Piranha 3D

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Piranha 3D
Poster Resmi
SutradaraAlexandre Aja
ProduserAlexandre Aja
Mark Canton
Marc Toberoff
Grégory Levasseur
Ditulis olehPete Goldfinger
Josh Stolberg
Alexandre Aja
Grégory Levasseur
PemeranElisabeth Shue
Adam Scott
Jerry O'Connell
Ving Rhames
Jessica Szohr
Steven R. McQueen
Christopher Lloyd
Richard Dreyfuss
Penata musikMichael Wandmacher
SinematograferJohn R. Leonetti
PenyuntingBaxter
Perusahaan
produksi
The Weinstein Company
Dimension Films
Atmosphere Entertainment
Chako Film Company
Intellectual Properties Worldwide
DistributorDimension Films (United States)
Entertainment Film Distributors (United Kingdom)[1]
Tanggal rilis
  • 20 Agustus 2010 (2010-08-20)
[2]
Durasi78 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaBahasa Inggris
Anggaran$24 juta
Pendapatan
kotor
$19,288,451[3]
PrekuelPiranha (1995)

Piranha 3D adalah film horor/komedi yang menjadi film buat-ulang kedua dari film pada tahun 1978. Film ini ditulis oleh Josh Stolberg dan Pete Goldfinger, penulis Sorority Row dan disutradarai oleh Alexandre Aja. Film ini menampilkan akting dengan kisah berlainan dari aktor dan aktris Jessica Szohr, Adam Scott, Elisabeth Shue, Kelly Brook, Richard Dreyfuss, Jerry O'Connell, Christopher Lloyd, Ving Rhames, Dina Meyer, Cody Longo, Ricardo Antonio Chavira, Paul Scheer, Ashlynn Brooke dan Eli Roth.[4]

Plot[sunting | sunting sumber]

Film dimulai di danau "Lake Victoria", terlihat ada seorang laki-laki bernama Matthew Boyd (Richard Dreyfuss) sedang memancing di dekat Lake Victoria. Saat sedang memancing, tiba-tiba terjadi gempa bumi kecil, yang mengakibatkan permukaan danau bergejolak dan terjadi sebuah pusaran air. Gempa tersebut membuka akses danau prasejarah, dan kemudian keluarlah sekelompok piranha berwujd aneh dari dalam danau tersebut. Boyd yang berusaha menghidupkan mesin perahunya, terjatuh kedalam danau dan dia dibunuh oleh sekolompok piranha tersebut.

Di sisi lain, pesta air tengah berlansung di Lake Victoria selama liburan musim semi. Disana Jake Forester (Steven R. McQueen) adalah seorang remaja biasa yang bekerja sebagai penarik turis saat liburan sekolah dimulai. Dia memiliki ibu bernama Julie Forester (Elisabeth Shue) yang bekerja sebagai Sheriff, serta dua adik bernama Laura (Brooklynn Proulx) dan Zane (Sage Ryan). Disana ia bertemu kembali dengan mantan pasangannya, Kelly (Jessica Szohr) yang masih tertarik samanya, tapi dia selalu kalah dari remaja lainnya yang juga menyukai Kelly. Ketika ia akan menjemput adiknya Laura, ia bertemu dengan Danni (Kelly Brook) dan juga Derrick Jones (Jerry O'Connell) seorang pembuat film porno yang menjadi sutradara film yang Danni bintangi. Berhubung Jake adalah orang asli sekitar Danau Victoria, Derrick mengawarkan pekerjaan ke Jack untuk menjadi pemandunya buat mencari area yang bagus untuk pembuatan film nya. Jake yang awalnya menolak, akhirnya menerima pekerjaan itu.

Sore harinya di rumah Jake, ibu Jake, Sheriff Julie meminta Jake menjaga kedua adiknya karena dia harus bertugas dari malam ini sampai besok. Jake awalnya menolak karena besok ia ada kegiatan. Tapi ibu Jack bersikeras agar Jack mau menjaga kedua adiknya. Jack yang awalnya menolak, akhirnya mau menuruti perintahnya.

Malam harinya, Sheriff Julie bersama Sheriff Deputi Fallon (Ving Rhames) mencari Matthew Boyd yang sejak kemarin menghilang. Di pinggir danau, mereka menemukan kapal Boyd. Ketika Julie mau merahinya, tiba-tiba papan yang ia injak amblas, membuatnya terjatuh ke danau, dan kemudian ia menemukan mayat Boyd yang sudah rusak. Saat dievakuasi ke darat, Fallon yang melihatnya merasa Boyd tewas karena terkena bahan kimia, Julie yang melihatnya memutuskan untuk menutup danau sampai hasil otopsi didapat. Tapi Fallon kurang setuju karena itu akan berdampak buruk pada keuangan kotanya. Pagi berikutnya, seorang pria meloncat dari ketinggian tebing ke dalam danau. Tak lama setelah dia masuk ke dalam danau, dia tewas dibunuh oleh piranha-piranha tersebut.

Disisi lain, Jake yang sedang mengemani kedua adiknya memancing, meminta mereka untuk tetap dirumah sehingga ia bisa memandu Derrick untuk pembuatan filmnya. Kedua adiknya setuju dengan imbalan Jack harus membayar mereka. Di danau, pesta air sedang berlansung. Disitu Julie bersama temannya Novak serta dua penyelam Sam (Ricardo Chavira), dan Paula (Dina Meyer) akan pergi untuk memeriksa retakan didalam danau akibat gempa kemarin. Disaat yang sama pula, Jake yang datang ke pesta tersebut bertemu kembali dengan Kelly. Ketika mereka lagi mengobrol, Derrick menyuruh Jake naik ke kapal. Derrick yang juga tertarik sama Kelly, mengajak dia juga.

Sementara itu, Zane mengajak Laura pergi sambil menaiki perahu ke sebuah pulau kecil di tengah danau. Disisi lain, Jake pergi bersama Derrick sambil menaiki The Barracuda kapal Derrick. Disana ia dan Kelly. bertemu dengan Crystal (Riley Steele), aktris lain Derrick dan kameramen Derrick, Drew (Paul Scheer). Setelah sampai di tempat yang sempurna, Mereka mulai syuting sambil mengambil adegan seks Danni dan Crystal yang berengan di danau. Sementara di pulau pasir kecil, Zane dan Laura kehilangan perahu mereka karena Zane lupa mengikatnya.

Di tengah danau yang lain, Julie dan Novak ingin memeriksa bagian dalam retakan tersebut. Novak menduga bahwa retakan yang terjadi akibat gempa kemarin membuka akses danau prasejarah. Dengan segera Paula dan Sam melakukan selam scuba ke dalam retakan itu sambil terhubung dengan Novak dan Julie diatas. Didalam retakan tersebut, mereka menemukan lubang yang terhubung ke gua prasejarah dan hanya cukup dilalui satu orang. Akhirnya Sam duluan yang menyelam kedalam gua tersebut. Disana, dia menemukan banyak telur-telur besar. Ketika ia memegang telur tersebut, tangannya digigit sesuatu. Saat dia menyalakan api, terlihat sekelompok piranha yang dengan cepat menyerang Sam hingga tewas. Paula yang melihatnya, berusaha menolongnya, tetapi ia juga ikut terbunuh oleh piranha tersebut. Novak yang mendengar suara teriakan mereka, segera menyelam dan berhasil menarik mayat Paula yang sudah tewas. Saat Novak dan Julie menarik mayat Paula ke atas kapal, mereka menangkap seekor piranha yang ikut kebawa bersama mayatnya Paula. Merasa penasaran dengan ikan tersebut, mereka berdua lalu membawa ikan itu ke Mr. Goodman (Christopher Lloyd), seorang biologi laut.

Sesampai di tempat Mr. Goodman, mereka memasukan piranha tersebut ke dalam akuarium. Saat dilihat, Mr. Goodman menjelaskan bahwa piranha-piranha itu adalah spesies piranha prasejarah yang sudah punah dua juta tahun yang lalu. Hal ini terlihat sama persis dengan batu fosil ikan milik Mr. Goodman. Novak menduga bahwa gempa kemarin membuat akses danau Victoria dan danau prasejarah jadi terbuka. Julie bingun bagaimana piranhan tersebut dapat bertahan hidup jika terputus dari permukaan. Mr. Goodman bilang bahwa piranha tersebut menjadi kanibal, yang artinya mereka saling menyerang dan memakan piranha yang lain untuk dapat bertahan hidup, hal ini terlihat dari luka bekas yang ada ditubuh piranha tersebut. Julie dan Novak yang melihatnya memutuskan untuk memperingati para pengunjung dan mehentikan pesta air yang sedang berlansung karena takut mereka akan diserang oleh piranha-piranha tersebut..

Disisi lain, Jake sedang merekam seorang wanita yang sedang terbang menggunakan parasut sambil ditarik oleh kapal. Ketika lagi merekam, Jake melihat kedua adiknya terdampar di pulau pasir. Jake yang melihatnya meminta Derrick untuk menjemput kedua adiknya. Awalnya Derrick menolak, tetapi setelah mendengar Jack bilang bahwa ibunya adalah seorang Sheriff, akhirnya Derrick mau membawa kapalnya menjemput adiknya Jack. Sementara wanita tadi tewas karena diserang oleh ikan piranha tersebut.

Sementara itu di Lake Victoria, puncak pesta air tengah berlansung. Disana Julie menelfon petugas pantai, tentara, dan semua petugas untuk datang. Kemudian Fallon dan beberapa Sheriff lainnya memperingati para pengunjung tentang bahaya di danau, namun para pengunjung tidak memperdulikannya dan tetap melanjutkan pesta. Bahkan para pengunjung berenang di danau. Julie, Fallon, Novak, dan sheriff lainnya berusaha memperingati para pengunjung untuk keluar dari air, tapi mereka tidak menghiraukannya. Saat pesta tengah berlansung, para piranha itu menyerang para pengunjung yang ada didalam air. Para pengunjung berusaha menyelamatkan diri dengan naik ke atas perahu, panggung, dan berenang ke darat. Novak, Julie, Fallon, dan sheriff lainnya ikut membantu menyelamatkan para pengunjung. Karena kelebihan beban, panggung tersebut jadi terbalik, membuat orang-orang yang ada diatas panggung terjatuh kembali ke danau dan tewas diserang piranha. Julie dan para sheriff lainnya akhirnya memutuskan menembaki piranha-piranha tersebut. Novak pun juga ikut menembak sambil menaiki jet ski dan membantu membawa orang-orang ke darat.

Sementara di tepi danau, kapal Jack akhirnya menjemput Laura dan Zane. Setelah menjemput mereka, tiba-tiba baling-baling kapal mereka tersangkut sesuatu, membuat kapal mereka tidak dapat berjalan. Derrick yang melihatnya jadi kesal sama Jack. Dia kemudian memaksa kapalnya untuk maju. Kapalnya berhasil maju, tetapi bagian bawahnya tertabrak oleh berbatuan, membuat kapalnya bocor. Tabrakan itu membuat Derrick, Crystal, dan Drew terjatuh ke danau. Kelly yang berada didalam kapal pun terjebak. Crystal yang terjatuh dibunuh oleh piranha tersebut hingga tewas, sementara Danni berhasil mengangkat Derrick yang sudah tercabik-cabik. Jake kemudian menelfon ibunya untuk meminta pertolongan.

Di tepi danau, Julie, Novak, dan beberapa sheriff lainnya masih terus membantu para pengunjung yang selamat dan yang terluka. Fallon kemudian menggunakan mesin kapal untuk membunuh piranha-piranha tersebut, tetapi sayangnya kedua kakinya diserang oleh piranha itu. Julie kemudian mendapat telfon dari Jack yang bilang kalau dia dan adiknya dalam bahaya. Julie yang mendengarnya segera pergi kesana bersama dengan Novak. Setibanya disana, Julie melemparkan tali ke kapal Jack agar dia bisa menyebrang. Setelah berhasil bertemu, Julie, Danni, Laura, dan Zane mulai menyeberangi tali. Namun piranha menggigit rambut Danni dan menariknya ke air hingga dia tewas. Laura, Zane, Jack, dan Julie berhasil selamat. tetapi Jake memutuskan untuk kembali menyelamatkan Kelly. Sebelum kembali, Julie memberikan dinamit ke Jack untuk berjaga-jaga. Dengan menggunakan mayat Derrick sebagai umpan, Jake mengikat tali ke dirinya sendiri dan pergi menyelamatkan Kelly. Ia mengikat Kelly ke dirinya dan menyalakan api setelah melepaskan gas yang ada didalam tabung gas cadangan di kapal itu. Saat itu piranha mengerubungi mereka. Kemudian Novak menyalakan kapal setelah melihat Kelly dan Jake sudah siap. Ia menyeret mereka di air dengan kapal yang melaju ke pantai. Mereka pun selamat dan gas itu meledak, menghancurkan kapal Derrick dan membunuh banyak piranha-piranha.

Di tengah perjalanan, Julie mendapat telfon dari Mr. Goodman. Ia memberitahu bahwa semua piranha yang mereka hadapi itu belum dewasa, dan mengartikan bahwa semua piranha yang ganas itu masih bayi. Novak yang mendengarnya berpikir di manakah orangtuanya. Tiba-tiba saja Seekor piranha besar — setinggi setengah badan orang dewasa — melompat dari air dan menyerang Novak.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Richard Dreyfuss berkata bahwa ia menerima perannya hanya setelah Bob Weinstein membujuknya dengan honor yang besar. Dreyfuss juga mengatakan bahwa karakter yang ia mainkan, ternyata adalah parodi dan sedikit reinkarnasi dari tokoh Matt Hooper, karakter yang ia mainkan di film Jaws.[5] Jaws adalah inspirasi dari parodi yang dimunculkan dalam film Piranha, asal dari film ini. Lagu yang terdengar di radio kapal adalah "Show Me The Way To Go Home", dengan Richard Dreyfuss, Roy Scheider dan Robert Shaw menyanyi bersama di Jaws.

Artis porno Ashlynn Brooke dan Gianna Michaels bermain sebagai kameo di film ini sebagai peserta pesta yang mendapat akhir yang mengerikan.[6]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Chuck Russell was originally scheduled to direct the film, and made uncredited rewrites to the script by Josh Stolberg and Peter Goldfinger, as well as incorporating the original John Sayles script that Joe Dante directed the first time around.[7] Alexandre Aja was selected to direct the film instead.[8] Production on the film was scheduled to begin late 2008, but was delayed until March 2009.[9] In October 2008, director Alexandre Aja stated filming would begin in the spring. He further stated "it's such a difficult movie, not only because of the technicality of it and the CGI fish, but also because it all happens in a lake.[10] We were supposed to start shooting now, but the longer to leave it the colder the water gets.[11] The movie takes place during Spring Break and, of course, the studio wanted it ready for the summer, but if you've got 1,000 people who need to get murdered in the water, you have to wait for the right temperature for the water, for the weather, for everything."[12] Shooting took place in June 2009 at Bridgewater Channel in Lake Havasu, located in Lake Havasu City, Arizona. Much of one end of the channel was blocked off for boats, some flipped over and some covered in blood.[13] The water was also dyed red for the shooting.[14] Aja cast for his film project Wild Wild Girls,[15] which played bikini starlets on Lake Victoria.[16] Due to constraints with 3D camera rigs, Aja shot Piranha in 2D and converted to 3D in post production using the reali-D conversion process developed by the company, Inner-D.[17] Unlike other 3D converted films released in 2010, Piranha's conversion was not done as an afterthought, and it represents the first post-conversion process to be well received by critics.[18][19][20]

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Lakeshore Records released the soundtrack album of Piranha 3-D which included mostly rap, dance, hip-hop and RnB music. Artists include Shwayze, Envy, Flatheads, Amanda Blank, Public Enemy, Dub Pistols and many more.

Daftar lagu
  1. "Get U Home" by Shwayze
  2. "Shake Shake" by Envy feat. Leviticus
  3. "Here She Comes" by Flatheads
  4. "Make It Take It" by Amanda Blank
  5. "Bring the Noise (Remix Pump-kin Edit)" by Public Enemy vs. Benny Benassi
  6. "She Moves" by Dub Pistols
  7. "Flower Duet from Lakme" by Adriana Kohutova and Denisa Slepkovska
  8. "Nadas Por Free" by Ozomatli
  9. "Come and Get It" Eli Paperboy Reed
  10. "Now You See It (Benny Benassi & Dj Shimik Extendet Mix)" by Honorebel Feat. Pitbull & Jump Smokers
  11. "M.A.D." Hadouken!
  12. "I'm in the House" by Steve Aoki

Rilis[sunting | sunting sumber]

Piranha 3-D's theatrical release date had been set for April 16, 2010, but was delayed.[21] The film was planned to premiere on August 27, 2010,[22][23] but in June 2010 was moved to August 20, 2010.[24] The film's first trailer debuted with Avatar. A second trailer was shown in prints of A Nightmare on Elm Street and Inception. It was set to have a panel on 24 July 2010 as part of the San Diego Comic-Con International but was cancelled after convention organizers decided the footage that was planned to be shown was not appropriate.[25] Nine minutes of footage, with some unfinished effects, were leaked onto websites.

The official poster was released June 22, 2010.[26]

Box office[sunting | sunting sumber]

Minggu pertama bagi film ini, Piranha 3D mendapatkan $10,106,872 pada harinya yang ketiga rilis. Di Britania Raya, film ini dibuka dengan peringkat ke 4 dalam tangga box office, dan mendapatkan £1,487,119.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Response to the film with review aggregate Rotten Tomatoes reported that 75% of critics have given the film a positive review based on 89 reviews, with a "fresh" score of 6.3 out of 10, steadily dropping since post-premiere.[27] Metacritic, which assigns a normalized rating out of 100 to reviews from mainstream critics, the film has received a mixed average score of 56%, based on 11 reviews.[28]

Empire gave the film three out of five stars, saying "Remember the film you hoped Snakes On A Plane would be – this is it! By any sane cinematic standards, meretricious trash … but thrown at you with such good-humoured glee that it’s hard to resist. It’s a bumper-sticker of a movie: honk if you love tits and gore! Honk honk honk."[29] Christy Lemire, film critic for the Associated Press, said "Run, don’t walk: ‘Piranha 3D’ is hilariously, cleverly gory. Mere words cannot describe how awesomely gnarly “Piranha 3D” is, how hugely entertaining, and how urgently you must get yourself to the theatre to see it. Like, now."[30] HOLLYWOOD LIFE.com called the film "A Campy Masterpiece Of A Movie," adding "If you have an ounce of fun in your body, you will love this movie about killer piranhas that overtake a town of hotties — in 3D!"[31] Peter Hall, of Cinematical.com, said "The gore, the nudity, the language, the gags, the characters-- it's all always on the rise. Just when you think things could not possibly get more ridiculous, that the film has peaked, Aja and screenwriters Pete Goldfinger and Josh Stolberg manage to ram another syringe of adrenaline into its heart."[32] The Hollywood Reporter referred to the film as "a pitch-perfect, guilty-pleasure serving of late-summer schlock that handily nails the tongue-in-cheek spirit of the Roger Corman original" while stating ""Jaws" it ain't -- Aja exhibits little patience for such stuff as dramatic tension and tautly coiled suspense, and there are some undeniable choppy bits...but he never loses sight of the potential fun factor laid out in Pete Goldfinger and Josh Stolberg's script[33] The Orlando Sentinel gave the film one and a half stars out of four, stating that "Piranha 3D goes for the jugular. And generally misses, but generally in an amusing way."[34]

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Dengan kesuksesan film ini dari sisi komersial dan kritik, Dimension Films mengumumkan sekuel sedang dalam pengerjaan.[35]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "A Much Better Look at the 'Piranha 3D' Trailer". Bloody Disgusting. 2010-01-18. Diakses tanggal 2010-07-24. 
  2. ^ "'Piranha 3D' Swims Away from 'The Last Exorcism'". Bloody Disgusting. Diakses tanggal 2010-07-24. 
  3. ^ "Piranha 3D (2010)". Box Office Mojo. Amazon.com. 2010-0-20. Diakses tanggal 2010-08-22. 
  4. ^ McClintock, Pamela (March 15, 2007). "Aja bites into Piranha". Variety. Diakses tanggal 2008-10-26. 
  5. ^ "Richard Dreyfuss reveals why he made 'Piranha 3-D:' "to get money";– Film.com". Film.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-05-07. Diakses tanggal August 19, 2010. 
  6. ^ "'Piranha 3D' Test Screened, Bloodiest Movie Ever?". Bloody-disgusting.com. Diakses tanggal 2010-08-18. 
  7. ^ Fleming, Michael (June 6, 2005). "Chiller chomps Piranha". Variety. Diakses tanggal 2008-10-26. 
  8. ^ "Attack of the 'Piranha'! Massive Richard Dreyfus Scoop, Tons of Meaty Images!". Bloody Disgusting. 2010-01-14. Diakses tanggal 2010-07-24. 
  9. ^ "Aja Doesn't Start Piranha Until '09". ShockTillYouDrop.com. September 10, 2008. Diakses tanggal 2008-10-26. 
  10. ^ "Bootlegged Look at the 'Piranha 3D' Trailer!". Bloody Disgusting. 2010-01-09. Diakses tanggal 2010-07-24. 
  11. ^ "Piranha 3D to Take a Bite Out of Avatar this Weekend". Dread Central. Diakses tanggal 2010-07-24. 
  12. ^ Utichi, Joe (October 10, 2008). "Exclusive: Alexandre Aja talks Mirrors and Piranha 3D". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-02-07. Diakses tanggal 2008-10-26. 
  13. ^ "Splatterific Piranha 3D Behind-the-Scenes Stills". Dread Central. Diakses tanggal 2010-07-24. 
  14. ^ "'Piranha 3D' Test Screened, Bloodiest Movie Ever?". Bloody Disgusting. Diakses tanggal 2010-07-24. 
  15. ^ "New Piranha 3D Viral Posters Show Off the Hot Babes in Bikinis!". Dread Central. 2010-07-15. Diakses tanggal 2010-07-24. 
  16. ^ "Wild Wild Girls!". Wild Wild Girls!. Diakses tanggal 2010-07-24. 
  17. ^ "Inner-D". Inner-D. 2010-08-20. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-08-23. Diakses tanggal 2010-08-21. 
  18. ^ "Death Fish, Piranha 3D Movie Review". Critics Notebook. 2010-08-20. Diakses tanggal 2010-08-21. 
  19. ^ "Piranha 3D Movie Reivew". Cinematical. 2010-08-20. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-07-22. Diakses tanggal 2010-08-21. 
  20. ^ "Kevin Carr's Weekly Report Card: August 20, 2010". Film School Rejects. 2010-08-20. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-08-23. Diakses tanggal 2010-08-21. 
  21. ^ "Weinsteins Push Piranha 3D Back At Least Four Months". Dread Central. 2010-01-15. Diakses tanggal 2010-07-24. 
  22. ^ "Weinstein Co.'s 'Piranha 3-D' isn't going to be biting anyone for a while". LA Times. 2010-01-14. Diakses tanggal 2010-01-14. 
  23. ^ "'Piranha 3D' Has its Ass Kicked Out of April". Bloody Disgusting. Diakses tanggal 2010-07-24. 
  24. ^ "Piranha 3D Spawns a New Release Date". Dread Central. Diakses tanggal 2010-07-24. 
  25. ^ "SD Comic-Con '10 Schedules Updated; Piranha 3D Panel Disappears!". Dread Central. Diakses tanggal 2010-07-24. 
  26. ^ "First Poster for Piranha 3D". The Film Stage. June 22, 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-06-26. Diakses tanggal June 22, 2010.  Hapus pranala luar di parameter |work= (bantuan)
  27. ^ "Piranha 3D Movie Reviews, Pictures". Rotten Tomatoes. Flixster. Diakses tanggal August 21, 2010. 
  28. ^ "Piranha 3-D (2010): Reviews". Metacritic. CBS Interactive. Diakses tanggal August 21, 2010. 
  29. ^ Piranha 3D
  30. ^ "Piranha 3D review - LA Times". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-08-25. Diakses tanggal 2010-09-02. 
  31. ^ "Piranha 3D Review - Hollywood Life". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-08-24. Diakses tanggal 2010-09-02. 
  32. ^ Piranha 3D Review
  33. ^ Rechtshaffen, Michael. "Piranha 3D -- Film Review". Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-08-20. Diakses tanggal August 21, 2010. 
  34. ^ Moore, Roger (August, 20 2010). "Movie Review: Piranha 3D". Orlando Sentinel. Diakses tanggal August 21, 2010. 
  35. ^ "Dimension Films Announces Piranha 3D Sequel - ComingSoon.net". ComingSoon.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-23. Diakses tanggal August 22, 2010.  Teks "date" akan diabaikan (bantuan); Teks "August 22, 2010" akan diabaikan (bantuan)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Official
Database

Templat:Piranha