Powderfinger (band)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Powderfinger
A stage shot of six men playing, at left is a man seated at keyboards with a microphone, next is the drummer behind his kit with a drumstick raised in his right hand, next is a guitarist singing into a microphone, then another singer-guitarist who is highlighted by overhead lighting, another man playing a bass guitar is mostly obscured behind the lead singer, the last man at right is also playing a guitar. In front of the stage are cameramen and audience members. Above is further stage lighting with, at left, a large projected image of the top part of the moon.
Powderfinger performing "These Days" on the Across the Great Divide Tour, September 2007, Sydney.
Left to right: Lachlan Doley (auxiliary musician), Jon Coghill, Darren Middleton, Bernard Fanning, John Collins (obscured), Ian Haug
Latar belakang
Nama lainTerry, Bruce, Econdogs
AsalBrisbane, Queensland, Australia
GenreRock, alternative rock, hard rock, grunge
Tahun aktif1989 (1989)–2010 (2010)
LabelFinger, Polydor, Universal
Artis terkaitThe Eternal, Drag, Far Out Corporation, The Predators, Silverchair, The Church
Situs webpowderfinger.com
Mantan anggotaSteven Bishop
John Collins
Ian Haug
Bernard Fanning
Jon Coghill
Darren Middleton

Powderfinger adalah kelompok musik rock Australia yang didirikan di Brisbane pada tahun 1989. Sejak tahun 1992 sampai dengan bubarnya pada 2010, formasinya adalah; vokalis dipercayakan kepada Bernard Fanning, gitaris oleh Darren Middleton dan Ian Haug, bass gitar dimainkan oleh John Collins, dan drums dipegang oleh Jon Coghill. Album studio ketiga berjudul Internationalist, menempati peringkat pertama dalam tangga lagu ARIA Albums Chart pada bulan September 1998. Setelah itu mereka mengeluarkan empat album lagi yaitu Odyssey Number Five (September 2000), Vulture Street (Juli 2003), Dream Days at the Hotel Existence (Juni 2007), dan Golden Rule (November 2009). Singel yang masuk sepuluh besar mereka yaitu My Happiness (2000), "(Baby I've Got You) On My Mind (2003) and Lost and Running (2007). Secara keseluruhan, Powderfinger menerima delapan belas penghargaan dari ARIA Awards yang mengantarkan mereka menjadi band kedua dengan penerimaan penghargaan terbanyak, setelah Silverchair. Sepuluh album Powderfinger dan DVD mereka mendapatkan beberapa kali sertifikasi platinum, melalui Odyssey Number Five – album tersukses mereka– mencapai delapan kali sertifikat platinum, dengan penjualan lebih dari 560,000 keping.

Setelah merilis DVD pertama mereka, These Days: Live in Concert (September 2004), dan kompilasi album, Fingerprints: The Best of Powderfinger, 1994–2000 (November 2004), group ini menyatakan jeda pada tahun 2005. Pada bulan Juni 2007 dikabarkan, mereka akan menggelar konser nasional selama dua bulan bersama Silverchair, Across the Great Divide Tour, diikuti dengan rilis Dream Days at the Hotel Existence. Powderfinger were terlibat dalam penggalangan dana dengan sejumlah filantropis. Pada tahun 2005, mereka tampil dalam konser WaveAid di Sydney, untuk membantu menghimpun dana bagi area terdampak menyusul bencana Gempa bumi dan tsunami Samudra Hindia 2004. Penampilan lain mereka dilakukan di Sydney Opera House pada bulan Oktober 2007, untuk mengumpulkan dana bagi penderita kanker payudara beserta keluarga mereka. Salah satu tujuan dari tour Across the Great Divide adalah untuk mempromosikan upaya Rekonsiliasi Australia dan kepedulian kepada kesenjangan hidup anak-anak antara keturunan pribumi dan non-pribumi. Pada bulan April 2010 Powderfinger mengumumkan akan membubarkan diri setelah tour Sunsets Farewell, mendeklarasikan bahwa ini adalah tahun terakhir mereka dalam kiprah musik. Pada 13 November 2010, tampil dalam konser terakhir mereka, sebagai penanda bahwa mereka akan membubarkan diri. Pada bulan November tahun berikutnya, pewarta musik rock Dino Scatena, dan band ini menerbitkan sebuah buku biografi berjudul Footprints: the inside story of Australia's best loved band.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Formasi dan awal rilis (1989–93)[sunting | sunting sumber]

Powderfinger dibentuk pada tahun 1989 The Eternal, The Vibrants dan The Fossils merupakan kelompok band lain yang bermarkas di Brisbane. Semua anggota Powderfinger menempuh pendidikan di Brisbane Grammar School – sebuah sekolah privat di Spring Hill – dan mereka mengawali tampil sebagai cover band dengan memainkan pub rock klasik karya The Rolling Stones, The Doors, Led Zeppelin, Steppenwolf, Rodriguez, dan Neil Young. Nama band tersebut diambil dari salah satu lagu karya Young dengan judul yang sama. Meskipun mereka populer di Brisbane, ketika bermain musik dengan aliran heavy metal di Newcastle pada 1990, Powderfinger dicemooh di atas panggung. Setelah menyelesaikan sekolah sekunder, Collins dan Haug meneruskan di University of Queensland, di mana mereka akhirnya bertemu dengan Bernard Fanning dalam sebuah kelas ekonomi – dan mengetahui bahwa Fanning memiliki kesamaan minat dalam musik, serta dapat bernyanyi. Fanning mengambil peran sebagai vokalis utama, menggantikan Haug dan juga bermain gitar dan meniup harmonika. Setelah itu, tahun 1990, Jon Coghill – mahasiswa di lain perguruan tinggi bersama Fanning dan Haug – menggantikan Bishop pada drums, yang dideskripsikan sebagai "saling meninggalkan". Bishop kemudian bekerja di London, markas band itu sebelum kembali di Brisbane- adalalah seorang anggota dari Moonjuice kemudian pindah ke The Haymakers. Formasi terakhir Powderfinger berubah pada tahun 1992 dengan masukknya Darren Middleton (The Pirates) pada guitar, keyboards dan suara latar. Powderfinger awalnya tampil cover versions dengan membawakan lagu-lagu para artis, tetapi secara perlahan mereka mengembangkan diri melalui penciptaan lagu sendiri.

Pada bulan Agustus1992, grup ini membiayai sendiri produksi mereka berisi tujuh lagu dengan judul nama band, yang juga dikenal dengan sebutan Blue EP, di bawah label mereka, Finger yang didistribusikan oleh MDS. Album ini diproduseri oleh Leroy Bath dan Ian Taylor, direkam di Broken Toys Studios, Brisbane. EP dengan versi awal berjudul Save Your Skin, ditulis bersama oleh Coghill, Collins, Haug, Middleton, dan Fanning; Kemudian dirilis pada bulan Juli 1994 sebagai single dari album debutan mereka, Parables for Wooden Ears. EP kedua, Transfusion, dirilis pada September 1993, didistribusikan oleh Polydor Records. Dari lima lagu itu termasuk Reap What You Sow, yang mencapai peringkat pertama dalam tangga lagu ARIA Alternative Singles Chart, menggantikan lagu Nirvana berjudul Heart-Shaped Box. Band ini merekam musik video pertama untuk lagu Reap What You Sow, dengan disutradarai oleh David Barker, yang tak lama kemudian juga menyutradarai tujuh musik video mereka berikutnya. Setelah kesuksesan EP, grup ini menandatangani kontrak kerja sama dengan Polydor.

Album awal (1994–98)[sunting | sunting sumber]

Collins is playing his bass guitar with his left hand on the fret board and right hand with fingers plucking at the strings. His head is bent to his left and down, his fair haired fringe hangs over his eyes. He wears a dark long shirt. A drum kit is beyond him, further to his left. Stage lights shine down from above.
John Collins is one of the founders of Powderfinger. The bass guitarist is shown at the Rock and Soul Revue, Brisbane in January 2005.

Pada bulan Januari1994 Powderfinger tampil di tour Big Day Out. Pada 18 Juli tahun itu mereka mengeluarkan album studio debutan mereka, Parables for Wooden Ears di bawah bendera Polydor. Menurut sejarawan musik Australia Ian McFarlane, album ini "menampilkan kerumitan, cermat dalam penggarapannya, namun agak lambat dan terkesan suram, itu terlihat dalam lagu Transfusion". Album ini diproduseri oleh Tony Cohen (Nick Cave and the Bad Seeds, The Cruel Sea), di mana kemudian Fanning mendiskripsikan sebagai "hari-hari gelap", dengan jangkauan terbatas di radio. Dalam rangka mendukung rilis album, band ini giat tampil dalam festival musik Livid dan Homebake. Powderfinger didukung oleh Pantera dari Amerika Serikat dalam tour Driven Downunder tahun 1994. Pendukung lain dari Australia dalam tour itu adalah bekas pemain Newcastle, Silverchair. Tiga single dirilis dari album debutan Powderfinger – Tail, Grave Concern, and Save Your Skin – tetapi tak satu pun yang berjaya dalam ARIA Singles Chart Top 50. Rilis album selanjutnya, dan kurang mendapatkan sambutan. Pada bulan April 1995 grup ini melakukan rekaman di Melbourne's Metropolis Studio bersama Lachlan "Magoo" Goold (Regurgitator) dan pada bulan Juli merelis lima lagu dalam EP, Mr Kneebone.

Album studio kedua, Double Allergic, dikeluarkan pada tanggal 2 September 1996, menemmpati urutan ke-4 tangga lagu ARIA Albums Chart dan mendapatkan tiga sertifikat platinum dari ARIA tersebab penjualan mencapai 210,000 keping, sampai dengan tahun 2007. Album ini turut diproduseri oleh Tim Whitten bersama grup. Empat single yang dirilis dari album – Pick You Up, D.A.F., Living Type dan Take Me In. Take Me In wsendiri dirilis sebagai video single dengan menampilkan beberapa musik video yang telah mereka bikin sebelumnya. Tahun 1997 album ini dirilis di Kanada dan mereka melakukan promo tour di Amerika Utara.

Discografi[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Powderfinger merupakan band tersukses di ranah industri musik Australia yang banyak menerima penghargaan dari ARIA Music Awards; 18 kali dari 47 nominasi – band kedua terbesar setelah Silverchair yang memenangi sebanyak 21 kali dari 49 nominasi. Tahun kesuksesan Powderfinger dicapai pada 2001 di mana mereka memenangi enam penghargaan dari delapan nominasi untuk lagu Odyssey Number Five. These Days and My Happiness menempati peringkat satu dalam daftar Triple J Hottest 100 tahun 1999 dan 2000 secara berturut-turut, dan 21 lagu Powderfinger lainnnya juga menempati peringkat atas tahun-tahun berikutnya.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]