Kelim (menjahit)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rincian pengeliman dalam inskripsi, Saint-John in Crucifixion, Ferrara, by Vicino da Ferrara (1469–70).

Keliman dalam menjahit adalah metode akhir dalam garmen, di mana tepi selembar kain dilipat dan dijahit untuk mencegah terurainya kain dan untuk menyesuaikan panjang potongan dalam garmen, seperti di ujung lengan atau bagian bawah dari garmen.

Metode[sunting | sunting sumber]

Ada banyak gaya keliman yang berbeda dengan kompleksitas yang berbeda-beda. Keliman yang paling umum melipat ujung yang terpotong, melipatnya lagi, lalu menjahitnya. Dengan demikian gaya mengelim benar-benar menutupi tepi potongan kain, sehingga tidak dapat terurai. Gaya keliman lainnya menggunakan lebih sedikit lipatan. Salah satu keliman yang paling sederhana menutupi tepi kain dengan jahitan tanpa lipatan sama sekali, menggunakan metode yang disebut tusuk kelak-kelok, meskipun tusuk kelak-kelok juga dapat digunakan untuk menyelesaikan "kelim polos" yang terlipat.[1]

Bahkan ada keliman yang tidak perlu dijahit, melainkan menggunakan bahan setrika, jaring, klip plastik, atau pengencang lainnya.[2]Keliman tanpa benang ini tidak umum, dan sering digunakan hanya untuk sementara.

Keliman dapat dijahit dengan garis tusuk tak terlihat atau tusuk buta, atau dijahit dengan mesin jahit. Istilah keliman juga diperluas ke perawatan kain lain yang mencegah penguraian. Keliman dapat ditusuk tepi, digulung dengan tangan dan kemudian ditusuk dengan jahitan kecil (masih dianggap sebagai hasil akhir saputangan kelas atas), dibentuk dengan gunting jahit, dipelipitkan, dirapatkan dengan dijahit kembali (ini dikenal sebagai hasil akhir Hong Kong ), atau dibuat dengan banyak perawatan inventif lainnya.

Sebagian besar keliman adibusana dijahit dengan tangan. Hiasan bordir dekoratif kadang-kadang disebut sebagai disebut tusuk-kelim.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Shaeffer, Claire B. (2011). Couture sewing techniques (edisi ke-Revised and updated [edition]). Newtown, CT: Taunton Press. ISBN 978-1-60085-335-7. OCLC 702648070. 
  2. ^ Calderin, Jay (2013). The fashion design reference + specification book : everything fashion designers need to know every day. Beverly, Mass. ISBN 978-1-61058-787-7. OCLC 869736287.