Nuño González de Lara (wafat 1275)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Nuño González I de Lara (meninggal 8 September 1275), dijuluki el Bueno ("Yang Baik"), adalah seorang bangsawan Kastilia, penasihat kerajaan dan pemimpin militer. Dia adalah kepala Wangsa Lara dan teman dekat Alfonso X. Kebijakan raja sering menghalangi upayanya untuk meningkatkan kekuasaan dan kekayaan rumahnya, dan pada 1272 dia memimpin banyak bangsawan terkemuka ke dalam pemberontakan terbuka. Dipulihkan untuk mendukung tahun berikutnya, ia meninggal saat membela kastil Écija dari invasi Maroko.

Pertempuran Écija[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1273, raja baru Granada dan para pemberontak dengan cepat membuka negosiasi dengan Alfonso. Pada bulan Juli, Alfonso dan para pemberontak mencapai kesepakatan di Sevilla. Jumlah servicios dikurangi menjadi empat dan Fuero real (yang memberikan hak istimewa kepada kota-kota) dihapuskan. Pada bulan Desember gencatan senjata disepakati dengan raja Granada. Pada bulan Maret 1274, Nuño kembali melayani raja Kastilia, menghadiri istana kerajaan di Burgos.[1] Alfonso memberikan Nuño sewa Écija, yang digelembungkan oleh Crónica de Alfonso X abad ke-14 hingga dia diangkat menjadi adelantado mayor de la frontera, panglima tertinggi yang bertanggung jawab atas pertahanan perbatasan selatan.[2] Faktanya, putra tidak sah raja, Alfonso Fernández el Niño, yang berbasis di Sevilla, diberi komando perbatasan. Karena gencatan senjata, bagaimanapun, perbatasan menjadi tenang dan Nuño dan putranya Juan bahkan berpikir untuk menjawab panggilan Konsili Lyon Kedua (18 Mei 1274) untuk perang salib baru ke Tanah Suci.[3] Sebuah invasi Marinid Mei 1275 mencegah dia dari melakukannya.[3]

Setelah kampanye awal menuju Sevilla dan Jaén, Abu Yusuf secara pribadi memimpin pasukan utama Marinid melawan Écija. Meskipun beberapa telah menasihatinya untuk menghindari pertempuran sengit, Nuño memilih untuk mengikuti saran orang lain, yang menasihati bahwa pertempuran sengit adalah satu-satunya cara untuk menyelamatkan kehormatannya. Sejarawan Maroko Ibn Abi Zar, yang menyebut Nuño "yang terkutuk", mencatat bahwa ia memimpin pasukan besar-besaran dengan pelindung dada, surat berantai, spanduk, dan terompet.[3] Nuño meninggal dalam pertempuran Écija, mungkin pada hari Minggu, 8 September 1275, sebagaimana dicatat oleh Ibn Abi Zar.[2] Satu-satunya sumber Kristen untuk tanggal pertempuran, Anales Toledanos III, menempatkan pada hari Sabtu, 7 September. Menurut Ibn Abi Zar, emir Marinid lebih suka membawa Nuño hidup-hidup. Dia memerintahkan semua orang Kristen yang mati dipenggal di medan pertempuran. Dia tidak bisa mengambil Écija, dipertahankan oleh 300 ksatria, dan karena itu mundur. Dia memasuki Algeciras dengan kemenangan pada 18 September, dengan kepala Nuño dipajang dengan jelas di sebuah tiang. Setelah itu, dia mengirim kepala Nuño kepada raja Granada. Mengingat bahwa Abu Abd Allah berutang tahtanya sebagian besar kepada intervensi Nuño, yang dia kenal secara pribadi, ini dianggap menyinggung. Karena persahabatan dengan Nuño dan kebencian terhadap Marinid, kepala Abu Abd Allah dibalsem dengan minyak kesturi dan kapur barus dan dikirim secara diam-diam ke Córdoba untuk dimakamkan bersama jenazahnya.[3] Kepala dan tubuhnya yang bersatu kembali dibawa dari Córdoba ke biara San Pablo di Palencia, di mana mereka dimakamkan. Istri Nuño, Teresa, juga dimakamkan di sana.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Doubleday, Simon R. (2001). The Lara Family: Crown and Nobility in Medieval Spain. Cambridge, MA: Harvard University Press. 
  2. ^ a b Salvador Martínez, H. (2010). Alfonso X, the Learned: A Biography. Leiden: Brill. 
  3. ^ a b c d O'Callaghan, Joseph F. (2011). The Gibraltar Crusade: Castile and the Battle for the Strait. Philadelphia: University of Pennsylvania Press. 
  4. ^ Arco y Garay, Ricardo (1954). Sepulcros de la Casa Real de Castilla. Madrid: Instituto Jerónimo Zurita.