Plered, Cirebon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Plered
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Barat
Kabupaten Cirebon
Pemerintahan
 • Camat -
Luas - km²
Jumlah penduduk -
Kepadatan - jiwa/km²
Desa/kelurahan 10
Untuk pengertian lain, lihat Plered.

Plered adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. Hasil pemekaran Kecamatan Weru. Kecamatan Weru, Cirebon sendiri lebih dikenal dengan nama Plered daripada Weru. Sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Tengahtani, Cirebon, selatan dengan Kecamatan Weru, barat dengan Kecamatan Plumbon, utara dengan Kecamatan Cirebon Utara atau Kecamatan Gunung Jati.

Di Kecamatan Plered banyak terdapat industri meubel rotan terutama di Desa Tegalsari. Selain di Tegalsari,industri rotan juga berkembang di Desa Tegalwangi. (Desa Tegal Sari adalah desa hasil pemekaran dari Desa Tegalwangi. Sekarang, Desa Tegalwangi tetap berada di Kecamatan Weru, sedangkan Desa Tegal Sari bergabung dengan Kecamatan Plered. Kecamatan Plered adalah Kecamatan pemekaran dari Kecamatan Weru). Hasil industri rotan sebagian besar diekspor dan merupakan salah satu penyumbang devisa terbesar bagi Kabupaten Cirebon. Pada masa jayanya setiap bulan diekspor tidak kurang 1.000 kontainer meubel rotan. Saat ini industri rotan telah menyebar ke kecamatan disekitar Plered seperti Kecamatan Plumbon, Klangenan, Jamblang, dan Palimanan.

Pembatik di Trusmi pada tahun 1920-an

Selain rotan di Plered juga terdapat sentra industri batik yang cukup tua di Desa Trusmi Kulon dan Trusmi Wetan. Sebagian besar masyarakat kedua desa berpenghasilan dari batik. Seiring dengan dinamika yang ada, kerajinan batik ini sudah dikemas menjadi salah satu industri wisata budaya di Kabupaten Cirebon. Selain sebagai sentra Batik Cirebonan, di Trusmi terdapat pula sebuah kompleks makam keramat, yaitu Ki Buyut Trusmi. Di sini setiap tahun, tepat pada saat perayaan Maulid Nabi, terdapat sebuah ritual keagamaan yang oleh para penganutnya dipercaya dapat mengabulkan keinginan, jika mandi di sebuah kolam, yang disebut Balong Trusmi. Sampai saat ini tradisi tersebut masih dilaksanakan.

Motif batik yang terkenal sampai ke mancanegara adalah motif batik megamendung. Proses pembuatan dengan keahlian tangan trampil dan motif yang khas membuat batik ini bernilai seni tinggi dan diminati masyarakat internasional.

Salah satu bukti eksistensi batik di desa trusmi adalah peninggalan gedung tua Kopeasi batik indonesia ( GKBI ), yang sampai saat ini maih berdiri megah.

Desa[sunting | sunting sumber]

  1. Panembahan
  2. Tegal Sari
  3. Kaliwulu
  4. Cangkring
  5. Pangkalan
  6. Trusmi Kulon
  7. Trusmi Wetan
  8. Gamel
  9. Sarabau
  10. Wotgali

Pranala luar[sunting | sunting sumber]