkan produk tengah peluruhan.


Dalam fisika nuklir, produk peluruhan (juga dikenal sebagai produk turunan, isotop turunan atau nukleida turunan) adalah sisa nuklida yang tersisa dari peluruhan radioaktif. Peluruhan radioaktif sering terjadi melalui serangkaian langkah (rantai peluruhan). Misalnya, 238U meluruh ke 234Th yang meluruh ke 234mPa yang meluruh, dan seterusnya, ke 206Pb (yang stabil):

Dalam contoh ini:

  • 234Th, 234mPa, ..., 206Pb adalah produk peluruhan dari 238U.
  • 234Th adalah turunan ke-1 dari induk 238U.
  • 234mPa (234 metastabil) adalah turunan ke-2 dari 238U.

Ini dapat juga disebut sebagai produk turunan dari 238U.[1]

Produk peluruhan adalah hal penting dalam memahami peluruhan radioaktif dan pengelolaan limbah radioaktif.

Untuk unsur dengan nomor atom di atas timbal, rantai peluruhan biasanya berakhir pada isotop talium atau timbal.

Dalam banyak kasus, anggota rantai peluruhan jauh lebih radioaktif daripada nuklida asli. Jadi, meskipun uranium tidak memiliki bahaya radioaktif bila murni, beberapa bagian alami pitchblende cukup berbahaya karena kandungan radium mereka. Demikian pula, mantel gas thorium sangat sedikit radioaktif saat baru, namun menjadi jauh lebih radioaktif setelah penyimpanan beberapa bulan saja.

Meskipun tidak dapat diprediksi apakah atom zat radioaktif tertentu akan meluruh pada waktu tertentu, produk peluruhan zat radioaktif sangat mudah ditebak. Oleh karena itu, peluruhan produk penting bagi ilmuwan di berbagai bidang yang perlu mengetahui kuantitas atau jenis produk induknya. Studi semacam itu dilakukan untuk mengukur tingkat polusi (di dalam dan sekitar fasilitas nuklir) dan untuk hal-hal lain.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Glossary of Volume 7 (Depleted Uranium — authors: Naomi H. Harley, Ernest C. Foulkes, Lee H. Hilborne, Arlene Hudson, and C. Ross Anthony) of A review of the scientific literature as it pertains to gulf war illnesses.