Persatuan Istri Dokter Hewan Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Logo PIDHI

Persatuan Istri Dokter Hewan Indonesia-Mitra Veteriner Indonesia (PIDHI-MVI) adalah organisasi wanita yang mewadahi istri-istri dokter hewan, istri-istri sarjana kedokteran hewan, dokter hewan wanita, dan sarjana kedokteran hewan wanita. PIDHI menginduk pada Kongres Wanita Indonesia dengan nomor anggota 71.[1] Sesuai hasil Kongres XVII PIDHI di Makassar, drh. Tri Isyani Tungga Dewi, M.Si. terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) PIDHI periode 2022-2026.[2]

PIDHI bermitra dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia dalam mendukung tercapainya visi misi organisasi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 20 Januari 1951 atas prakarsa Ibu Suparman dibentuk Perkumpulan Istri-istri Dokter Hewan Indonesia, yang bertujuan mempersatukan dan mempererat persaudaraan antara Ibu-ibu Istri Dokter Hewan serta membantu meningkatkan kesejahteraan para anggotanya. Pada tanggal 7 Maret 1954 di Solo. Dalam pertemuan tersebut Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga PIDHI dibuat. Tahun 1957 – Kongres I PIDHI di Surabaya, terpilih Ketua PIDHI Pusat yang pertama. Bulan Juli 1994 organisasi PIDHI resmi sebagai organisasi anggota Kowani yang ke-71. Kongres dilaksanakan tiap 4 tahun, untuk memilih Ketua Umum dan menghimpun saran usul dari anggota. Kongres XIV PIDHI telah dilaksanakan pada 10-13 Oktober 2010. Seiring dengan perkembangan organisasi, pada tahun 1979 PIDHI mempunyai yayasan (YKDHI) dengan tujuan memberikan beasiswa kepada anak yatim, piatu dan yatim piatu yang berprestasi, beberapa anak asuh juga memberikan santunan kepada mereka-mereka yang mendapat musibah (keluarga PIDHI). Sampai sekarang PIDHI secara rutin menyelenggarakan kongres setiap 3 tahun sekali dengan tempat penyelenggaraannya bergiliran di cabang-cabang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "KOWANI | PERSATUAN ISTRI DOKTER HEWAN INDONESIA (PIDHI)" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-07. 
  2. ^ "PB PDHI Resmi Dilantik, Tugas dan Tanggung Jawab Telah Menanti, Moment Update -Trobos Livestock.com". troboslivestock.com. Diakses tanggal 2022-12-08.