Pertempuran Écija (1275)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pertempuran Écija
Bagian dari Reconquista

Lahan pertanian di dekat Écija, dekat dengan tempat terbunuhnya Nuño González de Lara
Tanggal8 September 1275
LokasiÉcija
Hasil Kemenangan pasukan Muslim

Pertempuran Écija (Bahasa Arab: الدونونية معركة ) adalah pertempuran Reconquista yang terjadi pada bulan September 1275. Pertempuran itu mengadu pasukan Muslim Kesultanan Granada Nasrid dan sekutu Marokonya melawan orang-orang dari Kerajaan Kastila dan mengakibatkan kemenangan bagi Emirat Granada.

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Imarah Nasrid Granada dilanda perang saudara dan secara teratur dihancurkan oleh pasukan Kastilia yang melihat peluang untuk penjarahan mudah karena gangguan pasukan Muslim. Muhammad II meminta bantuan sekutu Marokonya untuk meringankan kesulitan berperang dua kali sekaligus. Sultan Marinid, Abu Yusuf Yaqub ibn Abd Al-Haqq, mendarat di Semenanjung Iberia pada tahun 1275 dengan pasukan dan memulai kampanye dengan tujuan strategis untuk menduduki kota Tarifa. Raja Kastilia, Alfonso X dari Kastilia sedang berada di luar negeri pada saat itu dan negara tersebut diperintah oleh putranya, infante Ferdinand yang bertindak sebagai wali. Dia segera mengumpulkan beberapa pasukan dan bergerak ke selatan tetapi tiba-tiba meninggal karena sebab alami di Villa Real pada Agustus 1275.

Pada tanggal 8 September, saat bergerak ke utara, pasukan Muslim bertemu dengan tentara Kastilia di bawah komando Nuño González de Lara "el Bueno", anggota Wangsa Lara dan adelanado mayor de Andalucia, yang berusaha untuk memotong rute Marinid di dekat kota Écija. Pasukan Marinid mengalahkan tentara Kastilia dan Nuño González de Lara terbunuh dalam aksi tersebut atau tidak lama kemudian.[1] Sultan Marinid memerintahkan agar kepala Nuño González dipenggal, mengirimkannya sebagai piala kepada Sultan Granada, Muhammad II dan memperkuat aliansinya dengan mereka yang akan berlanjut selama beberapa tahun ke depan melawan pasukan Kastilia.[2]

Pada bulan Oktober, pasukan kedua yang dipimpin oleh Uskup Agung Sancho dari Toledo mengalami kekalahan serupa dalam pertempuran Martos. Kerajaan pada akhirnya diselamatkan oleh infante Sancho dari Kastilia yang mengumpulkan pasukan Kastilia. Pada akhir tahun, Raja Alfonso X dari Kastilia terpaksa menandatangani perjanjian damai dengan kaum Muslim.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Díez, Gonzalo Martínez (2005). El condado de Castilla, 711-1038: la historia frente a la la leyenda (dalam bahasa Spanyol). Marcial Pons Historia. ISBN 978-84-95379-94-8. 
  2. ^ O'Callaghan, Joseph F. (2011). The Gibraltar Crusade: Castile and the battle for the Strait. hlm. 68. ISBN 978-0-8122-2302-6.