Persamaan Henderson–Hasselbalch

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Dalam ilmu kimia, persamaan Henderson–Hasselbalch menjelaskan turunan pH sebagai ukuran keasaman (menggunakan pKa, log negatif dari konstanta disosiasi asam) dalam sistem biologis dan kimia. Persamaan ini juga berguna untuk memperkirakan pH pada larutan dapar dan mencari pH pada kesetimbangan dalam reaksi asam-basa (persamaan ini digunakan secara umum untuk menghitung titik isoelektrik protein).

Persamaan ini dituliskan sebagai:

Pada persamaan di atas, [HA] adalah konsentrasi molar asam lemah yang tidak terdisosiasi, [A⁻] adalah konsentrasi molar (molaritas, M) pada basa konjugat asam tersebut dan pKa adalah −log10 Ka di mana Ka adalah konstanta disosiasi asam, yaitu:

untuk reaksi asam-basa Brønsted yang non-spesifik:

Pada persamaan diatas A⁻ menandakan bentuk ionik asam yang bersangkutan. Kuantitas dalam kurung siku seperti [basa] dan [asam] menandakan konsentrasi molar kuantitas yang dituliskan tersebut.

Untuk basa[sunting | sunting sumber]

Untuk persamaan standar pada basa:[1]

Bentuk kedua persamaan ini dituliskan sebagai di mana adalah konstanta disosiasi basa:

Dengan analogi persamaan di atas, maka dapat dituliskan:

,

di mana BH+ menyatakan asam konjugat dari basa yang terkait B. Menggunakan properti istilah-istilah tersebut pada suhu 25 derajat Celcius, persamaan untuk pH larutan basa dapat dinyatakan dalam bentuk pKa dan pH:

Penurunan rumus[sunting | sunting sumber]

Persamaan Henderson–Hasselbalch diturunkan dari persamaan konstanta disosiasi asam melalui tahapan berikut:[2]

Menjadikan log, pada basis sepuluh, pada kedua sisi menghasilkan:

Kemudian, menggunakan sifat logaritma:

Mengidentifikasi sisi sebelah kiri persamaan sebagai -pKa dan sebagai -pH:

Menambahkan pH dan pKa pada kedua sisi:

Perbandingan tidak memiliki satuan, sehingga, perbandingan dengan satuan lain dapat dilakukan. Contohnya, perbandingan mol komponen, atau konsentrasi fraksional di mana akan menghasilkan jawaban yang sama. Kadang-kadang satuan lain lebih nyaman untuk digunakan.

Memperkirakan pH darah[sunting | sunting sumber]

Persamaan Henderson–Hasselbalch dapat diaplikasikan untuk menghubungkan pH darah dengan konstituen sistem dapar bikarbonat:[3]

di mana:

Persamaan diatas berguna pada gas darah arteri, tetapi mereka biasanya dinyatakan sebagai pCO2, yaitu, tekanan parsial karbon dioksida, dan bukan H2CO3. Tetapi, keduanya berhubungan melalui persamaan:[3]

di mana:

  • [H2CO3] adalah konsentrasi asam karbonat dalam darah
  • kH CO2 adalah konstanta hukum Henry mengenai kelarutan karbon dioksida dalam darah kH CO2 kira-kira 0.0307 mmol/(L-torr)
  • pCO2 adalah tekanan parsial karbon dioksida dalam darah

Bersama-sama, persamaan berikut dapat digunakan untuk menghubungkan pH darah dengan konsentrasi bikarbonat dan tekanan parsial karbon dioksida:[3]

di mana:

  • pH adalah keasaman darah
  • [HCO3] adalah konsentrasi bikarbonat dalam darah
  • pCO2 adalah tekanan parsial karbon dioksida dalam arteri pembuluh darah

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Larsen, D. "Henderson-Hasselbalch Approximation". Chemwiki. University of California. Diakses tanggal 27 Maret 2014. 
  2. ^ Henderson Hasselbalch Equation: Derivation of pKa and pKb
  3. ^ a b c page 556, bagian "Estimating plasma pH" dalam: Bray, John J. (1999). Lecture notes on human physiolog. Malden, Mass.: Blackwell Science. ISBN 978-0-86542-775-4. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]