Perhimpunan terpelajar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Perhimpunan terpelajar (atau disebut juga "Akademi terpelajar", "Perhimpunan ilmiah", atau "Asosiasi akademik") adalah sebuah organisasi untuk mempromosikan disiplin keilmuan, profesi, atau sekelompok disiplin keilmuan yang terkait seperti seni dan sains.[1] Syarat keanggotaannya dapat bermacam-macam tergantung Perhimpunan itu sendiri, dapat untuk umum, memerlukan kepemilikan beberapa kualifikasi atau memiliki tanda kehormatan yang dianugerahkan melalui pemilihan, dan sebagainya.[2]

Sebagian besar Perhimpunan terpelajar berbentuk organisasi nirlaba, dan ada juga yang berasosiasi dengan para profesional. Kegiatan mereka biasanya mengadakan konferensi akademik reguler, presentasi dan diskusi tentang hasil penelitian terbaru serta menerbitkan atau mensponsori jurnal akademik dalam disiplin keilmuan mereka. Beberapa juga bertindak sebagai lembaga profesional, yang mengatur kegiatan anggotanya untuk kepentingan publik atau kepentingan kolektif anggota.

Beberapa Perhimpunan terpelajar tertua adalah: Académie des Jeux floraux[3] (didirikan 1323), Sodalitas Litterarum Vistulana (didirikan 1488), Accademia della Crusca (1585), Accademia dei Lincei (1603), Académie Française (1635), Academy of Sciences Leopoldina (1652), Royal Society of London (1660) dan Académie des sciences (1666).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Environmental Studies Association of Canada - What is a Learned Society?". Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 May 2013. Diakses tanggal 10 May 2013. 
  2. ^ "Learned societies & academies". Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 June 2014. Diakses tanggal 10 May 2013. 
  3. ^ Express, 1&1 TopSite. "Accueil/Actualité - Académie des Jeux floraux". jeuxfloraux.fr. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 March 2018. Diakses tanggal 8 May 2018.