Petobo, Palu Selatan, Palu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Petobo
Negara Indonesia
ProvinsiSulawesi Tengah
KotaPalu
KecamatanPalu Selatan
Kode Kemendagri72.71.03.1003 Edit the value on Wikidata
Luas-
Jumlah penduduk-
Kepadatan-

Petobo adalah suatu kelurahan di Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

  • Pada tanggal 28 September 2018 pukul 18.02 WITA, gempa bumi berkekuatan 7,4 Mw mengguncang daerah Donggala, Palu dan sekitarnya, termasuk kelurahan Petobo.[1][2] Gempa itu disusul dengan lumpur yang keluar dari perut bumi telah menguburkan sebagian wilayah Kelurahan Petobo, di mana jalan aspal tiba-tiba menekuk-nekuk ke atas seperti gelombang laut disertai gempa yang mengguruh, mulai terlihat berlipat dari arah pesantren di tempat itu, perlahan-lahan mendekat ke arah rumah-rumah penduduk, diiringi gemuruh dan guncangan hebat, menurut seorang saksi mata.[3] Peristiwa pencairan tanah yang berupa lumpur dari perut bumi ini seakan mendapat tekanan yang lebih kuat dari dalam, lalu muntahannya membentuk bukit dan perlahan-lahan ratusan rumah di Petobo ambruk dan tenggelam oleh lumpur itu.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gempa 7,7 Guncang Sulteng, Berpotensi Tsunami
  2. ^ Nugroho Tri Laksono (28 September 2018). "BMKG Memutakhirkan Data Gempa Donggala 7,4 M". Detik.com. Diakses tanggal 28 September 2018. 
  3. ^ a b "Petaka di Petobo, "Aspal seperti Gelombang dan Lumpur Keluar dari Perut Bumi, seperti Mau Kiamat"" - Kompas.com, Penulis: Kontributor Gorontalo, Rosyid A Azhar; Editor: Caroline Damanik. 2 Oktober 2018.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]