Portal:Film/Tokoh pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Halaman ini memuat tentang artikel biografi tokoh perfilman untuk menjadi Tokoh Pilihan di portal film. Pengguna dapat mengajukan pilihannya di Pembicaraan. Syarat - syaratnya antara lain:

  1. Artikel harus berhubungan dengan tokoh - tokoh yang telah banyak berperan di perfilman.
  2. Artikel harus netral dan ditulis dengan gaya bahasa yang baik.
  3. Artikel mempunyai referensi atau pranala luar yang cocok.
  4. Artikel mempunyai sedikit pranala merah.
  5. Mempunyai panjang yang cukup dan bukan merupakan artikel rintisan.

Tokoh pilihan[sunting sumber]

4[sunting sumber]

Portal:Film/Tokoh pilihan/4
Marilyn Monroe (nama lahir adalah Norma Jeane Mortenson; 1 Juni 1926 – 5 Agustus 1962) adalah seorang aktris dan peragawati Amerika. Terkenal karena memerankan karakter "si pirang yang bodoh", ia menjadi salah satu simbol seks paling populer pada tahun 1950-an, yang menandai perilaku terhadap seksualitas pada era tersebut. Meskipun ia merupakan seorang aktris dengan bayaran paling tinggi, hanya pada satu dekade film-filmnya meraih keuntungan sejumlah $200 juta pada masa kematiannya yang misterius pada tahun 1962. Ia masih dianggap menjadi ikon budaya populer besar.

3[sunting sumber]

Portal:Film/Tokoh pilihan/3
Shahrukh Khan (bahasa Hindi: शाहरुख़ ख़ान, bahasa Urdu: شاہ رخ خان, lahir di New Delhi, 2 November 1965; umur 54 tahun) atau biasa dikenal sebagai SRK, adalah seorang pemeran film, produser dan pembawa acara televisi asal India. Disebut dalam media sebagai "Baadshah of Bollywood", "King of Bollywood" atau "King Khan", ia tampil dalam lebih dari 80 film Bollywood, dan meraih sejumlah penghargaan, termasuk 14 Penghargaan Filmfare. Khan memiliki penggemar berjumlah signifikan di Asia dan diaspora India di seluruh dunia. Dalam hal jumlah audien dan pemasukan, ia disebut sebagai salah satu bintang film paling sukses di dunia.

2[sunting sumber]

Portal:Film/Tokoh pilihan/2
Joko Anwar lahir pada tanggal 3 Januari 1976 di sebuah kawasan perkampungan miskin di Medan, Sumatera Utara di mana tumbuh besar dengan menonton film-film kung fu dan horror. Ia adalah salah satu penulis skenario, sutradara dan produser asal Indonesia. Beberapa film yang pernah ia sutradarai seperti Janji Joni dan Kala.

Seroang Joko Anwar

1[sunting sumber]

Portal:Film/Tokoh pilihan/1
Andriani Marshanda yang akrab dipanggil "Caca" maupun "Chacha" ini (lahir Jakarta, 10 Agustus 1989) adalah seorang artis muda bintang sinetron, bintang iklan, penyanyi dan juga pembawa acara. Marshanda memulai kariernya di dunia iklan sejak kelas 1 SD secara tidak sengaja atau kebetulan, di mana saat itu Marshanda menemani tantenya yang model terkenal, Chintya Rustam, mantan model iklan sabun Lux ke ke biro iklan Citra Lintas. Ternyata sesampai di sana, Marshanda diminta untuk diikutkan casting. Hingga akhirnya casting pada tahun 1997 itu Marshanda terpilih untuk membintangi iklan Bank Danamon. Selanjutnya Marshanda membintangi sejumlah iklan televisi maupun media cetak, di antaranya Filma, Cadbury Eclairs, Supermi Ayam Bawang, Es Mony, Tango Wafer, Chicken Nuggets, Carvil Millenium, dan Susu Bendera.

Tokoh pilihan sebelumnya: lainnya