Pizza Hut Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
PT Sarimelati Kencana Tbk
Pizza Hut Indonesia
Publik
Kode emitenIDX: PZZA
IndustriRestoran
Didirikan1984; 37 tahun lalu (1984) (pembukaan restoran Pizza Hut pertama di Indonesia)
16 Desember 1987; 34 tahun lalu (1987-12-16) (perusahaan)
PendiriAlwin Arifin
Kantor
pusat
Jakarta, Indonesia
Tokoh
kunci
Steven Christopher Lee (Presiden Direktur)
ProdukMasakan Italia-Amerika
pizza · pasta
Karyawan
± 9000
Induk
Situs webpizzahut.co.id
sarimelatikencana.co.id

PT Sarimelati Kencana Tbk atau yang lebih dikenal dengan Pizza Hut Indonesia merupakan perusahaan publik yang bergerak dalam bidang ritel makanan cepat saji dan bermarkas di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 16 Desember 1987. Perusahaan ini merupakan pemegang hak waralaba tunggal Pizza Hut di Indonesia. Pada tahun 2004, perusahaan ini diakuisisi oleh PT Sriboga Raturaya, salah satu produsen tepung terigu di Indonesia.

Pizza Hut membuka restoran pertamanya di Indonesia pada tahun 1984 di Gedung Djakarta Theatre, daerah Thamrin, Jakarta Pusat. Pada tahun 2000, restoran Pizza Hut pertama ini dipindahkan ke Gedung Menara Cakrawala di area yang sama, hingga sekarang. Hingga saat ini, Pizza Hut memiliki lebih dari 200 restoran yang tersebar di 22 propinsi di Indonesia.

Produk unggulan Pizza Hut Indonesia adalah pizza dengan pilihan pinggiran Pan Pizza (diperkenalkan tahun 1984), Stuffed Crust Keju (diperkenalkan tahun 2003), Stuffed Crust Sosis (diperkenalkan tahun 2004), Cheesy Bites (diperkenalkan tahun 2007), Crown Crust (diperkenalkan tahun 2009) dan Black Pan Pizza (diperkenalkan tahun 2018).

Perusahaan ini mengelola merek Pizza Hut di Indonesia berdasarkan kerjasama waralaba dengan Yum! Asia Franchise (bagian dari Yum! Brands) yang merupakan grup pemilik waralaba sejumlah merek terkemuka, seperti KFC dan Taco Bell.

Pada tahun 2007, PT Sarimelati Kencana memutuskan untuk melakukan perluasan bidang usahanya yaitu mengeluarkan PHD (Pizza Hut Delivery). Pizza Hut Delivery pertama kali didirikan pada bulan Oktober 2007 di Kelapa Gading, Jakarta Utara dengan pelayanan pada pesan antar (delivery) dan pesan bawa (take away). Dua jenis pelayanan yang diberikan oleh PHD ini, membuat gerai PHD hanya memerlukan tempat untuk membuat produk (kitchen) dan counter hanya untuk melayani pesan bawa.

Pada tanggal 23 Mei 2018, perusahaan ini mencatatkan saham perdananya di Bursa Efek Indonesia.[1]

Direksi dan komisaris[sunting | sunting sumber]

  • Komisaris Utama: Hadian Iswara
  • Komisaris Independen: Brata Taruna Hardjosubroto
  • Komisaris: Stephen James McCarthy
  • Direktur Utama: Steven Christopher Lee
  • Direktur: Jeo Sasanto
  • Direktur: Budi Setiawan

Daftar artis yang pernah terlibat di iklan Pizza Hut Indonesia[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Melantai di Bursa 23 Mei, Pizza Hut Indonesia Dapat Kode Saham PZZA". kumparan.com. 21 Mei 2018. Diakses tanggal 4 Juli 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]