There Will Be Blood

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
There Will Be Blood
There will be blood.jpg
Poster film There Will Be Blood
Sutradara Paul Thomas Anderson
Produser Paul Thomas Anderson
Daniel Lupi
JoAnne Sellar
Skenario Paul Thomas Anderson
Berdasarkan Oil! 
oleh Upton Sinclair
Pemeran Daniel Day-Lewis
Paul Dano
Kevin J. O'Connor
Ciarán Hinds
Dillon Freasier
Musik Jonny Greenwood
Sinematografi Robert Elswit
Penyunting Dylan Tichenor
Perusahaan
produksi
Ghoulardi Film Company
Distributor Miramax Films
Paramount Vantage
Tanggal rilis
  • 27 September 2007 (2007-9-27) (Fantastic Fest)
  • 26 Desember 2007 (2007-12-26) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 25 Januari 2008 (2008-1-25) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
158 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $25 juta[2]
Pendapatan kotor $76,181,545[2]

There Will Be Blood adalah film drama Amerika Serikat tahun 2007 yang disutradarai oleh Paul Thomas Anderson dan diproduseri oleh Paul Thomas Anderson, Daniel Lupi dan JoAnne Sellar. Naskah film ini ditulis oleh Paul Thomas Anderson berdasarkan novel Oil! karya Upton Sinclair. Film ini dibintangi oleh Daniel Day-Lewis, Paul Dano, Kevin J. O'Connor, Ciarán Hinds dan Dillon Freasier.

Film There Will Be Blood ditayangkan secara perdana di Fantastic Fest pada tanggal 27 September 2007 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 26 Desember 2007 secara terbatas dan 25 Januari 2008 secara luas. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1898, Daniel Plainview (Daniel Day-Lewis), seorang penjelajah di New Mexico, menambang sebuah bijih logam yang berharga dari lubang lapisan tambang. Dalam proses peledakkan lapisan tambang tersebut, ia jatuh dan membuat kakinya patah. Ia menyimpan contoh perak, naik dari tambang dan pergi menuju ke tempat pengujian, lalu ia menerima sebuah sertifikat emas dan perak. Pada tahun 1902, Daniel menemukan minyak di dekat Los Angeles dan mendirikan perusahaan pengeboran minyak. Setelah kematian seorang pekerja dalam sebuah kecelakaan, Daniel mengadopsi putra pekerja tersebut. Putra pekerja tersebut, H. W. (Dillon Freasier), menjadi rekan bisnisnya, yang memungkinkan Daniel untuk menunjukkan dirinya menjadi calon penanam modal sebagai kepala keluarga.

Pada tahun 1911, Daniel didekati oleh Paul Sunday (Paul Dano), yang memberitahunya tentang simpanan minyak di bawah harta kekayaan keluarganya di Little Boston, California. Daniel mencoba membeli peternakan itu dengan harga murah, namun Eli (Paul Dano), saudara kembar Paul dan pastur gereja lokal, menuntut $10,000 dan menyatakan bahwa peternakan itu untuk gereja. Kesepakatan dibuat dan Daniel mendapatkan semua lahan yang tersedia, kecuali satu lahan yang masih tertahan, yaitu lahan milik William Bandy (Hans Howes). Produksi minyak dimulai, namun sebuah kecelakaan menewaskan seorang pekerja dan ledakan gas terjadi yang menyebabkan H. W. tuli. Eli menyalahkan bencana di sumur yang tidak diberkati dengan benar. Ketika Eli menuntut $5,000 bahwa Daniel masih berutang kepada keluarganya, Daniel memukul dan mempermalukan Eli. Di meja makan, Eli memarahi ayahnya karena mempercayai Daniel.

Seorang pria tiba di depan pintu Daniel yang mengaku sebagai saudara tirinya, Henry (Kevin J. O'Connor). Daniel mempekerjakan Henry dan keduanya menjadi dekat. H. W. membakar rumah mereka dan berniat membunuh Henry. Marah, Daniel mengirim H. W. ke sekolah untuk tuna rungu di San Francisco dan meninggalkan H. W. di kereta sendirian. Seorang perwakilan dari Standard Oil menawarkan untuk membeli kepentingan lokal Daniel, namun Daniel melakukan kesepakatan dengan Union Oil dan membangun jaringan pipa ke pantai California, meskipun peternakan William Bandy tetap menjadi penghalang.

Mengenang masa kecilnya, Daniel curiga terhadap Henry dan suatu malam, ia menahannya dengan todongan senjata. "Henry" mengaku bahwa ia adalah teman Henry yang sebenarnya, yang meninggal karena tuberkulosis. Marah, Daniel membunuh penipu tersebut dan mengubur mayatnya. Keesokan paginya, Daniel dibangunkan oleh William Bandy, yang mengetahui kejadian malam sebelumnya dan meminta Daniel untuk bertobat. Di gereja, sebagai bagian dari baptisan Daniel, Eli mempermalukannya dan mengizinkannya untuk mengakui bahwa ia adalah ayah yang buruk. Beberapa waktu kemudian, ketika jaringan pipa berjalan dengan baik, H. W. (Russell Harvard) kembali dan bertemu dengan Daniel, sementara Eli meninggalkan kota untuk pekerjaan misionaris.

Pada tahun 1927, H. W. menikahi Mary (Colleen Foy), saudara Eli dan Paul. Daniel, yang sekarang sangat kaya namun menderita alkoholisme, hidup sebagai pertapa di sebuah rumah besar. Melalui penerjemah bahasa isyarat, H. W. meminta Daniel untuk mengakhiri kemitraan mereka sehingga ia dapat mendirikan perusahaan minyaknya sendiri di Meksiko. Daniel bereaksi kasar, menghina ketulian H. W. dan mengungkapkan latar belakangnya sebagai anak yatim piatu. H. W. memberitahu Daniel bahwa ia senang mereka tidak berhubungan lagi dan pergi meninggalkannya.

Eli mengunjungi Daniel, yang sedang mabuk di tempat bowling pribadinya. Eli, sekarang menjadi pengkhotbah radio, menawarkan untuk menjual lahan William Bandy, yang baru saja meninggal dunia, kepada Daniel. Daniel menyetujuinya dengan syarat bahwa Eli mencela imannya dan kredibilitasnya sendiri. Eli terpaksa melakukannya. Daniel memberitahu bahwa harta kekayaan itu sekarang tidak berharga karena ia telah menghabiskan minyaknya melalui sumur-sumur di sekelilingnya. Terkejut, Eli mengaku berada dalam kesulitan keuangan dan telah menyimpang secara moral. Daniel menghinanya, mengejarnya di sekitar tempat bowling dan memukulnya sampai mati dengan bowling pin.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Daniel Day-Lewis sebagai Daniel Plainview
  • Paul Dano sebagai Paul Sunday dan Eli Sunday
  • Kevin J. O'Connor sebagai Henry
  • Ciarán Hinds sebagai Fletcher Hamilton
  • Dillon Freasier sebagai H. W. Plainview
    • Russell Harvard sebagai H.W. Plainview dewasa
  • Sydney McCallister sebagai Mary Sunday
    • Colleen Foy sebagai Mary Sunday dewasa
  • David Willis sebagai Abel Sunday
  • Hans Howes sebagai William Bandy
  • Paul F. Tompkins sebagai Prescott
  • Jim Downey sebagai Al Rose
  • David Warshofsky sebagai H. M. Tilford
  • Barry Del Sherman sebagai H. B. Ailman

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film There Will Be Blood mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 91%, berdasarkan 223 ulasan, dengan rating rata-rata 8.4/10.[3] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 93 dari 100, berdasarkan 42 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[4]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film There Will Be Blood mendapatkan $40,222,514 di Amerika Utara dan $35,959,031 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $76,181,545, melebihi anggaran produksi film $25 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $190,739, menempati posisi ke-32 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $4,869,383, menempati posisi ke-9 di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "There Will Be Blood (15)". British Board of Film Classification. January 29, 2008. Diakses tanggal January 8, 2016. 
  2. ^ a b c d "There Will Be Blood (2007)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 12, 2012. 
  3. ^ "There Will Be Blood (2007)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  4. ^ "There Will Be Blood reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]