Perepet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sepatu yang menggunakan perekat sentuh

Perepet, perepetan atau perekat sentuh (sering disebut dengan merek dagang umum velcro, yang merupakan nama asli yang diberikan oleh penemunya), terdiri dari dua komponen: biasanya, dua strip kain linier (atau, sebagai alternatif, "titik" atau kotak bulat) yang dilekatkan ( dijahit atau ditempel dengan cara lain) pada permukaan berlawanan yang dirancang untuk diikat menjadi satu. Komponen pertama memiliki kait kecil dan komponen kedua memiliki sengkelit yang lebih kecil; Ketika keduanya ditekan bersama-sama, pengait akan tersangkut di simpul dan kedua bagian tersebut diikat atau diikat untuk sementara. Saat dipisahkan, yang dapat dilakukan dengan menarik atau mengupas kedua permukaannya, strip tersebut akan mengeluarkan suara robekan yang khas yang menjadi cikal bakal penamaan Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bola duri ketela jepang
Bola duri ketela jepang dalam jarak dekat

Perepet asli dibuat pada tahun 1941 oleh insinyur Swiss George de Mestral, [1] [2] [3] yang dia beri nama velcro. Ide itu muncul di benaknya suatu hari setelah kembali dari perjalanan berburu bersama anjingnya di Pegunungan Alpen . Dia mengamati dari dekat duri-duri ketela jepang yang terus menempel di pakaian dan bulu anjingnya. Dia memeriksa mereka di bawah mikroskop, dan mencatat ratusan "kait" mereka yang menempel pada apa pun yang memiliki lingkaran, seperti pakaian, bulu binatang, atau rambut. [4] Dia melihat kemungkinan mengikat dua bahan secara terbalik dengan cara yang sederhana jika dia bisa mengetahui cara menduplikasi kait dan simpulnya. [1] [3] Perepet dianggap oleh beberapa orang seperti Steven Vogel [5] atau Werner Nachtigall [6] sebagai contoh utama inspirasi dari alam atau peniruan mekanisme alam (disebut bionik atau biomimesis ).

Kekuatan[sunting | sunting sumber]

Perekat sentuh difoto menggunakan mikroskop berdaya rendah.

Berbagai konstruksi dan kekuatan tersedia. Perepet yang terbuat dari sengkelit Teflon, kait poliester, dan alas kaca digunakan dalam aplikasi ruang angkasa, misalnya pada Pesawat Ulang-alik . Kekuatan ikatan bergantung pada seberapa baik pengait tertanam pada simpul, berapa luas permukaan yang bersentuhan dengan pengait, dan sifat gaya yang menariknya hingga terlepas. Jika perepet digunakan untuk merekatkan dua permukaan kaku, seperti panel dan rangka bodi mobil, ikatannya akan sangat kuat karena gaya apa pun yang menarik potongan-potongan tersebut tersebar merata ke seluruh kait. Selain itu, gaya apa pun yang mendorong potongan-potongan itu menjadi satu diterapkan secara tidak proporsional untuk menarik lebih banyak kait dan putaran. Getaran dapat menyebabkan potongan kaku meningkatkan ikatannya. Setelan kait dan sengkelit bahkan dapat menahan seseorang pada dinding dengan penutup yang sesuai.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Stephens, Thomas (2007-01-04). "How a Swiss invention hooked the world". swissinfo.ch. Diakses tanggal 2022-09-16. 
  2. ^ McSweeney, Thomas J.; Stephanie Raha (August 1999). Better to Light One Candle: The Christophers' Three Minutes a Day: Millennial Edition. Continuum International Publishing Group. hlm. 55. ISBN 978-0-8264-1162-4. Diakses tanggal 2008-05-09. 
  3. ^ a b "About us: History". Velcro.us. Diakses tanggal 2013-11-13. 
  4. ^ Strauss, Steven D. (December 2001). The Big Idea: How Business Innovators Get Great Ideas to Market. Kaplan Business. hlm. 15–pp.18. ISBN 978-0-7931-4837-0. Diakses tanggal 2008-05-09. 
  5. ^ Steven Vogel (1988). Life's Devices: The Physical World of Animals and Plants. ISBN 978-0-691-02418-9. 
  6. ^ Nachtigall, W. 1974. Biological Mechanisms of Attachment: the comparative morphology and bionengineering of organs for linkage New York : Springer-Verlag