The Master (film 2012)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Master
The Master Movie Poster 2012.jpg
Poster film The Master
SutradaraPaul Thomas Anderson
ProduserPaul Thomas Anderson
JoAnne Sellar
Daniel Lupi
Megan Ellison
SkenarioPaul Thomas Anderson
PemeranJoaquin Phoenix
Philip Seymour Hoffman
Amy Adams
MusikJonny Greenwood
SinematografiMihai Mălaimare Jr.
PenyuntingLeslie Jones
Peter McNulty
Perusahaan
produksi
JoAnne Sellar Productions
Ghoulardi Film Company
Annapurna Pictures
DistributorThe Weinstein Company
Tanggal rilis
  • 1 September 2012 (2012-9-1) (Festival Film Venesia)
  • 14 September 2012 (2012-9-14) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 21 September 2012 (2012-9-21) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
137 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$32 juta[2]
Pendapatan kotor$28.258.060[3]

The Master adalah film drama Amerika Serikat tahun 2012 yang disutradarai oleh Paul Thomas Anderson dan diproduseri oleh Paul Thomas Anderson, JoAnne Sellar, Daniel Lupi dan Megan Ellison. Naskah film ini ditulis oleh Paul Thomas Anderson. Film ini dibintangi oleh Joaquin Phoenix, Philip Seymour Hoffman dan Amy Adams.

Film The Master merupakan film kolaborasi ketiga Philip Seymour Hoffman dan Amy Adams setelah film Charlie Wilson's War dan Doubt. Film ini ditayangkan secara perdana di Festival Film Venesia pada tanggal 1 September 2012[4] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 14 September 2012 secara terbatas dan 21 September 2012 secara luas.[5] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Freddie Quell (Joaquin Phoenix) merupakan seorang veteran Perang Dunia II yang berusaha menyesuaikan diri dengan masyarakat setelah perang dan cenderung berperilaku tak stabil. Suatu malam, Freddie mabuk dan mendapati dirinya berada di San Francisco dan menyelinap masuk ke kapal milik seorang pengikut Lancaster Dodd (Philip Seymour Hoffman), seorang pemimpin gerakan filosofis yang dikenal sebagai "The Cause". Ketika ia ditemukan, Lancester menilai Freddie "berperilaku menyimpang" dan mengajaknya untuk tinggal dan menghadiri pernikahan putrinya, Elizabeth (Ambyr Childers), dan ia akan membuat lebih banyak moonshine buatan sendiri yang Lancaster telah rasakan. Lancaster memulai latihan dengan Freddie yang disebut "Proses", suatu kebingungan dari pertanyaan psikologis yang mengganggu dan ditujukan untuk menaklukkan trauma masa lalu Freddie. Ketika sesi tanya jawab dilakukan mendalam, Freddie mengaku kepada Lancaster bahwa ia memiliki banyak masalah dan kagum terhadap Lancaster. Freddie bepergian dengan keluarga Lancaster ketika mereka menyebarkan ajaran "The Cause" di sepanjang Pantai Timur. Ketika pesta makan malam diadakan di New York, seorang pria mempertanyakan metode dan pernyataan Lancaster. Freddie mengejarnya ke apartemennya dan menyerangnya malam itu.

Anggota lain "The Cause" mulai khawatir dengan perilaku Freddie, terlepas dari keterikatan Lancaster terhadapnya. Istri Lancaster, Peggy (Amy Adams), memberitahu Freddie bahwa ia harus berhenti minum jika ia ingin tinggal. Freddie mengkritik putra Lancester, Val (Jesse Plemons), karena mengabaikan ajaran ayahnya, namun Val memberitahu Freddie bahwa Dodd sedang menyelesaikan semuanya saat ia pergi. Lancaster ditangkap karena mempraktikkan pengobatan tanpa persyaratan yang benar setelah salah satu mantan pelayannya memiliki perubahan hati. Freddie juga ditangkap karena menyerang petugas kepolisian. Ditempatkan di sel terpisah namun bersebelahan, Freddie memukul keras selnya dan Lancaster mencoba menenangkannya. Freddie marah, mempertanyakan segala sesuatu yang Lancaster ajarkan kepadanya dan menuduhnya sebagai pemimpin palsu. Mereka berdamai ketika mereka dibebaskan dari penjara, namun anggota "The Cause" menjadi lebih curiga dan takut pada Freddie dan mereka percaya bahwa Freddie gila atau agen rahasia.

Freddie mengajukan latihan tambahan dengan "The Cause", namun ia semakin marah dan frustrasi dengan pengulangan latihan dan tidak ada hasilnya. Akhirnya ia melewati ujian latihan tersebut dan mereka melakukan perjalanan ke Phoenix untuk merilis buku terbaru Lancaster. Ketika penerbit Lancaster mengkritik kualitas buku dan ajarannya, Freddie menyerangnya. Helen Sullivan (Laura Dern), seorang partisipan yang sebelumnya setuju, menyebabkan Lancaster kehilangan kesabaran setelah Helen mempertanyakan beberapa detail dari buku tersebut. Selama latihan lain di mana Freddie, yang seharusnya mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tinggi melewati padang pasir menuju tujuan dari kejauhan dan kemudian kembali, malah meninggalkan kelompok tersebut, mengendarai sepeda motor dari padang pasir dan meninggalkan Lancaster dan "The Cause". Freddie pulang ke rumah untuk berhubungan kembali dengan Doris (Madisen Beaty), seorang wanita muda yang dicintainya selama ia perang, namun Freddie mengetahui dari ibu Doris (Lena Endre) bahwa Doris telah menikah dan memulai keluarga baru di Alabama selama tujuh tahun sejak terakhir kali Freddie melihatnya.

Ketika ia tidur di bioskop, Freddie yakin ia menerima telepon dari Lancaster, yang sekarang tinggal di Inggris. Freddie diminta untuk ikut bergabung dengannya. Ketika Freddie datang, ia menemukan Val masih bekerja di rumah ayahnya dan Elizabeth telah dikeluarkan dari gerakan tersebut. Lancaster tampaknya senang melihatnya, namun Peggy memberitahu bahwa Freddie tidak berniat memperbaiki hidupnya dan bahwa ia seharusnya tidak lagi terlibat dalam "The Cause". Lancaster memberi Freddie ultimatum: tinggal dengan "The Cause" dan mengabdikan dirinya selama sisa hidupnya atau pergi dan tidak akan pernah kembali. Freddie tidak menjawab, mengungkapkan penolakannya dengan diam. Lancaster kemudian berkomentar bahwa jika Freddie bisa menemukan cara untuk hidup tanpa tuan, siapapun tuannya, untuk membiarkan Lancaster tahu karena ia akan menjadi orang pertama dalam sejarah dunia yang melakukannya. Freddie pergi dan menjemput seorang wanita di sebuah kedai lokal, lalu mengulangi pertanyaan dari sesi pemrosesan pertamanya dengan Lancaster ketika Freddie berhubungan seks dengan wanita itu.

Di pantai, Freddie meringkuk di samping patung pasir mentah seorang wanita yang ia dan kawan-kawannya masa perangnya buat selama perang.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Joaquin Phoenix sebagai Freddie Quell
  • Philip Seymour Hoffman sebagai Lancaster Dodd
  • Amy Adams sebagai Peggy Dodd
  • Laura Dern sebagai Helen Sullivan
  • Ambyr Childers sebagai Elizabeth Dodd
  • Rami Malek sebagai Clark
  • Jesse Plemons sebagai Val Dodd
  • Kevin J. O'Connor sebagai Bill William
  • Christopher Evan Welch sebagai John More
  • Madisen Beaty sebagai Doris Solstad
  • Lena Endre sebagai Nyonya Solstad
  • Amy Ferguson sebagai Martha
  • Patty McCormack sebagai Mildred Drummond
  • Jillian Bell sebagai Susan Gregory
  • Joshua Close sebagai Wayne Gregory
  • Fiona Dourif sebagai penari[6]
  • David Warshofsky sebagai polisi Philadelphia[7]
  • Steven Wiig sebagai pengikut Philadelphia
  • W. Earl Brown sebagai pemilik arena pertandingan

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Master mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 86%, berdasarkan 235 ulasan, dengan rating rata-rata 8,1/10.[8] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 86 dari 100, berdasarkan 43 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[9]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film The Master mendapatkan $16.377.274 di Amerika Utara dan $11.880.786 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $28.258.060, lebih kecil dari anggaran produksi film $32 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $736.311, menempati posisi ke-19 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $4.391.092, menempati posisi ke-7 di box office di belakang film End of Watch, House at the End of the Street, Trouble with the Curve, Finding Nemo in 3D, Resident Evil: Retribution dan Dredd.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Master (15)". British Board of Film Classification. October 23, 2012. Diakses tanggal March 3, 2018. 
  2. ^ Fleming, Mike (May 9, 2011). "Harvey Weinstein Buys World Rights To Paul Thomas Anderson's Untitled Next Film". Deadline. Mail.com Media Corporation. Diakses tanggal June 2, 2011. 
  3. ^ a b c "The Master (2012)". Box Office Mojo. Diakses tanggal March 3, 2018. 
  4. ^ Rosen, Christopher (September 8, 2012). "'The Master' Venice Film Festival Controversy: P.T. Anderson Film Loses Award On Technicality". The Huffington Post. Diakses tanggal October 1, 2012. 
  5. ^ Rosen, Christopher (July 27, 2012). "'The Master' Release Date: Paul Thomas Anderson's Maybe-Scientology Film Moves To Sept. 14". The Huffington Post. Diakses tanggal March 3, 2018. 
  6. ^ Kroll, Justin; Sneider, Jeff (June 17, 2011). "'The Master' converts 2 thesps". Variety. Reed Business Information. Diakses tanggal June 17, 2011. 
  7. ^ Jagernauth, Kevin (May 31, 2011). "Laura Dern, David Warshofsky & Jesse Plemons Join Paul Thomas Anderson's 'The Master'". The Playlist. indieWire. Diakses tanggal June 3, 2011. 
  8. ^ "The Master (2012)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal March 3, 2018. 
  9. ^ "The Master reviews". Metacritic. Diakses tanggal March 3, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]