Jahit tindas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jahit tindas adalah istilah yang diberikan untuk proses penyambungan minimal tiga lapis kain menjadi satu baik melalui jahitan manual menggunakan jarum dan benang , atau secara mekanis dengan mesin jahit atau sistem jahit tindas lengan panjang khusus . Serangkaian jahitan melewati semua lapisan kain untuk menciptakan permukaan bantalan trimatra. Jahit tindas tiga lapisan biasanya diterapkan sebagai kain atas atau bagian atas kain perca , bahan bantalan atau pita perekat dan alasnya.

Penjahit tindas di Bazaar of Nishapur, Iran

Gaya jahit tindas beragam mulai dari teknik pertukangan kain yang murni fungsional hingga perawatan permukaan tiga dimensi dekoratif yang sangat rumit. Berbagai macam produk tekstil secara tradisional dikaitkan dengan jahit tindas yang mencakup penutup tempat tidur, perabot rumah tangga yang lembut, garmen dan kostum, hiasan dinding, benda artistik, dan artefak budaya.

Berbagai efek dapat digunakan oleh penjahit tindas yang berkontribusi pada kualitas permukaan akhir dan kegunaan bahan berlapis. Penjahit tindas mengontrol efek ini melalui manipulasi elemen seperti jenis dan ketebalan bahan, panjang dan gaya jahitan, desain pola, penyambungan dan pemotongan. Efek dua dimensi seperti ilusi optik dapat dicapai melalui pilihan estetika mengenai warna, tekstur, dan cetakan. Komponen tiga dimensi dan pahatan dari bahan berlapis dapat dimanipulasi dan ditingkatkan dengan penghiasan yang mungkin termasuk kriya perca, teknik bordir seperti kriya jahit cermin shisha , dan penyertaan objek atau elemen lain seperti mutiara, manik-manik , kancing , payet . Beberapa penjahit tindas mewarnai atau membuat kain sendiri. Dalam jahit tindas artistik kontemporer, bahan baru dan eksperimental seperti plastik, kertas, serat alami dan tanaman di antara beragam bahan lainnya telah digunakan.

Jahit tindas dapat dianggap sebagai salah satu contoh penerapan pertama daur ulang , karena secara historis telah menggunakan sisa-sisa dan potongan kain perca secara ekstensif untuk pembuatan produk baru.