Bantalan jarum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bantalan jarum pergelangan tangan

Bantalan jarum (atau bantalan pin ) adalah bantalan kecil yang diisi, biasanya 3–5 cm (1,2–2,0 in) seberang, yang digunakan dalam menjahit untuk menyimpan pin pentol atau jarum jahit dengan kepala menonjol agar mudah dipegang, dikumpulkan, dan diatur.

Bantalan jarum biasanya diisi rapat dengan isian untuk menahan jarum dengan kuat di tempatnya. Bantalan jarum magnetik juga terkadang digunakan; meskipun secara teknis mereka bukan "bantalan", mereka memiliki fungsi dasar yang sama yaitu memegang jarum dengan rapi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Asal-usul bantalan jarum yang tercatat berasal dari Abad Pertengahan Eropa. Dalam bahasa Inggris, mereka dikenal dengan banyak nama: "pimpilowes, pimpilos, pimplos, pimploes, pin-pillows, pin-poppets".[1] Pada tahun 1376, Jehanne de Mesnil diwariskan sebuah kotak pin perak dalam sebuah teks Prancis berjudul Testament of Advice yang ditulis oleh seorang wanita bernama La Monteure, dari Rouen . Referensi lain untuk menyematkan wadah jarum selama era Abad Pertengahan ada. Pada abad ke-16, ini digantikan oleh referensi ke "bantalan jarum". Beberapa contoh dari berbagai bagian Eropa bertahan yang memiliki sulaman yang rumit. Keranjang porselen kecil dengan bantalan jarum di dalamnya sangat populer, begitu pula bantalan kecil, seperti bantal pernikahan atau bantal bersalin, yang dibordir dengan pesan.[2] Biasanya, bantalan jarum diisi dengan kapas, wol, bulu kuda, atau serbuk gergaji, meskipun ada juga yang diisi dengan ampelas bubuk, bahan abrasif untuk membersihkan dan menajamkan pin.[3] Anda harus memastikan isian bantalan jarum cukup kecil untuk tidak menumpulkan ujung jarum dan peniti atau cukup besar agar tidak bocor dari lubang kecil.[4]

Selama abad ke-18, bantalan berbobot menjadi populer di kalangan penjahit. Di Inggris, penjepit jahitan yang dipasang pada meja dan dirancang untuk menahan keliman untuk dijahit menjadi hal yang umum dan seringkali berbentuk burung (ekornya akan dijepit untuk membuka dan menutup "paruh" untuk menahan kain), dipasang ke bagian belakang burung itu ada bantalan beludru.[5]

Salah satu desain yang sangat populer adalah tomat, seringkali dengan stroberi kecil yang mengandung bubuk ampelas .[6] Desain tomat kemungkinan besar diperkenalkan pada Era Victoria . Secara umum dinyatakan bahwa asal mula desain ini adalah kepercayaan bahwa menempatkan tomat di atas perapian rumah baru menjamin kemakmuran dan mengusir roh jahat dan jika tomat sedang tidak musim, keluarga berimprovisasi dengan menggunakan bola bundar berisi kain merah. dengan pasir atau serbuk gergaji, yang juga menjadi tempat menyimpan pin.[7] Namun, pernyataan ini tampaknya tidak memiliki dasar fakta sejarah, dan bantalan jarum dalam berbagai bentuk sayuran adalah hal yang umum di Era Victoria.[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Whiting, Gertrude (1971) [1928]. Old-Time Tools & Toys of Needlework. Courier Dover Publications. hlm. 150. ISBN 9780486225173. 
  2. ^ Whiting, Gertrude (1971) [1928]. Old-Time Tools & Toys of Needlework. Courier Dover Publications. hlm. 151. ISBN 9780486225173. 
  3. ^ "Antique and Vintage Pin Cushions". 
  4. ^ "Emery Pincushions and Filling". 
  5. ^ Whiting, Gertrude (1971) [1928]. Old-Time Tools & Toys of Needlework. Courier Dover Publications. hlm. 153. ISBN 9780486225173. 
  6. ^ "Sewing Pincushion". About.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-05-12. Diakses tanggal 2023-06-20. 
  7. ^ Gertie (2009-12-05). "Is Your Pin Cushion Shaped Like a Tomato?". Gertie's Blog for Better Sewing. 
  8. ^ Bauersmith, Anna Worden (2017-02-09). "Tomato Pin Cushion Myth". If I Had My Own Blue Box: Adventures in the Nineteenth Century, and Maybe a Little Beyond.