Portal:Sosialisme/Biografi pilihan/2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Potret Keir Hardie

James Keir Hardie, Sr. (15 Agustus 1856 – 26 September 1915), adalah sosialis Skotlandia dan pemimpin buruh. Dia menjadi anggota parlemen Independent Labour yang terpilih di Parliament of the United Kingdom. Hardie dihormati sebagai salah satu pendiri utama Partai Buruh Independen dan juga Partai Buruh yang kemudian menjadi bagiannya.

Sebelumnya adalah seorang liberal, sampai dengan akhir 1880-an, Hardie menjadi yakin akan kebutuhan atas organisasi politik yang berbeda untuk mewakili kepentingan pekerja. Sampai dengan saat itu, dia juga aktif dalam penerbitan surat kabar pekerja radikal.

Pada 1892 Hardie terpilih menjadi anggota buruh independen dalam House of Commons mewakili konstituen West Ham South London. Hardie menyebabkan keributan ketika dia pertama kali datang ke gedung parlemen karena dia memakai pakaian buruh dibanding memakai setelan formal sehari-hari dan topi sutra yang dianggap dibutuhkan untuk keperluan parlementer.

Pada 1893 Partai Buruh Independen dibentuk dan Hardie menjadi ketua pertamanya. Pada 1895 dia kehilangan kursi West Ham South, tapi kemudian terpilih kembali ke Parlemen pada 1900 mewakili kursi Merthyr Tydfil, yang dia pegang sampai kematiannya. Sekitar waktu ini, pergerakan buruh terpecah dan pada 1906 Komite Perwakilan Buruh berhasil mengirim 29 anggota Partai Buruh ke Parlemen.

Pada 1906, Partai Buruh berdiri dan Hardie menjadi pemimpinnya. Pada tahun yang sama, Liberal memenangkan pemilihan umum dengan perbedaan yang jauh, mengalahkan Partai Konservatif - tapi yang lebih penting adalah terpilihnya 29 anggota Partai Buruh; pertama kali sebanyak itu.