Kelosan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kelosan kayu antik, silindris, kosong dari serat luka, dimensi 16 inci. tinggi sebesar 9 inci. dalam diameter.

Kelosan (dapat berbahan logam atau nonlogam) atau sekoci (terbuat dari logam, dan seperangkat dengan mesin jahit) adalah pengumpar atau silinder, dengan atau tanpa flensa, tempat benang, benang, kawat, pita atau film dililitkan. [ kutipan lengkap diperlukan ] Kelosan biasanya ditemukan di mesin tekstil industri, [1] serta di mesin jahit, gulungan pancing, pita pengukur, gulungan film, kaset, dalam peralatan elektronik dan listrik, dan untuk berbagai aplikasi lainnya.

Menjahit[sunting | sunting sumber]

Mesin jahit tusuk kunci ditemukan dan dikembangkan pada abad ke-18 dan ke-19, membentuk tusuk jahit dengan dua benang: satu melewati jarum dan satu lagi dari sekoci. Setiap benang tetap berada pada sisi yang sama dari bahan yang dijahit, terjalin dengan benang lainnya di setiap lubang jarum berkat pergerakan mesin. Ketegangan benang sekoci dipertahankan dengan kotak sekoci, penutup logam dengan pegas yang menjaga benang tetap kencang. Kotak sekoci harus mengambang bebas (tidak menempel pada poros) agar benang atas dapat melewati sekoci sepenuhnya dan mengaitkan benang sekoci.

Bentuk dan ukuran sekoci bervariasi, tergantung pada gaya penggerak sekoci pada mesin yang ingin digunakan. Sekoci yang panjang dan sempit digunakan pada mesin pintal melintang awal dan mesin pintal bergetar . Gerakan-gerakan sebelumnya ini menjadi usang karena ditemukannya kait putar dan kait antar-jemput, yang berjalan lebih cepat dan lebih senyap dengan hambatan udara yang lebih sedikit. Sekoci yang lebih pendek dan lebar ini sudah tidak asing lagi bagi saluran pembuangan modern, karena kait putar/antar-jemput tetap digunakan pada mesin modern pada dasarnya tidak berubah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ TOFA Editors (October 21, 2011). "Wooden Bobbins: Woven in History". The Old Farmer's Almanac (Almanac.com) . Dublin, N.H.: Yankee Publishing. Diakses tanggal February 3, 2022. Bobbins and the machinery they ran on were some of the greatest inventions of the Victorian Era. Originally created to manage the piles of thread and yarn that would be mechanically woven into cloth, bobbins helped to revolutionize textile manufacturing. The automated weaving machines would have hundreds of spindles operating simultaneously, with each spindle holding a bobbin that either released or collected the thread. Most mills had wooden bobbins made specifically for their machinery, which accounts for the many varied shapes and sizes of these spools. Traditional wooden bobbins have been retired from current manufacturing. Modern economics does not favor the use of wooden bobbins since a great deal of handwork is involved in making them. And wooden bobbins are not well suited for today’s synthetic fibers and high-speed machinery. Primarily made from ash, birch, and other hardwoods, bobbins have withstood the test of time. Each one has its own “battle scars” that give it unique character.