Phantom Thread

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Phantom Thread
Phantom Thread Poster.jpg
Poster film Phantom Thread
SutradaraPaul Thomas Anderson
ProduserPaul Thomas Anderson
Megan Ellison
JoAnne Sellar
Daniel Lupi
SkenarioPaul Thomas Anderson
PemeranDaniel Day-Lewis
Lesley Manville
Vicky Krieps
Richard Graham
MusikJonny Greenwood
PenyuntingDylan Tichenor
Perusahaan
produksi
Focus Features
Annapurna Pictures
Ghoulardi Film Company
Perfect World Pictures
DistributorFocus Features
(Amerika Serikat)
Universal Pictures
(internasional)
Tanggal rilis
  • 11 Desember 2017 (2017-12-11) (Walter Reade Theater)
  • 25 Desember 2017 (2017-12-25) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 19 Januari 2018 (2018-1-19) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
130 menit[1]
NegaraAmerika Serikat[2]
BahasaInggris
Anggaran$35 juta[3]
Pendapatan kotor$47.266.904[4]

Phantom Thread adalah film drama Amerika Serikat tahun 2017 yang disutradarai oleh Paul Thomas Anderson dan diproduseri oleh Paul Thomas Anderson, Megan Ellison, JoAnne Sellar dan Daniel Lupi. Naskah film ini ditulis oleh Paul Thomas Anderson. Film ini dibintangi oleh Daniel Day-Lewis, Lesley Manville, Vicky Krieps dan Richard Graham.

Film Phantom Thread merupakan film kolaborasi kedua Paul Thomas Anderson dan Daniel Day-Lewis setelah film There Will Be Blood. Film ini ditayangkan secara perdana di Walter Reade Theater pada tanggal 11 Desember 2017 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 25 Desember 2017 secara terbatas dan 19 Januari 2018 secara luas.[5] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1954 di London, perancang busana terkenal Reynolds Woodcock (Daniel Day-Lewis) menciptakan gaun untuk masyarakat kelas atas. Kharisma dan jeniusnya sesuai dengan kepribadiannya yang obsesif, pemimpin dan terkadang kasar. Cyril (Lesley Manville), saudaranya, mengelola pekerjaan rutinnya di butik mereka dan memiliki pengaruh signifikan atas hidup Reynolds. Reynolds dihantui oleh kematian ibu mereka dan menjahit pesan tersembunyi ke lapisan gaun yang dibuatnya.

Setelah merancang gaun baru untuk pelanggan yang disegani oleh masyarakat, Reynolds mengunjungi restoran di pedesaan dan tertarik pada seorang pelayan bernama Alma (Vicky Krieps). Reynolds meminta Alma untuk berkencan, lalu Alma menerimanya. Hubungan mereka tumbuh, lalu Alma pindah ke butik Reynolds dan bekerja sebagai asistennya sekaligus kekasihnya. Cyril awalnya tidak mempercayai Alma, tetapi ia datang untuk menerima keinginan dan tekad Alma.

Mulanya, Alma senang menjadi bagian dari pekerjaan Reynolds, tetapi Reynolds terbukti menyendiri dan sangat tidak menyenangkan hingga mereka berseteru. Ketika Alma mencoba untuk memberikan Reynolds kejutan dengan makan malam romantis, Reynolds sangat marah dan mereka berseteru kembali. Alma bertanya keras tentang peran Alma di rumah Reynolds, entah menunggu Reynolds untuk memperhatikan Alma atau meminta Alma untuk pergi.

Untuk mendapatkan kembali peran Alma sesungguhnya dalam hubungan mereka, menghukum serta membuat Reynolds lebih rentan dan membutuhkan Alma lagi, Alma mencampuri teh Reynolds dengan beberapa jamur beracun yang diambil dari hutan. Keesokan paginya, Reynolds pusing dan berkeringat ketika ia menyiapkan gaun pengantin untuk putri Belgia hingga Reynolds tak sadarkan diri dan merusak gaun itu serta memaksa karyawannya bekerja semalaman untuk memperbaikinya. Reynolds sakit parah dan melihat ibunya di kamar, lalu Reynolds memberitahu ibunya betapa ia merindukan ibunya. Alma merawat Reynolds ketika ia demam, tetapi ketika Cyril membawa seorang dokter, dokter tersebut memeriksa Reynolds, lalu Alma memberitahu dokter tersebut untuk keluar dari butiknya. Ketika Reynolds telah membaik, Reynolds meminta Alma untuk menikah dengannya dan memberitahu Alma bahwa ada hal-hal yang harus dilakukan oleh Reynolds dan ia tidak dapat melakukannya tanpa Alma. Alma menerimanya dan mereka menikah.

Ketika mereka berlibur ke Pegunungan Alpen Swiss, sekali lagi, Reynolds mulai berkata kasar dan memotong pembicaraan kepada Alma baik secara pribadi maupun di depan teman-teman mereka, lalu mereka berseteru dan saling menantang satu sama lain lagi. Ketika kecemasan Reynolds tentang pekerjaannya meningkat, ia mengeluh kepada Cyril tentang Alma, yang memasuki ruangan dan sengaja mendengar percakapan itu, baik Reynolds maupun Alma merasa tidak terganggu. Alma kemudian pergi ke hutan lagi dan mengumpulkan jamur beracun. Suatu malam, Alma menyiapkan telur dadar dengan jamur beracun ketika Reynolds melihat Alma dari meja ruang makan. Ketika Reynolds perlahan mengunyah gigitan pertamanya, Alma memberitahu Reynolds bahwa ia ingin Reynolds lemah dan rentan sehingga Alma dapat merawat Reynolds dan setelah itu, Alma ingin Reynolds pulih kembali. Reynolds secara tidak langsung menyetujuinya dengan menelan satu gigitan telur dadar tersebut dan menjawab, "Cium aku, sayangku, sebelum aku sakit." Adegan melompat ketika mereka berada di kamar tidur Reynolds. Alma duduk di samping Reynolds yang berbaring dan memakai piyama, lalu mereka tersenyum bahagia dan mencium sebelum Reynolds memberitahu Alma bahwa sudah waktunya bagi Alma untuk meninggalkan kamar tidurnya di mana Alma menjawab, "Aku akan berada di luar pintu."

Kemudian, Alma membayangkan masa depan mereka bersama anak-anaknya, kehidupan sosial yang kaya dan bisnis penjahitannya. Alma kemudian mendorong kereta bayi yang diserahkannya ke Cyril sehingga Alma dan Reynolds bisa keluar. Saat ini, Reynolds berada di pangkuan Alma ketika mereka menikmati perapian, lalu Reynolds memberitahu bahwa ia semakin lapar.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Daniel Day-Lewis sebagai Reynolds Woodcock[6]
  • Lesley Manville sebagai Cyril Woodcock[7]
  • Vicky Krieps sebagai Alma Elson[7]
  • Richard Graham sebagai George Riley[8]
  • Camilla Rutherford sebagai Johanna
  • Harriet Sansom Harris sebagai Barbara Rose
  • Brian Gleeson sebagai Dr. Robert Hardy
  • Julia Davis sebagai Lady Baltimore
  • Nicholas Mander sebagai Lord Baltimore
  • Lujza Richter sebagai Putri Mona Braganza
  • Gina McKee sebagai Countess Henrietta Harding
  • Philip Franks sebagai Peter Martin
  • Phyllis MacMahon sebagai Tippy
  • Silas Carson sebagai Rubio Gurrerro
  • Martin Dew sebagai John Evans
  • Jane Perry sebagai Mrs. Vaughan

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Phantom Thread mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 91%, berdasarkan 310 ulasan, dengan rating rata-rata 8,5/10.[9] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 90 dari 100, berdasarkan 51 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[10]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Phantom Thread mendapatkan $21.051.680 di Amerika Utara dan $26.215.224 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $47.266.904, melebihi anggaran produksi film $35 juta.[4]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $216.495, menempati posisi ke-26 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $3.246.720, menempati posisi ke-12 di box office.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Phantom Thread (15)". British Board of Film Classification. January 23, 2018. Diakses tanggal April 26, 2018. 
  2. ^ "Phantom Thread (2017)". BFI. 
  3. ^ Hinchliffe, Samuel. "Paul Thomas Anderson's next film with Daniel Day-Lewis gets release date". The Independent. Diakses tanggal October 26, 2017. 
  4. ^ a b c "Phantom Thread (2017)". Box Office Mojo. Diakses tanggal December 29, 2017. 
  5. ^ Goldberg, Matt (March 30, 2017). "Paul Thomas Anderson's New Film Gets a Release Date". Collider.com. Diakses tanggal December 6, 2017. 
  6. ^ Kroll, Justin (June 2, 2016). "Paul Thomas Anderson, Daniel Day-Lewis Eye Reunion on 1950s Fashion Drama (EXCLUSIVE)". Variety. Diakses tanggal June 6, 2016. 
  7. ^ a b Lodderhose, Diana (February 1, 2017). "Focus' New Paul Thomas Anderson Pic Starring Daniel Day-Lewis Adds Lesley Manville & Vicky Krieps". Deadline. Diakses tanggal February 2, 2017. 
  8. ^ Raup, Jordan (January 31, 2017). "Lesley Manville & More Join Paul Thomas Anderson's Next Film; Johnny Greenwood Confirmed to Score". The Film Stage. Diakses tanggal February 2, 2017. 
  9. ^ "Phantom Thread (2017)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 2, 2019. 
  10. ^ "Phantom Thread reviews". Metacritic. Diakses tanggal December 23, 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]