Persik Keabadian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Persik keabadian)
Teko keramik Tiongkok dalam bentuk dua buah persik - sebuah simbol keabadian (atau sebuah harapan untuk umur panjang). Tembikar Yixing [I-hsing], dengan glasir biru cokelat.

Dalam mitologi Tiongkok, Persik Keabadian, juga diterjemahkan sebagai Persik Dewa dan Persik Magis (Hanzi: 仙桃; Pinyin: xiāntáo; Yale (Bahasa Kanton): sīn tòuh atau Hanzi: 蟠桃; Pinyin: pántáo; Yale (Bahasa Kanton): pùhn tòuh) adalah buah yang dikonsumsi oleh para dewa karena kebaikan mistis mereka yang memberikan umur panjang pada semua orang yang memakannya. Persik yang melambangkan keabadian (atau harapan untuk umur yang panjang dan sehat) adalah simbol umum dalam seni Tionghoa, muncul dalam penggambaran atau deskripsi di sejumlah fabel, lukisan, dan bentuk seni lainnya, sering dikaitkan dengan ikonografi yang mirip secara tematik, seperti para dewa atau keabadian tertentu atau simbol umur panjang lainnya, seperti rusa atau bangau.

Perjamuan Buah Persik[sunting | sunting sumber]

Permadani sutra dari Dongfang Shuo, mencuri buah persik keabadian, Dinasti Ming (Museum Seni Metropolitan)

Kaisar Giok dan permaisurinya Xi Wangmu (Ibu Suri dari Barat) memastikan keberadaan kekal para dewa dengan mengadakan pesta buah persik keabadian dengan mereka. Para dewa yang tinggal di istana Xi Wangmu konon merayakan sebuah perjamuan mewah yang disebut "Pesta Buah Persik" (Hanzi: 蟠桃會; Pinyin: Pántáo Huì; Yale (Bahasa Kanton): pùhn tòuh wúih), atau Hanzi: 蟠桃勝會; Pinyin: Pántáo Shènghuì; Yale (Bahasa Kanton): pùhn tòuh sing wúih) yang dirayakan di bumi untuk menghormati (ulang tahun) Xi Wangmu pada hari ke-3 bulan ke-3. Para dewa menunggu enam ribu tahun sebelum berkumpul untuk pesta megah ini; pohon persik mengeluarkan daunnya sekali seribu tahun dan dibutuhkan tiga ribu tahun lagi agar buahnya matang. Patung-patung yang menggambarkan para dayang Xi Wangmu sering memegang tiga buah persik. Dan Delapan Dewa yang menyeberangi lautan untuk menghadiri perjamuan merupakan topik yang populer dalam lukisan.

Baik Cerita-Cerita Tentang Maharani Wu dan Penelitian ke Alam menulis mengenai sebuah pertemuan imajiner antara Kaisar Wu dari Han dan Ibu Suri dari Barat yang mempersembahkan Buah Persik kepadanya.[1]

Perjalanan ke Barat[sunting | sunting sumber]

Buah persik merupakan objek utama yang ditampilkan dalam novel fantasi populer Perjalanan ke Barat. Pertama kalinya di mana buah-buah persik dewa ini terlihat berada di surga ketika Sun Wukong ditempatkan sebagai Pelindung Persik. Sebagai Pelindung, Sun dengan cepat menyadari efek legendaris dari buah persik dewa ini jika dimakan - umur akan lebih dari 3.000 tahun setelah memakan satu buah persik - dan bertindak cepat dengan memakan satu. Namun, dia akhirnya mengalami banyak fragmen masalah seperti seorang ratu tertentu yang berencana mengadakan perjamuan buah persik bagi banyak anggota Surga. Dia berhasil membuat dirinya sangat kecil dan bersembunyi di dalam sebuah persik suci. Kemudian dalam seri ini, dia akan memiliki kesempatan lain untuk makan buah abadi - di mana akan menjadi kali keduanya. Sebuah pohon tertentu 1.000-kaki-tall (300 m) ditempatkan di belakang sebuah biara yang dikelola oleh seorang suhu Tao dan murid-muridnya - di mana suhunya telah pergi. Pohon itu "melahirkan" 30 buah Manusia legendaris (buah yang tampak seperti bayi yang baru lahir, lengkap dengan organ indra) setiap 10.000 tahun sekali. Buah manusia ini akan memberikan umur 360 tahun kepada seseorang yang hanya mencium aroma mereka dan umur 47.000 tahun bagi seseorang yang memakannya. Setelah hal ini dalam novel tersebut, Buah-Buah Persik Dewa ini tidak akan pernah terlihat lagi.[2]

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Para anggota Delapan Dewa dan Orang Tua dari Kutub Selatan[3] (dewa umur panjang) kadang-kadang digambarkan membawa sebuah Persik Keabadian.

Karena cerita-cerita dan kaitan buah persik dengan umur panjang, buah persik merupakan hiasan umum (buah atau gambarnya) pada kue ulang tahun tradisional dan kue kering di Tiongkok.[4]

Cerita rakyat yang terkait dengan buah persik dari Asia Timur adalah Momotarō.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Michael Loewe (31 December 1994). Ways to paradise: the Chinese quest for immortality. SMC Pub. hlm. 95. ISBN 978-957-638-183-6. Diakses tanggal 28 June 2011. 
  2. ^ Anthony C. Yu (1984). Journey to the West. University of Chicago Press. hlm. 74. ISBN 978-0-226-97153-7. 
  3. ^ Patricia Bjaaland Welch (2008). Chinese art: a guide to motifs and visual imagery. Tuttle Publishing. hlm. 159. ISBN 978-0-8048-3864-1. Diakses tanggal 28 June 2011. [Shouxing] commonly holds a giant peach of immortality in his right hand and a walking stick with attached gourd (holding special life-giving elixir) in his left. 
  4. ^ Frederick J. Simoons (1998). Plants of life, plants of death. Univ of Wisconsin Press. hlm. 268. ISBN 978-0-299-15904-7. Diakses tanggal 28 June 2011.